Widget HTML Atas

Maha Karuna Buddhist Center: Vihara Terbesar di Asia Tenggara

Di Medan, tersebar sejumlah vihara yang tidak hanya ramai saat Imlek, bahkan di hari biasa pun, tempat ibadah umat Buddha berikut selalu dikunjungi untuk sembahyang. Sebut saja Vihara Setia Budi, Vihara Borobudur dan Candi Buddha. Namun, yang kali ini dibahas adalah Vihara Maha Karuna Buddhist Centre.

vihara maha karuna buddhist centre
vihara maha karuna buddhist centre medan - foto: simply pictures/youtube
Vihara Maha Karuna Buddhist Centre (MKBC) adalah komplek peribadatan umat Buddha yang terletak di Komplek Cemara Abadi, Deli Serdang. Dengan luas 18, 5 hektar, tempat ini menjadi vihara terbesar di Asia Tenggara yang berada di sekitaran Kota Medan.

Dibandingkan vihara di Medan yang lain, Maha Karuna Buddhist Center mungkin kurang familiar. Hal ini disebabkan oleh akses masuk yang dibatasi dan tidak sembarangan orang dibolehkan ke dalam. Berbeda dengan Maitreya yang dibuka untuk pengunjung.

Vihara Maha Karuna Buddhist Centre

Kendati tidak dibuka bagi pengunjung, tentu tidak ada salahnya mengetahui vihara terbesar di Asia Tenggara yang berlokasi di Sumatera Utara ini. Di bawah ini, kami uraikan tentang "Mandala Buddha Vihara Mahavira Graha Medan Mahakaruna Buddhist Center" dengan semua fakta-fakta menarik di dalamnya.

1. Vihara Terbesar di Asia Tenggara

vihara terbesar di asia tenggara
maha karuna adalah vihara terbesar di asia tenggara - foto: @vaipulya_virya
Sangking indah dan besarnya, tidaklah berlebihan jika menyebut Vihara Maha Karuna merupakan
Candi Borobudur versi Pulau Sumatera yang megah dan dapat dijumpai di Medan. Hal itu bisa dibuktikan dari keberadaan Patung Buddha dengan ketinggian 16 meter menyerupai stupa pagoda dan relief lukisan sebanyak 1.448 buah yang dibangun di tengah komplek vihara.

Vihara terbesar yang berada di Indonesia, Asia Tenggara ini juga memiliki 4 buah apartemen bernama cinta kasih. Apartemen megah tersebut difungsikan untuk tempat tinggal para korban musibah bencana.

Oleh kapasitas besar yang dimilikinya, Vihara ini pernah juga dijadikan sebagai lokasi pertemuan tingkat internasional yakni World Buddhist Sangha Council (WBSC). Kala itu, 600 bhikku Sangha ikut berkumpul. Jika ditotal, 33 negara dari berbagai negara meliputi Australia, Afrika, Tiongkok ikut dalam event tersebut.

Adapun Vihara Maha Karuna yang dipanggil sebagai vihara terbesar di Asia Tenggara, diresmikan pada 2 November 2012. Sedangkan peletakan batu pertama diadakan pada tahun 2005 oleh pejabat pemerintahan Sumatera Utara.

2. Komplek di Maha Karuna

vihara terbesar asia tenggara
vihara maha karuna - foto: irwan chen/google map
Kawasan vihara sendiri terbagi ke dalam beberapa komplek. Namun, secara garis besar dapat dibagi ke dalam beberapa zona. Meliputi Komplek Aparatemen Cinta Kasih yang terdiri dari 4 buah. Pusat Pelatihan, Lapangan Mandala, Vihara Tradisional, Ruangan Dharmasala, Koridor Istana dan Rupang Sakyamuni Buddha.

Paling menarik adalah Rupang atau Patung Budha setinggi 16 meter yang keseluruhan terbuat dari batu granit di bagian puncak. Sedangkan sekelilinginya dibentengi oleh releif dan lukisan tentang perjalanan Kyang Buddha yang sejalan dengan kisah yang tertuang pada kisah Jataka. Secara keseluruhan, gambar yang dipajang mencapai 160 kisah dan 120 buah Rupang Buddha.

Didirikan oleh Komite Pembangunan Vihara Mahavira Graha Medan, sebagian besar dananya bersumber dari sumbangasih para donatur. Kedepannya, MKBC yang merupakan vihara Buddha terbesar di Asia Tenggara ini mempunyai skala besar, di mana rencananya akan dibuat juga beberapa unit lain seperti rumah sakit, panti asuhan dan institusi pendidikan.

Baca Juga: Tempat Wisata Religi di Medan
 

3. Sejarah Vihara Maha Karuna

maha karuna buddhist center medan
vihara mahakaruna buddhist center medan - foto:gstar zq/google map
Maha Karuna Buddhist Centre berawal dari fenomena alam pada abad ke-21 di mana marak kejadian bencana alam. Berlandaskan hal tersebut, muncul keinginan umat Buddha di Medan untuk mendirikan pusat tempat tinggal bagi korban bencana.

Dalam perjalanannya, Mahakaruna Buddhist Centre adalah pusat kebudayaan tradisional, selain sebagai tempat ibadah, vihara yang terletak di komplek perumahan Cemara Abadi ini juga dijadikan sebagai pusat bakti sosial tanpa memandang latar belakang seseorang.

Secara garis besar, terdapat 6 tahun bersejarah yang berlangsung disini, dari 2002 hingga 2007. Seperti perancangan rupang 33 sebagai perwujudan Avalokitesvara dan pembuatan desain arsitektur bangunan yang ada di dalamnya.

4. Lokasi

Vihara Mahakaruna Buddhist Center (MKBC) terletak di komplek Cemara Abadi, tepatnya di jalan Haji Anif Simpang BW, Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kab Deli Serdang, Sumatera Utara 20379. Berdekatan dengan Arya Tara dan Pubbharama Buddhist Centre.

Perlu diketahui bahwa vihara ini bukanlah obyek wisata dan merupakan tempat beristirahat para Bikhu/Bikhuni sehingga tidak boleh dimasuki oleh orang yang tak berkepentingan. Tapi, mengagumi keindahannya dari jauh pun sudah membuat kita terpesona.

Berlangganan via Email