Widget HTML Atas

Jadwal Lengkap Kapal Penyeberangan Ferry di Danau Toba

Penyebrangan kapal ferry di Danau Toba umumnya tersedia di 3 pelabuhan yakni Ajibata (Simalungun), Simanindo dan Tomok (Samosir) yang terdiri dari beberapa trip perjalanan sesuai dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan yang telah ditentukan.

Dengan mengecek ketersediaan transportasi penyebrangan di Danau Toba, maka kamu bisa mengatur intenary yang tepat, apalagi jika menggunakan kenderaan pribadi hal ini tentu sangat penting. Nah berikut ini jadwal lengkap kapal ferry di danau toba.

Jadwal Ferry Danau Toba

Tarif ferry biasanya tergantung jenis kendaraan yang digunakan.

1. Ferry dari Ajibata ke Tomok
Menggunakan kapal ferry KMP Tao Toba I/II dengan jumlah 5 trip, perjalanan dari Pelabuhan di Parapat, Ajibata ke Tomok tidak memakan waktu lama dan tergolong singkat, sekitar 40 menit perjalanan. Pada musim libur, jadwal ini bisa berubah sesuai dengan kepadatan dan jumlah penumpang.

ferry ajibata
Trip pertama dari Tomok berangkat pukul 07.00 dan tiba di Ajibata pada 08.30 sedangkan trip terakhir pada malam hari, tepatnya pukul 19.30 dan 21.00.

Baca artikel menarik lainnya dari Pariwisata Sumut Network:
Daftar Hotel dan Penginapan di Bukit Lawang, Banyak Pilihan!
Ke Madu Efi, Wisata Kabanjahe yang Lagi Hits!

2. Penyebrangan dari Tigaras ke Simanindo
Menggunakan KMP Sumut I dan Elnusa Pertamina, 2 pelabuhan ini melayani rute Simanindo - Tigaras dan sebaliknya dengan total trip sebanyak 7 kali.

ferry tigaras
Keberangkatan kapal pertama dari Simanindo jam 07.00 sedangkan Tigaras jam 08.00. Rute perjalanan ini memakan waktu sekitar 45 menit.

3. Penyebrangan Kapal dari Samosir ke Tapanuli Utara dan Tobasa
2 Pelabuhan lainnya yaitu Sipinggan dan Onanrunggu yang terletak di Pulau Samosir juga melayani trip ke 2 kabupaten lain yakni Pelabuhan Muara (Taput) dan Balige (Toba Samosir) dengan jadwal sebagai berikut:

ferry samosir
Dari Onanrunggu ke Balige menempuh waktu perjalanan sekitar 1,5 jam perjalanan dan kapal penyebrangan hanya tersedia 1 kali. Sedangkan trip untuk rute Sipinggan ke Muara kurang lebih 50 menit.

Pelabuhan di Danau Toba

Nah, lalu apa saja nama pelabuhan di Danau Toba?

1. Pelabuhan Tigaras
Pelabuhan di Simalungun, biasanya digunakan untuk moda angkutan penumpang biasa
2. Pelabuhan Ambarita
Pelabuhan di Samosir ini melayani penyeberangan mobil dan transportasi berat lainnya.
3. Pelabuhan Ajibata
Khusus melayani ferry, berada di Tiga Raja, Girsang Sipangan Bolon Simalungun
4. KM Ferry Tomok
Berada di desa wisata Tomok, bisa disebut terbesar di Danau Toba
5. Pelabuhan Ajibata
Pelabuhan di Kabupaten Tobasa, berada di Jalan DI Panjaitan, Tigaraja.
6. Nainggolan
Otoritas pelabuhan yang melayani angkutan tamu

Jadwal transportasi penyeberangan di atas bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung putusan dari otoritas pelabuhan yang ada di Danau Toba. (AN/PSN)