Widget HTML Atas

Bukit Senyum Motung, Eksotika Bona Pasogit yang Dirindukan

Meski berada di kabupaten berbeda, Parapat dan Motung merupakan bona pasogit yang banyak dirindukan para perantau, khususnya dari tanah Batak. Kedua tempat itu tak hanya mampu mengobati rasa rindu, tapi juga mendamaikan hati setelah bertahun-tahun tinggal di kampung orang.

Eksotika yang dimiliki oleh Bukit Senyum adalah penawar rindu paling manjur bagi mereka yang telah lama tidak menginjakkan kaki di Danau Toba. Terletak di salah satu dataran tinggi Ajibata, Tobasa tepatnya di Desa Motung, objek wisata ini menyajikan pemandangan landskap luar biasa.

Pesona di Bona Pasogit

bukit senyum motung keindahan di bona pasogit image via batara.regar
Bagi masyarakat Tapanuli terutama sub-etnis Batak, istilah Bona Pasogit dapat digambarkan sebagai daerah asal atau kampung halaman. Siapapun itu, pasti sepakat jika tempat kelahiran akan selalu memiliki kenangan manis.

Terlebih lagi jika sudah tinggal di negeri orang, bagaimana pun indahnya, bayang-bayang akan Bona Pasogit tak pernah lepas dari jati diri.

Momentum mudik akan menjadi hal yang paling menyenangkan. Selain bisa bertemu dengan handai taulan, mengenang kembali masa kecil dan memuaskan jiwa dengan mengunjungi tempat-tempat spesial.

Salah satu destinasi di Bona Pasogit yang patut direkomendasikan yaitu Bukit Senyum. Tempat tersebut memang masih belum banyak mendapatkan perhatian pelancong. Namun, disitulah sisi menariknya karena pengunjung dapat leluasa menghabiskan masa berlibur dengan puas.

Bukit Senyum Motung 

image via sirait.nunut
Merupakan salah satu destinasi berupa perbukitan di Kab. Tobasa, Bukit Senyum menyuguhkan potret alam yang bikin terpana. Keindahan itu terpancar dari kontur Bukit Barisan yang membentengi palung raksasa Danau Toba.

Tempat wisata di desa Motung ini menyajikan pemandangan luar biasa. Landskap panorama danau terhampar begitu luas. Di sudut lainnya, pelancong dipastikan takjub usai melihat pemukiman penduduk yang tertata di pinggiran danau. Bentuknya sepintas menyerupai miniatur.

Dijamin, menyaksikan sederet pesona itu akan membuat pelancong tersenyum sangking indahnya.

Selain untuk tujuan berlibur 1 hari, spot ini pun cocok jika sahabat pariwisatasumut.net berkeinginan untuk berkemah di sekitar Ajibata dan Parapat. Namun, perlu dicatat jika di sana sama sekali tidak ada fasilitas sehingga perlu membawa peralatan dan keperluan camping sendiri.
bona pasogit image via tarit_th
Jangan acuhkan sunset dan sunrise-nya lantaran posisi bukitnya sangat tinggi maka kedua momen itu akan tertangkap sempurna. Terutama bagi fotografer, bukit di Ajibata ini tidak kalah indah dibandingkan geosite sipinsur.

Lantaran belum begitu populer dibandingkan destinasi lainnya di Ajibata, maka objek wisata ini masih sepi dari kunjungan sehingga pengunjung bebas menikmati eksotika alam yang terpampang itu tanpa perlu berdesakan.

Lokasi Bukit Senyum

Bila menempuh perjalanan dari Parapat, Bukit Senyum hanya berjarak 12 kilometer saja sehingga pelancong dapat pula menikmati beberapa objek wisata dalam 1 kali trip. Lokasinya berada di Desa Motung, Kecamatan Ajibata, Toba Samosir, Sumatera Utara. Agar memudahkan rute, aksesnya dapat dilihat melalui peta berikut.



Tiket Masuk Bukit Senyum Parapat
Biaya kunjungan masuk ke sana sekitar rp5.000/orang. Tapi akan mengeluarkan budget ekstra jika ingin camping yaitu Rp10 ribu.

Tak ada yang lebih menawan dari Bona Pasogit, eksotika yang ditawarkan oleh Bukit Senyum Motung bisa disebut sebagai contoh kecil yang senantiasa akan dirindukan para perantau dan juga pelancong.

Berlangganan via Email