Home » , , » Pesona Alam dan Wisata Pakpak Bharat

Pesona Alam dan Wisata Pakpak Bharat

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Monday, January 11, 2016 | 6:46 AM



pariwisataSUMUT.Net - Alam dan Wisata Pakpak Bharat yang tersembunyi. Keindahan alam dan pesona pariwisata Kabupaten Pakpak Bharat mungkin belum banyak yang membicarakan, aksesiblitas dan jarak tempuh dari Medan sebagai ibukota provinsi Sumatera Utara mungkin menjadi salah satu kendala selain itu informasi terkait belum banyak ditemukan baik melalui media online maupun media cetak. 

Di akhir tahun 2015, team menelusuri beberapa tempat wisata yang masih tersembunyi dan sebagian tempat yang sebenarnya tidak dimasukkan ke dalam daftar tempat wisata oleh pemerintah setempat namun tempat-tempat tersebut seyogianya dapat dijadikan sebagai destinasi andalan di kabupaten yang beribukotakan Salak ini.

Sindeka
Sindeka adalah pusat pemerintahan kabupaten Pakpak Bharat, bila dibandingkan dengan beberapa kabupaten di Sumatera Utara, perkantoran pemerintahan kabupaten ini memang benar-benar mengagumkan, letaknya yang berada diantara perbukitan menjadi alasan mengapa Sindeka sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata terutama bagi anda yang menyukai pemandangan landscape. Selain itu arsitektur bangunan yang bercirikan rumah adat Pakpak secara tidak langsung akan membawa anda masuk dan mengenal kebudayaan Pakpak.

Panjaratan
Panjaratan adalah satu dari dua akses menuju kabupaten Pakpak Bharat melalui Kabupaten Dairi. Panjaratan memiliki pemandangan alam yang benar-benar luar biasa. Panorama alam dan keindahan areal persawahan akan membawa anda serasa di Bali. Sepanjang perjalanan anda akan senantiasa menyaksikan embun yang seolah memeluk erat pesona alam Pakpak Bharat. Sayangnya Panjaratan belum dijadikan sebagai daerah tujuan wisata oleh pemerintah.

Sungai Ordi
Sungai yang melintasi kabupaten Pakpak Bharat ini memiliki debit yang cukup deras, digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari juga sebagai sumber mata pencaharian. Sungai Ordi tidak hanya mengalir di daerah Pakpak namun juga hingga ke Aceh Singkil. Sungai Ordi bisa dijadikan sebagai daerah tujuan wisata olahraga rafting mengingat volume dan debit arinya yang senantiasa sama baik di musim kemarau maupun musim hujan.

Agro Wisata
Agro Wisata adalah salah satu cara berwisata yang menarik, pengembangan agro wisata terutama di daerah pertanian tentu saja akan mendorong pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Pakpak Bharat misalnya, terkenal sebagai daerah penghasil kopi, nenas dan juga daun gambir sehingga berpotensi dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata agro yang melibatkan penduduk setempat hanya saja memang perlu sosialiasi dan penanganan dari pemerintah. Text dan Foto: Antonius Naibaho
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net