Widget HTML Atas

Wisata Anugerah Indah Sippan - Lokasi, Daya Tarik & Tiket

Wisata Anugerah Indah Sippan adalah destinasi alam yang menawarkan pesona bukit di daerah Saribu Dolok. Objek wisata ini masuk kawasan Bukit Barisan yang berada di ketinggian 1.410 mdpl serta dikelilingi danau dan beragam tumbuhan tropis.
 
wisata anugerah indah sippan
image credit: @liliiamirr/@lestarisartika_
Kendati baru dibuka, Wisata Anugerah Indah Sippan menjadi lokasi liburan favorit di akhir pekan. Sebab, banyak pesona khas bisa ditemukan seperti pemandangan orkestra alam sekitar yang memukau mata, taman di atas bukit dan udara segar yang menyejukkan.
 
Tidak seperti objek wisata perbukitan lainnya yang mungkin mengalami pasang-surut, pengunjung yang berlibur dari Wisata Anugerah Indah Sippan hingga saat ini justru terus meningkat. Terlebih setelah pengelola menambahkan sederet atraksi menarik dan penataan maksimal.
 
Dan inilah kami hadirkan informasi Wisata Anugerah Indah Sippan yang telah kami himpun dan sajikan bagi Anda yang dalam waktu dekat ini berencana berlibur. Terutama jika sudah menentukan Saribu Dolok sebagai referensi wisata Anda.
 

Lokasi & Rute

Sebagaimana destinasi alam lainnya yang ada di Seribu Dolok, pastinya bukit ini juga membentang di kawasan dataran tinggi yang pada umumnya memiliki ciri khas sejuk serta beriklim tropis. Meski demikian, tempatnya masih mudah diakses lantaran berada di perlintasan jalan raya.
 
 
Wisata Anugerah Indah Sippan letaknya ada pada sebelah timur Saribu Dolok dengan perbatasan Danau Toba. Hal tersebut secara langsung menjadikan cuaca di sini cukup stabil. Sementara suhu udaranya sekitar 19 - 24 atau tergantung iklim yang sedang berlangsung.
 
Dari segi administrative, destinasi bukit yang memiliki nama Wisata Anugerah Indah Sippan ini sendiri terletak di Desa Sippan Tigaraja, Pamatang Silimahuta, Naga Saribu, Pematang Silimahuta, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, 21167. Lihat panduan ke lokasi melalui peta yang sudah disematkan.
 

Harga Tiket Masuk (HTM)

Pengunjung bisa menikmati pesona wisata yang dihadirkan Desa Sippan ini dengan harga tiket cukup murah. Biaya yang dikenakan berkisar antara Rp5 s/d 10k per orang. Sementara itu untuk bermalam di area camping dibandrol tarif berbeda.
 
Tiket Normal: Rp5.000/org
Tiket Kendaraan: Rp5.000 (roda dua) Rp10.000 (roda empat)
Tiket Berkemah: Rp10.000/org
 
Setelah membayar tiket tersebut pengunjung bebas untuk berlibur seharian di tempat ini. Tarif yang tertera berlaku sepanjang musim baik peak maupun high season. Perubahan harga bisa terjadi sesuai kebijakan pengelola. Sebaiknya hubungi melalui nomor telepon sebelum berkunjung.
 
 

Aktivitas dan Pesona Wisata Anugerah Indah Sippan

Pada awalnya bukit ini hanyalah dataran tinggi biasa yang akhirnya secara mendapat atensi wisatawan sejak pertengahan tahun 2021. Sebenarnya tempat ini sudah dibuka dari beberapa tahun silam. Tetapi karena kendala akses jalan yang kala itu belum begitu memadai membuat banyak pengunjung mengurungkan langkah.
 
Keindahan Wisata Anugerah Indah Sippan adalah daya tarik utama tempat wisata ini. Sebab bukit ini diapit oleh lereng dan Danau Toba yang mengelilingi daratannya. Kalau semula pengunjung sering kali menahan langkah untuk mendatanginya, sekarang wisatawan justru berlomba-lomba kesana agar bisa langsung menyaksikan pesona tersebut.
 
Setelah melewati medan yang lumayan menantang, maka setibanya di tempat tersebut beragam aktivitas menarik sudah menunggu para pengunjung. Tak sekedar menghirup udara segar yang berhembus tiada henti, sederet kegiatan yang identik dengan wisata alam bisa dilakukan.
 

1. Menikmati Areal Perbukitan

wisata anugerah indah sippan
image credit: instagram/aisyahbrunch
Aktivitas pertama yang selalu ada dalam agenda kunjungan wisatawan ialah bersantai sembari menikmati eloknya pemandangan khas dataran tinggi. Pasalnya dari atas bukit di Saribu Dolok ini, hampir 1/4 panorama Danau Toba dapat disaksikan.
 
