Widget HTML Atas

Panorama Indah Sileme-Leme: Pesona Panatapan, Tiket & Lokasi

Berdasarkan wilayah administratif, Panatapan Sileme-Leme sebenarnya terletak di Kab. Humbang Hasundutan, tepatnya di Dusun VII, Desa Parsingguran II, Kecamatan Pollung. Namun secara geografis, posisinya masih berada di seputaran area Lingkar Danau Toba.
 
panorama indah sileme-leme
image credit: instagram/visit parsingguran
Dengan begitu, penatapan atau Panorama Indah Sileme-Leme merupakan lokasi yang termasuk di dalam kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) danau Toba dari wilayah Kabupaten Humbahas. Sehingga pengembangannya cukup diprioritaskan oleh pemerintah.
 
Sebagai salah satu daerah dataran tinggi pada jalur pegunungan Bukit Barisan yang membujur di sepanjang sisi perairan Toba, daya tarik utamanya sudah pasti berupa keindahan alam dan pemandangan lansekap yang membuat besarnya minat wisatawan berkunjung ke Sileme-leme.
 

Harga Tiket Masuk

Meski masih tergolong wisata baru, tetapi hal itu rupanya tidak mempengaruhi bandrol biaya kunjungan ke tempat ini. Pasalnya, harga tiket masuk Panorama Indah Sileme-Leme yang ditetapkan pengelola cukup murah. Tarifnya terjangkau bagi semua kalangan.
 
Tiket Umum: Rp5.000
Tiket Parkir: Rp2.000 s/d 3.000
 
Menariknya lagi, biaya masuk tersebut tidak dibedakan atas usia pengunjung. Wisatawan dewasa, remaja maupun anak-anak dapat menikmati panorama dataran tinggi dari perbukitan ini dengan tarif yang sama baik pada akhir pekan maupun hari biasa.
 
 

Daya Tarik di Panorama Indah Sileme-Leme

Huta Sileme Leme sendiri adalah dusun kecil di kawasan perbukitan yang sebelumnya cukup tersembunyi. Selama bertahun-tahun pesonanya luput dari pantauan wisatawan. Karena selain masyarakat Humbahas, mungkin tak banyak yang tau akan keindahannya.
 
Agar semakin dikenal luas, tempat ini pada awalnya ditujukan untuk destinasi agrowisata. Hingga kemudian ditata ulang dan difokuskan sesuai daya tarik yang dianggap paling bisa mendatangkan pengunjung yaitu panorama yang indah.
 
Daya tariknya tidak terbatas pada apa yang terlihat oleh mata. Beberapa aktivitas wisata yang bisa dilakukan selama berada di tempat tersebut pun menjadi pesona tersendiri bagi para pengunjung. Terlebih bagi wisatawan yang memang menyukai kegiatan outdoor.
 

1. Menikmati Panorama Indah

penatapan sileme-leme parsingguran
image credit: pantur banjarnahor/fb
Pemandangan memukau dan panorama indah adalah dua hal yang selalu diharapkan wisatawan urban ketika menyambangi sebuah objek wisata. Dan rasanya tidaklah berlebihan jika menyebut Sileme-Sileme ini bisa jadi salah satu tempat yang mampu mewujudkan harapan tersebut.
 
Di sini, sajian panorama yang dapat dinikmati bukan cuma Danau Toba saja. Jika pengunjung mengalihkan pandangan ke sebelah utara, maka akan terlihat Pulau Simamora, sebuah daratan kecil tak berpenghuni yang seluruh daratannya dikelilingi oleh birunya air danau.
 
Sementara di sisi barat dan timur, hamparan hijau perbukitan yang berderet tampak begitu gagah dan pohon-pohon cemara yang tumbuh di sela-sela padang ilalang, menciptakan panorama alam yang sulit dielakkan pesonanya.
 

2. Bermalam di Atas Bukit

panorama indah sileme-leme
image credit: istimewa
Potensi bukit di Sileme-leme pantas dijadikan jujugan wisatawan di akhir pekan. Terutama bagi kaum urban yang kerap kali membutuhkan tempat untuk menyepi sejenak dari hingar-bingar keramaian. Supaya lebih afdal, cobalah bermalam di kawasan bukit.
 
Kawasan bukit sudah menyiapkan lahan khusus bagi pengunjung yang ingin bermalam di dalam tenda. Tapi, pengelola hanya menyediakan tempat saja, sementara untuk tenda dan perlengkapan camping lainnya harus dibawa sendiri oleh pengunjung.
 
Saat malam sudah tiba, suasana akan terasa semakin damai. Udara malam yang menyusup ke dalam tenda cukup dingin. Agar terhindar dari hipotermia, sebaiknya gunakan jaket tebal. Atau bisa juga menyalakan api untuk mengadakan acara api unggun.
 

3. Sunrise, Sunset dan Berfoto

penatapan sileme-leme parsingguran
image credit: tubu ni boru tamba/fb
Sebagai tujuan wisata alam yang mengandalkan daya tarik perbukitan, momen ketika matahari terbit dan tenggelam tentunya jadi incaran pengunjung. Tentu saja kedua fenomena alam tersebut bisa wisatawan dapatkan ketika berada di Panatapan Sileme-leme.
 
Sunset yang dipantulkan oleh hamparan air danau membuat momen matahari tenggelam di bukit ini begitu romantis dan sempurna. Penggabungan antara langit berwarna keemasan yang perlahan-lahan berubah ke jingga sangat pas dinikmati bersama pasangan.
 
Begitu pun suasana sunrise, matahari yang muncul dari balik bukit tak kalah keren. Rugi sekali jika melewatkan momen tersebut tanpa mengabadikannya ke dalam foto. Selain itu, wisatawan masih bisa mengeksplorasi sudut terbaik di bukit ini yang menarik dipilih sebagai latar belakang foto.
 

Jam Buka

Supaya momen liburan jauh lebih menyenangkan, waktu terbaik bagi wisatawan untuk mendatangi perbukitan ini dianjurkan pada bulan Juni hingga Oktober, atau ketika musim kemarau sedang berlangsung. Jika tidak, bisa juga datang saat cuaca sedang cerah.

Sementara itu, wisatawan yang pergi pulang bisa mengikuti aturan jam buka objek wisata, yaitu mulai hari senin hingga minggu dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Kalau berencana camping, jangan lupa meminta izin dari pihak pengelola.
 

Fasilitas

Adapun fasilitas yang disediakan Panorama Indah Sileme-leme terbagi ke dalam beberapa amenitas dasar dan pendukung demi memprioritaskan kenyamanan wisatawan. Hingga saat ini, fasilitas yang bisa digunakan pengunjung meliputi:
 
- Tempat parkir
- Gardu pandang
- Toilet
- Area camping
- Gazebo
 
Kendati belum tersedia banyak fasilitas, tetapi pengelola terus berupaya dan secara bertahap menghadirkan sarana serta prasarana pendukung. Sehingga nantinya, amenitas wisatawan yang memadai dapat terpenuhi.
 

Lokasi/Alamat Panorama Indah Sileme Leme

Lokasi tempat ini dapat ditemukan di Desa Sileme-leme, Dusun VII, Desa Parsingguran II, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Indonesia (22457). Atau, alamat detailnya bisa disimak pada peta yang tertera berikut:

Tempat tersebut cukup dekat dari Dolok Sanggul, aksesnya hanya membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 37 menit dengan jarak tempuh 20 km melalui jalan lintas barat Sumatera. Nah, dikarenakan belum banyak transportasi darat, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi apabila berencana liburan ke sana.