Widget HTML Atas

24 Upacara Adat Pada Masyarakat Pakpak

pariwisataSUMUT.Net - Mengenal upacara adat pada masyarakat Pakpak yang berasal di Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat Sumatera Utara adalah hal yang sangat menarik, selain mengenal sisi keberagaman kebudayaan di Sumut, upacara adat merupakan tradisi turun temurun di setiap suku bangsa di Indonesia.


Secara garis besar, upacara adat Pakpak terdiri dari 3 bagian yakni: Upacara yang berhubungan dengan daur hidup, alam dan mata pencaharian hidup dan upacara adat di sektiar kampung (kuta). Bahasa yang dituturkan pada prosesi upacara adat tersebut adalah Bahasa Pakpak. Bahasa Pakpak masih banyak digunakan oleh masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Dairi.

Upacara Daur Hidup Pada Masyarakat Pakpak
Kajian-kajian ilmiah yang berkaitan dengan ilmu Antropologi dan Sosiologi, terdapat istilah life cycle of ceremony. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, secara harfiah berarti upacara daur hidup. Pada prosesnya, upacara ini merupakan upacara-upacara relevan pada tahapan ketika seseorang masih di dalam kandungan hingga kematian.

1. Merre Nakan Merasa
2. Mangan Nakan Balbal
3. Mesur-Mesuri
4. Mengebatken
5. Mergosting
6. Mengokal dan Menutung Tulan
7. Mate Ncayur Tua
8. Upacara Perkawinan
9. Mertakil
10. Menanda
11. Memerre Cinta Lao
12. Mengrumbang
13. Mengikir Atau Melentik

Terkait upacara adat Pakpak pada sistem mata pencaharian, sila baca artikel selanjutnya yang berjudul: Upacara Adat Pakpak Pada Sistem Mata Pencaharian Hidup.