Home » , , » Pura Agung Raksa Buana Medan

Pura Agung Raksa Buana Medan

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Sunday, January 11, 2015 | 9:12 AM


PariwisataSUMUT.net - Pura Agung Raksa Buana Medan berada di Jalan Polonia Ujung No 216 Medan Sumatera Utara. Pura ini merupakan tempat peribadatan atau sembahyang bagi umat Hindu yang berada tinggal di Kota Medan. 

Tanah seluas 2000 meter persegi ini dihibahkan oleh AURI (Pangkodau 1). Letaknya tidak berjauhan dengan Bandara Internasional Polonia Medan yang kini kepemilikannya juga telah sepenuhnya dibawah Angkatan Udara. Pura Agung Raksa Buana Medan dibangun mulai pada tahun 1982 dan diresmikan pada 17 Oktober 1982. Bertepatan dengan tanggal tersebut pula para pengurus menetapkan tanggal 17 Oktober 1982 sebagai Hari Piodalan


Arsitektur bangunan Pura Agung Raksa Bhuana Medan terlihat tidak jauh berbeda bila dibandingkan dengan pura Hindu di Bali. Gerbang berwarna hitam berornament etnik Bali menghiasi sepanjang sisi Pura. Kain berwarna hitam putih kotak-kotak terlihat dibeberapa sudut Pura. 


Pura Agung Raksa Buana Medan hanya dibuka pada waktu-waktu tertenju saja oleh karena itu kebanyakan para pengunjung hanya dapat melihatnya dari luar saja. Rute menuju Pura Agung Raksa Buana Medan dapat ditempuh dari Jalan Mongonsidi dilanjutkan dengan mengikuti Jalan Polonia. Letaknya tidak jauh dari Sekolah Penerbangan. (Antonius Naibaho)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net