Home » , » 9 Oleh Oleh Khas Dari Medan

9 Oleh Oleh Khas Dari Medan

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, September 24, 2014 | 4:38 PM

TravelingMedan/Antz - Kuliner tradisional sudah menjadi sebuah ciri khas suatu daerah. Tak jarang makanan tersebut menjadi sebuah trade atau icon pariwisata. Kota kuliner Medan sudah kerap dikunjungi oleh banyak wisatawan baik domestik maupun internasional, tak jarang mereka berburu kuliner khas dari Sumatera Utara di kota terbesar ketiga di Indonesia ini. Beberapa daerah di Sumatera Utara memiliki makanan dan juga bumbu yan tak anda temukan di provinsi lain, kalaupun ada, tetapi asalnya tetaplah dari Sumut. Beberapa bumbu dan ciri khas dari Sumut yang sudah dikenal luas oleh masyarakat adalah sebagai berikut:


ANDALIMAN
Makanan tradisional Batak seperti Naniura identik dengan penggunaan Andaliman dan juga Kunyit. Bumbu khas Batak, begitulah orang kebanyakan mendeskripsikan Andaliman yang hanya dapat anda temukan di Sumatera Utara. Rasa andaliman memang berbeda, agak menggigit dan dalam bahasa Batak disebut “makkitir-kitir” yang artinya bergetar. Tumbuhan andaliman biasanya banyak ditemukan di kawasan hutan tropis. Seiring penggunaannya, kini andaliman juga banyak dibudidayakan oleh masyarakat.



ROTI GANDA
Bertandang ke kota terbesar kedua di Sumut ini kurang pas rasanya bila anda tidak mencoba roti Ganda, yap..!! icon Siantar yang selalu diidentikkan dengan oleh-oleh khas Roti Ganda sudah amat dikenal oleh masyarakat luas. Roti ini bentuknya besar dan tebal, biasanya dimakan dengan menggunakan selai tergantung selera anda. Tetapi ada juga Roti Ganda yang tak perlu diberi selai, karena sudah dibubuhi komposisi roti yang pas dan menggugah selera.



BIKA AMBON
Sejarah bika ambon masih simpang siur, ada yang bilang kuliner khas Medan ini dibuat oleh orang Ambon yang dulu merantau ke Medan. Ada juga yang mengatakan bahwa warna dari Roti ini diidentikkan dengan orang Ambon sehingga diberi nama yang sama. Apapun itu, pastinya Bika Ambon sudah menjadi oleh-oleh khas dari Medan.



DURIAN MEDAN
Nah… yang ini sudah bukan barang langka lagi, hampir setiap waktu tanpa memandang musim anda dapat menemukan durian Medan baik dibeberapa gerai kuliner maupun jajanan kaki lima. Durian Medan sebenarnya berasal dari beberapa daerah di Sumatera Utara. Hanya saja komoditas ini biasanya disalurkan ke kota Medan kepada para penjual sehingga label Durian tersebut di beri tambahan kata Medan. Rasa durian Medan sebenarnya berbeda-beda tergantung darimana buah tersebut berasal. Banyak orang berburu durian Medan yang asalnya dari Sidikalang, selain karena rasanya yang amat lezat, durian tersebut juga memiliki warna khas kuning dengan biji buah yang kecil. Biasanya orang Batak mencampurnya dengan Tuak untuk menambah kadar alcohol minuman tradisional tersebut. Tertarik?



RAMBUTAN
Rambutan Binjai, kota yang tidak jauh dari Medan ini terkenal dengan buah Rambutan. Hal tersebut jugalah yang membuat orang-orang memberi julukan kota Rambutan. Buah Rambutan kini sudah semakin divariasikan, dibentuk menjadi penganan kuliner berupa kue dan olahan lainnya. Rambutan Binjai terkenal karena dagingnya yang tebal dan bijinya yang kecil. Jadi bagi kamu yang bertandang ke kota ini, jangan lupa melipir dan mengunjungi toko roti dan membelinya sebagai oleh-oleh.



KOPI SIDIKALANG
Kenikmatan kopi Sidikalang memnag luar biasa, aromanya harum dan rasanya cocok bagi anda para penikmat kopi, sila dicoba dan anda pasti akan ketagihan. Kopi Sidikalang terkenal hingga ke mancanegara, meski pasarnya sudah tidak setenar yang dulu. Kopi menjadi oleh-oleh yang tak boleh dilupakan bila berkunjung ke tanah Pakpak ini. Selain berjalan-jalan ke Taman Wisata Iman, anda juga harus menyambangi toko atau hotel yang biasanya menjual kopi Sidikalang asli.

Nah, daftar tersebut diatas sepertinya sudah cukup sebagai refrensi kamu, apa yang harus dibeli sebagai oleh-oleh dari kota Medan dan provinsi Sumatera Utara. Salam Peduli Pariwisata Sumut. (Antonius Naibaho) 
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net