Widget HTML Atas

Pantai Jono/Pantai Perjuangan: Lokasi, Tiket & Gambar Aktivitas

Pantai Jono dan Pantai Perjuangan merupakan pantai yang berada di dalam satu kawasan geografis. Meski memiliki nama berbeda, tetapi pantai yang terletak di Desa Lalang, Kec. Medang Deras, Kab. Batubara ini berada pada daerah yang sama.
 
pantai jono pantai perjuangan
image credit: @sndytttt/agus sitohang
Perjalanan wisata ke lokasi Pantai Jono atau Pantai Perjuangan akan menjadi trip yang menyenangkan. Pasalnya, tempat rekreasi keluarga di daerah Batubara ini menyajikan panorama laut, butiran pasir putih dan spot kuliner khusus sajian laut sekaligus.
 
Belum lagi kawasan pantai yang teduh dan adem karena ditumbuhi pohon pinus menyejukkan. Begitu juga fasilitas yang sudah lumayan memadai. Sehingga pengunjung bisa beraktivitas sepuasnya. Semua daya tarik tersebut membuat wisatawan betah berlama-lama.
 

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang berencana akan menghabiskan waktu liburan di seluruh kawasan wajib membayar biaya retribusi. Harga tiket masuk Pantai Jono ditetapkan sebanyak Rp10k per orang. Tarif tetap sama kendati pada hari libur, weekday atau weekend.
 
# Tiket Wisatawan: Rp10.000/orang
# Parkir Kendaraan: Rp5.000 (motor) Rp10.000 (mobil)
# Biaya Sewa Pondok: Rp30.000
 
Selain membayar tiket masuk, beberapa fasilitas rekreasi yang tersedia hanya dapat dinikmati setelah wisatawan mengeluarkan biaya yang bersifat tambahan. Sebut saja penyewaan tikar, ban, area kuliner dan gazebo/pondok.
 
 

Daya Tarik & Aktivitas Pantai Jono/Pantai Perjuangan

Pantai Jono merupakan salah satu pelopor destinasi bahari di semenanjung barat Provinsi Sumut. Sering disebut Pantai Sujono, tempat ini sudah jadi spot rekreasi sejak era 90-an. Meski sudah lama dan berganti nama resmi pula, tetapi image-nya itu tidak kunjung berubah.
 
Keindahan wisata Pantai Jono/Pantai Perjuangan didukung keadaan kawasan pantai yang bisa dikatakan asri. Apalagi dengan cakupan area mencapai 1/2 hektar, pantai ini bisa tergolong luas dan lapang. Sehingga memberikan ruang bagi pengunjung untuk melakukan ragam aktivitas wisata laut.
 
Keasrian alam dan luasnya area pantai kerap menjadi alasan wisatawan untuk memilih tempat ini menjadi tujuan berlibur. Meski tak seindah Pulau Pandang karena air lautnya yang kecoklatan, tapi masih sangat layak sebagai alternatif rekreasi keluarga.

1. Spot Rekreasi Keluarga

pantai jono
image credit: kawi boedisetio/google maps
Pantai Sujono merupakan pantai yang lokasinya dekat dengan Tambak Udang, Lapangan Milier dan Kodam Bukit Barisan. Ditambah lagi suasananya jauh dari pemukiman warga. Sehingga posisinya dapat dikatakan lumayan strategis dan aman untuk dikunjungi.
 
Pengelola sungguh-sungguh menata pantai supaya memenuhi persyaratan sebagai tempat rekreasi keluarga. Sekaligus ramah bagi semua pengunjung tanpa batasan usia. Baik itu anak-anak, remaja maupun wisatawan dewasa.
 
Pemilik sengaja membangun fasilitas mumpuni supaya wisatawan yang berekreasi bareng keluarga bisa mendapatkan momen liburan berkualitas. Tak perlu kaget jika melihat bahwa kebanyakan pengunjung didominasi oleh rombongan family trip.
 
Saat memasuki areal pantai, wisatawan sudah bisa berfoto selfie di spot-spot unik dan lucu. Kendati wahana untuk berselfie tidak terlalu banyak. Namun sudah keren dan Instagramable kalau sekedar untuk di unggah ke medsos.
 

2. Berwisata Kuliner Laut

image credit: instagram/ciciakhyar
Berwisata ke laut kurang afdol kalau tidak mencicipi seafood, bukan? Di sini, para pengunjung tak perlu bingung bila hendak mengisi perut. Sederet tempat makan yang berbaris vertikal di pinggir pantai bisa disinggahi sejenak. Nah, tersedianya spot kuliner dan warung makan membuat Pantai Jono menjadi destinasi kuliner.
 
Warung makan yang ada di pantai ini masih dikelola langsung oleh pemilik yaitu Sujono Giatmo. Makanan laut yang dijual berasal dari kolam dan tambak ikan di area pinggir pantai. Karenanya, semua makanannya masih segar dan tanpa pengawet sebelum disajikan di hadapan pengunjung.
 
Pilihan menu di spot makan seafood ini cukup beragam, jadi pengunjung bisa sekalian kulineran ketika liburan di pantai ini. Agar tidak kaget saat membayar, pastikan untuk bertanya harga setiap hidangan kepada pelayan sebelum memesan.
 
 

3. Bermain Pasir, Berenang dan Sunset

pantai jono
image credit: google maps/said budy syafri
Meskipun tidak secantik dan seelok spot bahari lain, pantai satu ini masih menawarkan sudut panorama menawan. Paling banyak dinanti pengunjung ialah sunset. Pengunjung akan berkerumun di sepanjang bibir pantai menjelang matahari tenggelam demi menyaksikan langit senja yang memesona.
 
Pantai Jono yang sejajar dengan garis laut Pantai Cermin ini sama seperti spot lainnya di sepanjang gugus timur Sumatera. Airnya tak terlalu jernih bahkan cenderung coklat. Namun, hal itu rupanya tidak menyurutkan wisatawan untuk berenang sepuasnya sampai di tapal batas tertentu,
 
Keseruan lain yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan di Pantai Perjuangan ialah bermain pasir di batas bibir pantai. Hamparan pasir di sini sangatlah luas, bahkan sejauh mata memandang terlihat pasir yang berkilau indah. Di sana, wisatawan biasanya berlarian, membuat istana pasir dan bercengkrama dengan keluarga.
 

Fasilitas

Tersedia sejumlah fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pantai Jono/Perjuangan yang lengkap untuk digunakan pengunjung, meliputi:
 
- Kamar mandi
- Tempat beribadah
- Warung seafood
- Tempat parkir
- Spot foto
- Pondok
 
Semua fasilitas di atas bisa dipakai secara gratis alias cuma-cuma. Kecuali untuk pemakaian gazebo atau pondok, wajib disewa mulai Rp20.000 dan dapat dipakai sehari penuh.
 

Rute dan Alamat Pantai Jono/Perjuangan

Pantai Jono/Perjuangan berada di Desa Lalang, Kecamatan Medang Deeras, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Wisatawan dari Medan dapat melalui Jalan Tol, selanjutnya Jalan Orang Utan Paties kemudian belok kiri dalam kurun waktu 2 jam atau berjarak 111 km. Sebaiknya gunakan peta tersemat di bawah ini.
 
 
Rute jika tidak melalui Tol rawan macet pada akhir pekan atau hari Sabtu dan Minggu. Untuk akses jalan hingga ke simpang menuju pantai sudah bagus. Tetapi setelah melewati jalur tersebut, kondisi jalannya akan membuat perjalanan sedikit terganggu.