Trekking kecil-kecilan juga bisa wisatawan lakukan jika ingin berkeliling di sekitaran bukit. Meski jalur jalannya sedikit menanjak tetapi cukup nyaman untuk dilalui dengan berjalan kaki. Nah, kalau mulai kelelahan, sudah ada bangku dan kursi untuk tempat beristirahat.
 
Dengan sajian pemandangan yang memadukan berbagai estetika alam, pesonanya mampu membuat wisatawan lupa akan hiruk-pikuk perkotaan. Tubuh dan otak seolah tak henti-hentinya diberi asupan oksigen alami yang begitu segar.
 

2. Camping Ground Ceria

wisata anugerah indah sippan
area camping di atas perbukitan
Wisata Anugerah Indah Sippan menyediakan area berkemah di lereng bukit yang datar. Camping ground sengaja dibangun di bawah pepohonan nan rindang yang berada tepat di sebelah utara agar tenda kemah terhindar dari angin kencang pada siang maupun malam hari.
 
Sejauh ini, camping ground termasuk aktivitas favorit para pengunjung. Wisatawan yang berkemah pada akhir pekan bisa mencapai puluhan orang. Karena selain bermalam di dalam tenda, baik sunrise maupun sunset juga dapat dilihat dari area tersebut.
 
Bermalam di daerah dataran tinggi tentu terasa sangat dingin. Supaya tidak kedinginan, alangkah baiknya kalau bikin kegiatan seru bareng teman. Misalnya pesta barbeque sambil membuat api unggun. Atau, bisa juga melakukan games kecil-kecilan.

3. Berfoto dan Selfie Sepuasnya

wisata anugerah indah sippan
image credit: instagram/hendra.sinurat
Pengunjung sering kali menjadikan puncak di bagian bukit ini sebagai spot foto. Lantaran dari atas sana, pengunjung yang hobi memotret pemandangan dapat menjepret beragam angle menarik. Dari view danau, perbukitan hingga rerumputan hijau yang mirip savana.

Sangking indahnya, wisatawan tak harus punya kamera mahal untuk mendapatkan foto-foto ciamik. Pun dengan kamera biasa atau kamera handphone saja, hasil jepretan akan terlihat memukau. Tanpa perlu diedit, sudah layak diunggah ke media sosial.
 
Latar foto berikutnya yaitu barisan pohon yang sekelilingnya ditanami beraneka jenis bunga-bungaan. Tanaman hias tersebut semakin memperindah area sehingga sangat ideal sebagai background selfie. Bahkan sangat pas dipilih sebagai tempat prewedding.
 

4. Kulineran di Puncak WAIS

wisata anugerah indah sippan
image credit: g,maps/rizkyka ramadhoni
Berwisata kuliner di Saribu Dolok juga bisa pengunjung lakukan saat menyambangi objek wisata ini. Walaupun tidak menyajikan makanan khas Simalungun, tetapi cita rasa dari setiap sajian menunya tetap saja menggugah selera.
 
Sensasi menyantap makanan di Puncak WAIS memang terasa berbeda. Bayangkan betapa nikmatnya menyeruput secangkir kopi hangat atau teh manis di alam terbuka. Anda juga bisa memesan makanan enak lainnya yang harganya sesuai isi kantong.
 
Semisal Anda ingin berhemat karena liburannya bareng anggota keluarga, boleh menyiapkan bekal dari rumah. Karena di sini tidak ada larangan bawa makanan minuman dari luar kawasan wisata. Jadi biaya liburan bisa lebih irit.

Jam Buka

Objek wisata perbukitan di Saribu Dolok ini bisa Anda datangi setiap hari. Pengunjung umum dapat memasuki areal wisata mulai pukul 08.00 hingga tutup sore hari pada pukul 18.00. Sedangkan bagi kawula muda yang berencana camping, pastikan untuk berkoordinasi dengan pihak pengelola.
 
Waktu terbaik untuk berlibur ke tempat ini pastinya di bulan-bulan yang sepi dari kunjungan wisatawan. Agar tidak kecewa, hindari pula datang pada musim kemarau karena kabut sering kali menutupi pemandangan.
 
 

Fasilitas

Wisata Anugerah Indah Sippan memberikan fasilitas memadai bagi para wisatawan. Sehingga dengan ketersediaan sarana penunjang tersebut, maka mampu menciptakan atmosfer yang nyaman. Beberapa fasilitas standar serta tambahan yang ada di sini meliputi:

- Tempat parkir kendaraan
- Tempat makan
- Spot selfie
- Camping area
- Taman mini
- Gardu pandang/shelter

Jika datang saat akhir pekan seperti sabtu, minggu dan hari libur besar lainnya, akan ada sarana hiburan berupa karaoke untuk menghalau rasa bosan. Nah, menjelajah tempat wisata di Saribu Dolok ini memang sangat menyenangkan. Yuk, segera atur jadwal liburan!