Top Ad unit 728 × 90

9 Tempat Wisata di Kota Tanjung Balai yang Populer

wisata tanjung balai besusen - foto: @irham.nasution
Pelabuhan Kota Tanjung Balai mungkin sudah pernah anda dengar sebelumnya. Kota yang berbatasan langsung dengan Selat Melaka ini memang sangatlah strategis dalam hal transportasi laut. Semenjak dipisahkan dari Kabupaten Asahan sebagai daerah otonom, Kota Tanjung Balai kemudian berdiri sendiri. 

Industri pariwisata Tanjung Balai identik dengan aspek wisata bahari (marine tourism) seperti pantai dan kuliner seafood. Namun, destinasi sejarah terkait kebudayaan Melayu juga bisa ditemukan disini.

kota tanjung balai

Tempat Wisata di Tanjung Balai

Dari kota Medan ke Tanjung Balai tidaklah terlalu jauh, apalagi sekarang sudah ada kereta api yang memberikan pelayanan transportasi yang memudahkan para pengunjung. Momen ngetrip ke Tanjung Balai pasti akan menyenangkan jika Traveler memilih untuk liburan ke 13 tempat wisata di Tanjung Balai yang direkomendasikan berikut: 

1. Pusat Pasar Ikan

ikan tanjungbalai
Demi apa tempat ini jadi lokasi wisata? tak perlu mengernyitkan dahi. Pusat Pasar Ikan atau dikenal juga dengan nama Pajak Ikan Bosar adalah pusat transaksi dan perdagangan ikan di Tanjung Balai. Beralamat di Jalan Asahan, tempat ini biasanya akan ramai pada pagi dan juga sore hari.

Para pengunjung dapat menemukan berbagai jenis ikan segar, tak hanya itu, ikan-ikan asin yang langka dipasaran dapat juga Anda temukan disini. Jangan lupa untuk mencari kerang Tanjungbalai yang dijuluki kerang terenak di Sumatera Utara.

2. Sungai Asahan

rafting via @asahanriver
Sungai terpanjang di Sumut yang melintasi 5 Kabupaten ini menjadi ikon pariwisata Tanjung Balai. Sungai Asahan kerap dijadikan sebagai lokasi rafting/arung jeram oleh para wisatawan yang membutuhkan wisata ekstrim.

Selain itu, sungai ini juga digunakan sebagai sarana transportasi air oleh masyarakat Tanjung Balai dan Asahan. Teman traveler dapat sekedar menikmati pemandangan hijau atau jika hobi melempar joran, kegiatan memancing di sungai ini tak kalah menarik.

Salah satu spot yang menunjukkan hamparan hijau di kawasan sungai ini adalah Paritohan. Lekuk jalan dikelilingi hutan hijau acap kali membuat para pelintas berhenti sejenak untuk berfoto.

3. Water Boom Tanjung Balai

waterpark tanjung balai
Jenuh melihat view laut di Tanjung Balai, lekaslah menikmati wahana air terkemuka di Tanjung Balai ini. Berbagai jenis permainan yang mengandalkan air di Waterboom Tanjung Balai tentu akan mengikis rasa tersebut.

Kesegaran air tanpa rasa asin di Waterboom Tanjung Balai akan membuat anda betah berlama-lama. Biasanya ramai dikunjungi oleh penduduk lokal maupun pendatang pada hari-hari libur. Tiket masuk cukup murah hanya Rp. 20.000 saja.

Wahana air di Waterboom Tanjung Balai pun sudah cukup lengkap lho!, dari menikmati keseruan seluncur air sampai tong air bisa dirasakan pengunjung. Gak cuma itu, hampir semua tempat Waterboom Tanjung Balai eye-catchy dan bisa untuk selfie.

4. Vihara Tri Ratna

vihara tri ratna
Sejak dibangun pada 1984 silam. Vihara Tri Ratna sudah berdiri selama 35 tahun di Kota Tanjungbalai. Selain difungsikan sebagai tempat peribadatan, Vihara Tri Ratna yang berada di Jalan Asahan tersebut dulunya sering dihampiri oleh pelancong .

Daya tarik Vihara Tri Ratna ada pada arsitektur khas Tiongkok dengan sentuhan modern, desainnya cukup mencolok, bahkan dari kejauhan vihara ini sudah cukup terlihat berkat keberadaan Patung Buddha Amithaba di lantai puncak.

Terdiri dari 6 lantai, pendatang biasanya diperbolehkan masuk untuk melihat beberapa area terbuka yang ada di Vihara Tri Ratna.yang diketahui sudah pernah mengalami pemugaran pertama sekitar tahun 2006 silam tersebut. 

