Home » » Wisata Heritage Medan di Rumah Sakit Tembakau Deli

Wisata Heritage Medan di Rumah Sakit Tembakau Deli

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, December 10, 2014 | 1:25 PM


PariwisataSUMUT.net - Wisata heritage di Kota Medan memang cukup banyak. Berbagai cagar budaya dapat ditemukan dan dilihat langsung oleh setiap wisatawan yang berkunjung ke ibukota Provinsi Sumatera Utara ini. Setidaknya terdapat sekitar 600-an bangunan dan benda cagar budaya di Kota Medan. Satu diantaranya adalah Rumah Sakit Tembakau Deli Medan yang telah ditetapkan sebagai situs bangunan dan lingkungan cagara budaya. Sejak tahun 2011 silam, bangunan tua bernama Rumah Sakit Tembakau Deli Medan ini telah berhenti operasionalnya.

Pada masa kolonial, rumah sakit ini lebih dikenal dengan nama Rumah Sakit Deli Maatschappaij. Dibangun pada tahun 1885 atas prakarsa Mr Ingermann, bangunan bersejarah ini ditujukan untuk kepentingan masyarakat dan usaha perkebunan tembakau oleh Perusahaan Deli Maatschappaij yang mana telah berdiri di Kota Medan sejak tahun 1869. Seiring dengan perkembangannya, rumah sakit ini sempat beberapa kali mengalami pergantian nama dan berada di bawah naungan PTPN II Persero. Usia bangunan tersebut sekitar 117 tahun. Cat putih dan abu-abu mendominasi keseluruhan warna bangunan.

Pada kawasan zona bangunan bersejarah di Kota Medan, terdapat beberapa diantaranya berdekatan dengan Rumah Sakit Tembakau Deli Medan yakni: Perumahan Bangsal Gaharu, Kantor Dinas Pariwisata, Medan Conservatory, Komplek Perumahan di Jalan Sena, Rumah Sakit Militer Kodam I Bukit Barisan dan Kantor Telekomunikkasi HM Yamin. Kawasan cagar budaya tersebut sangat mendukung aktivitas wisata pendidikan, sejarah dan heritage. (Text: Antonius Naibaho - Foto: Collective Tropenmuseum)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net