Home » , , » Goa Kalong Di Tangkahan

Goa Kalong Di Tangkahan

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Sunday, November 2, 2014 | 9:00 AM

TravelingMedan/PariwisataSumut - Goa di Sumatera Utara sebenarnya cukup banyak, hanya saja sedikit saja orang yang berhasrat untuk mengexplore keunikan bumi yang satu ini. Diantara goa tersebut: Goa Kalong atau dikenal juga dengan sebutan Bat Cave merupakan objek wisata yang menarik di Tangkahan Kabupaten Langkat.


Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Goa Kalong dilindungi oleh pemerintah dan lembaga terkait. Tujuannya tentu saja untuk melestarikan keindahan dan juga jantung paru-paru dunia. Ada banyak tempat wisata menarik di kawasan TNGL lainnya seperti Tangkahan, Sei Murap, Gunung Leuser, Pamah Simelir, dan masih banyak lagi lainnya.


Rute menuju Bat Cave dapat dilalui dengan menelusuri perjalanan dari Sungai Buluh, memakan waktu sekitar 1,5 jam dari bumi perkemahan. Jalur tracking menuju Goa Kalong cukup menantang namun tetap mengasyikkan. Anda akan melewati panorama hutan hujan tropis dengan suguhan flora dan fauna yang amat beragam. Jalan setapak menjadi satu-satunya sarana yang tersedia.

Sejarah dari nama Goa Kalong diambil dari fenomena di lokasi wisata itu sendiri, banyaknya jumlah kalong atau kelewar yang bermukim di goa tersebut menjadi alasan mengapa masyarakat dan pengunjung menyebutnya dengan istilah goa Kalong.



Keindahan Goa Kalong tak berbeda dengan goa-goa lainnya, stalagmit dan stalagnit menghiasi sepanjang sisi goa. Tetapi tidak hanya itu saja, menelusuri goa hingga mencapai ujung anda akan menemukan keindahan lainnya, sebuah sungai besar bernama sungai Batang. Tepat dibagian seberang sungai, ada juga lokasi air panas. Dan bila anda lelah untuk kembali menelusuri goa, dari sungai Batang anda dapat memanfaat tubbing menuju ke kawasan penginapan di Tangkahan. Tak banyak yang tahu akan keindahan ini, karena membutuhkan nyali yang cukup. Untuk mencapai ujung goa, dibutuhkan waktu sekitar 50 – 60 menit perjalanan atau kurang lebih satu jam. Salam Peduli Pariwisata Sumut (Writer: Berliana N Foto: Perari Henta)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net