5. Jembatan Tabayang

jembatan tabayang
Taukah Anda, bangunan beton sepanjang 600 meter ini merupakan jembatan terpanjang di Sumatera Utara yang menghubungkan Kota Tanjung Balai dengan Kabupaten Asahan. Jembatan Tabayang biasanya ramai ketika malam hari.

Megahnya Jembatan Tabayang dan pemandangan sungai Asahan serta view eksotisnya adalah dua hal yang merupakan magnet menarik bagi masyarakat untuk berkunjung. Di sore hari, masyarakat lokal pun kerap menghabiskan waktu di tempat ini.

6. Teluk Nibung

teluk nibung - foto: @kamaluddin.iryanto
Sedikitnya terdapat 23 teluk di Sumatera Utara satu diantaranya adalah Teluk Nibung yang sudah terkenal sejak zaman penjajahan sebagai lokasi transit dan perdagangan komoditas pertanian serta laut. Teluk Nibung tidak hanya diramaikan oleh para pedagang dari Kab Asahan dan Tanjung Balai namun juga dari provinsi-provinsi lain di Pulau Sumatra.

Wajah Teluk Nibung pun telah berkembang dan menjadi pelabuhan di Sumatera Utara yang memiliki peran vital dalam melayani rute perjalanan internasional dan domestik.

7. Pulau Besusen

pulau besusen
Memiliki luas mencapai 25 hektar, Pulau Besusen kini tengah dikembangkan menjadi lokasi wisata bahari di Tanjung Balai. Sebagai mitra Lake Toba Regional Management, Tanjung Balai merupakan satu dari 3 pintu masuk pariwisata di kawasan wisata Danau Toba.

Sebab itu, kota kerang ini juga potensial untuk mengembangkan sumber pariwisatanya. Dari sekian banyak obyek wisata Tanjung Balai, Pulau Besusen memiliki sejarah dan cerita yang unik. Penuturan penduduk menyatakan bahwa di pulau ini dulunya terdapat Patung Sigale-Gale. 

Saat ini Pulau Besusen yang dibelah oleh Sungai Asahan tersebut telah dikembangkan oleh Pemko Tanjungbalai, transformasinya terlihat pada pembangunan sarana pulau sehingga lebih layak dikunjungi wisatawan. Kegiatan wisata di Pulau Besusen diantaranya menaiki speed boat dan juga pemandian alam.

Masih ada objek wisata pulau lainnya di Tanjung Balai yakni Pulau Lebos, Pulau Ulangge dan Pulau Tuan Taher. Namun sayang, pulau-pulau itu belumlah dikelola secara optimal karena berbagai kendala.

8. Lapangan Sultan Abdul DJalil

lapangan sultan abdul djalil - foto: rizky sirait
Selain difungsikan sebagai tempat penyelenggaraan event di Tanjung Balai, Lapangan Pasir Tanjungbalai ini juga biasanya digunakan untuk lokasi berkumpul bagi komunitas maupun keluarga terutama di malam hari. 

Keunikan dari Lapangan Abdul Jalil ada pada podium dan bangunan di tengah lapangan yang melambangkan ciri khas dari Tanjungbalai yakni hewan kerang. Saat malam hari, Lapangan Abdul Jalil tak pernah sepi, banyak warga yang berkunjung karena di sekitar tempat ini juga banyak penjaja makananan malam.



9. Istana Asahan

istana asahan
Istana Asahan menjadi bukti pergerakan dari Kesultanan Melayu Asahan yang dibangun pada 1888. Pada 1970, Istana kerapatan yang seharusnya dipugar tersebut justru dirubuhkan setelah hak kepemilikan tanah jatuh kepada pihak pengembang.

Niat untuk terus mempertahankan peninggalan Melayu Asahan akhirnya terwujud pada 2010 silam dimana dibangun replika dari Istana Asahan yang kala itu peresmiannya disahkan oleh Sultan Asahan.

Istana Asahan lama maupun replika dirancang sedemikian rupa dan sama persis. Terdiri dari 2 lantai dengan arsitektur khas Melayu modern. Di dalamnya, terdapat beberapa peninggalan lainnya seperti singgasana sultan. Lokasi Istana Asahan terletak di Jalan Bendang, Kelurahan Sei Raja, Kecmatan Tualang Raso Tanjungbalai.



Panduan Wisata ke Tanjung Balai

Untuk menuju Kota Tanjung Balai anda dapat menggunakan transportasi darat moda roda dua maupun roda empat yang akan melewati Kota Tebing Tinggi. Sarana transportasi pilihan baik menggunakan bus/travel dan kereta api juga sudah tersedia. Tidak terdapat banyak hotel namun anda dapat menginap dibeberapa hotel kelas standard atau penginapan. Salam Peduli Pariwisata Sumut. (SK/PSN)
9 Tempat Wisata di Kota Tanjung Balai yang Populer Reviewed by Pariwisata Sumut on 12/05/2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.