Home » , , » Deburan Air Terjun Sipulak Humbahas

Deburan Air Terjun Sipulak Humbahas

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Thursday, November 13, 2014 | 3:19 PM


PariwisataSUMUT.net - Air Terjun Sipulak, berada di Kabupaten Humbang Hasundutan atau lebih dikenal dengan singkatan Humbahas. Kabupaten yang memiliki semboyan "hutamas" ini memang terkenal dengan objek-objek wisata alam dan budayanya. Keindahan panorama Danau Toba juga dapat dilihat dari Taman Wisata Sipinsur. 

Dengan ketinggian mencapai 70 meter, Sipulak adalah kawasan wisata air yang belum optimal. Akses menuju lokasi juga lumayan berat karena masih dalam tahap pengembangan. Diberi nama Sipulak karena air terjun yang bermuara ke Gunung Kinapan ini memang berada di Ngarai Sipulak. 

Lokasi
Desa Pakkat Hauagong - Kecamatan Pakkat - Kab Humbang Hasundutan

Rute
Medan - Dolok Sanggul - Desa Pakkat - Air Terjun Sipulak

Aksesibilitas
Jalur transportasi darat dari Kota Medan menuju Dolok Sanggul cukup memadai, dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi pribadi maupun umum. Untuk menuju lokasi wisata, anda harus menempuh perjalanan yang cukup memacu adrenalin. Kondisi jalan belum begitu memadai.

Ngarai Sipulak layak dikembangan sebagai destinasi wisata Kabupaten Humbahas karena  letak geografis dan kontur di kawasan ini cocok juga dijadikan sebagai lokasi paralayang/paragliding. Debit air sungai yang mengalir dari Air Terjun Sipulak cukup deras di sela-sela bebatuan, Pemanfaatan potensi tersebut dapat digunakan sebagai lokasi wisata olahraga arung jeram/rafting.

Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net