Home » , » 6 Jenis-Jenis Kamera

6 Jenis-Jenis Kamera

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Sunday, January 4, 2015 | 9:04 AM


PariwisataSUMUT.net - Kamera menjadi satu dari sekian kebutuhan dalam dunia pariwisata yang digunakan baik oleh para traveler maupun pelaku industri itu sendiri. Fungsi kamera menjadi alat bukti atau juga sarana publikasi (pemasaran) dalam industri jasa pariwisata, hotel dan kuliner. Profesi fotografer semakin diminati seiring dengan kebutuhan fotografi oleh karena itu fotografer juga semakin difokuskan pada bidang tertentu seperti fotografer makanan (food photographer), fotografer wisata (tourism photograph), pra-wed fotographer dan masih banyak lagi spesialisasi fotografer lainnya Kamera yang bagus tentu akan menghasilkan foto yang bagus pula, namun kemampuan orang yang membidik suatu objek juga tidak boleh diabaikan. Untuk mengetahui ragam dan fungsi kamera, berikut 6 Jenis – Jenis Kamera:

Kamera Film
Jenis kamera yang satu ini menggunakan pita seluloid untuk menangkap cahaya. Kamera film terbagi atas 3 jenis yakni: small format dengan ukuran 35mm, medium format dengan ukuran 100-120 mm dan large format.

Kamera Polaroid
Jenis kamera Polaroid paling banyak digunakan saat ini dan menjadi cikal berkembangnya dunia fotografi. Menggunakan Polaroid sebagai tempat penyimpanan foto, hal ini mempermudah para pengguna dalam hal efisiensi waktu.

Kamera Digital
Digital camera menggunakan image sensor atau sensor gambar untuk menangkap cahaya. Penyimpanan data kamera digital menggunakan slot card, memory card atau flash card. Kualitas kamera digital antara yang satu dengan lainnya berbeda tergantung spesifikasi dan kerapatan bawaan. Pocket camera yang paling banyak digunakan oleh para pengguna adalah bermerek Kamera Sony, Canon, Samsung, Nikon, Panasonic, dll.

Kamera Handphone
Kamera Telepon memiliki pengguna yang paling banyak diantara jenis kamera lainnya. Kamera ini biasanya disematkan pada handpone baik berjenis standard atau juga smartphone. Kamera handphone berbeda kualitasnya antara yang satu dengan yang lain tergantung dari spesifikasi hanphone itu sendiri. Menggunakan tempat penyimpanan baik eksternal dan internal, kamera hp menjadi kamera paling banyak diminati karena efisiensi dan kualitasnya yang tak jauh berbeda dengan kamera biasa.

Kamera SLR
SLR merupakan singkatan dari Single Lens Reflex. Keunggulan dari jenis kamera SLR adalah berbagai jenis fitur yang terdapat didalammnya yang memungkinkan apa yang terlihat oleh mata dan apa yang ditangkap oleh kamera tidak jauh berbeda atau sesuai dengan realitas. Keunggulan jenis kamera SLR lainnya adalah penggunaan lensa yang dapat diganti-ganti. SLR banyak digunakan oleh fotografer prosesional namun tak jarang juga digunakan oleh newbie.

Kamera TLR
Dalam bahasa Indonesia, kamera TLR disebut Kamera Refleks Lensa Ganda sesuai dengan nama asalnya yakni dari bahasa inggris: TLR (Twin Lens Reflex). Jenis kamera TLR kurang banyak diminati oleh para pecinta dunia fotografi karena letak lensa dan posisinya yang tidak sama.

6 Jenis Kamera diatas tentunya menjadi refrensi kamu dalam menentukan jenis kamera yang ingin kamu miliki berdasarkan kebutuhan dan budget. 
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net