Top Ad unit 728 × 90

10 Destinasi Wisata di Aceh Barat yang Memukau

Pariwisata Sumut Net - Aceh terdiri dari 23 kota dan kabupaten, tersebar di provinsi yang dikenal sebagai serambi mekah. Sebagai ujung dari Pulau Sumatera, provinsi yang mendapatkan predikat sebagai halal tourism ini memiliki beragam destinasi wisata menarik di setiap kabupaten. Mulai dari laut, taman nasional, kuliner hingga budaya.

Dengan ibukota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat menyimpan beragam tujuan wisata yang sangat rugi bila tidak dikunjungi. Apalagi Aceh Barat berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Lalu apa saja tempat wisata populer dan ramai dikunjungi oleh wisatawan di Kabupaten Aceh Barat?

1. Pantai Ujong Karang (Kareung)

image: lihat.co.id
Wisata bahari memang menjadi andalan utama di kecamatanJohan Pahlawan ini, ada terdapat banyak pantai eksotis cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Ujong Kareung memiliki pesona berbeda, pemandangan didominasi dengan batu-batu karang yang terhampar di sepanjang pantai.

Tidak itu saja, Ujong Karang punya nilai sejarah akan kemerdekaan Indonesia. Siapa sangka, Ujong Karang merupakan tempat perlindungan bagi para penjajah sebab itu pula terdapat bangunan Benteng Jepang. Baca juga artikel menarik lainnya: 7 Tempat Wisata Populer di Aceh Singkil

2. Pantai Lhok Geudong

image: twitter.com/iloveaceh
Suasana sunrise dan sunset di tanah rencong akan sangat memukau bila kamu berkunjung ke Pantai Lhok Geudong. Selain itu pepohonan kelapa hijau di sepanjang bibir pantai tentu saja menambah suasana damai. Wisatawan yang datang umumnya melakukan beragam kegiatan seperti berenang dan bermain di atas pasir putih.

3. Pantai Ujung Batee

image: limakaki.com
Tak kalah menarik dari 2 pantai di Aceh Barat di atas, ada pantai Ujong Batee yang berarti Ujung Batu. Letaknya hanya 17 km loh dari Banda Aceh dan tempat ini biasanya akan dilalui bila kamu menuju Pelabuhan Malahayati.

Sisi menarik dari Ujung Batee adalah garis pantai yang begitu panjang, selain itu, pasir-pasir yang berada di sekitar pantai memiliki warna agak kehitam-hitaman dan dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit. Baca juga: Pesona Danau Siais di Tapanuli Selatan

4. Pantai Suak Ribee

image: M Irawan Kusuma
Bencana tsunami beberapa tahun lalu menyebabkan perubahan besar terhadap kondisi geografis di Aceh Barat. Suak Ribee adalah salah satu contohnya, dimana dahulu pantai ini ditumbuhi oleh pohon kelapa namun sekarang tidak lagi.

PSuak Ribee amat terkenal bagi wisatawan kuliner dengan sajian kopi terbalik yang selalu diincar oleh pelancong baik dari dalam maupun luar negeri.

5. Pantai Batee Puteeh

Image: Muhammad Fazil
Banyak yang menyebut bila Pantai Batee Puteeh adalah yang terbaik dan paling indah di kawasan Aceh Barat. Hal itu terbukti dari beragam fasilitas yang tersedia begitu juga panorama alam bahari yang sungguh mengagumkan.

Penamaan Batee Puteeh tidak terlepas dari sebuah mitologi lokal yang menyebut jika dahulunya ada batu unik, warna putih dan selalu berkilau. Pantai ini tak pernah sepi terutama pada musim liburan. Baca juga: 7 Bandara di Sumatera Utara

6. Pantai di Sekitar Kecamatan Samatiga

image: antaranews
Di kecamatan yang berjarak sekitar 5 hingga 22 kilometer dari Meulaboh ini memiliki dua pantai eksotis, namun jarang dikunjungi oleh wisatawan yakni: Pantai Pantai Suak Geudeubang dan Pantai Lhok Bubon.

Kedua pantai tersebut sering dijadikan sebagai tujuan wisata memancing karena kaya akan sumber daya laut. Suasana asri dan damai di dua pantai di Kecamatan Samatiga ini bisa menjadi referensi wisata menarik bagi kamu yang ingin melepaskan penat dari keramaian.

7. Krueng Tutut
image: acehbisnis.co
Jaraknya memang paling jauh dari Meulaboh, sekitar 60 km. Tetapi Krueng Tutut memiliki potensi besar di industri pariwisata karena kekayaan alam memukau yang dimiliki. 

Tempat wisata di Aceh Barat memang menjadi incaran bagi wisatawan dari kota Medan, karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, objek wisata di atas punya view yang mengagumkan. Selain 8 destinasi tersebut, ada dua lagi yang cukup populer di mata wisatawan yakni Taman Nasional Gunung Leuser yang berada di dua provinsi dan dikenal sebagai salah satu jantung dunia. Salam Pesona Indonesia. (TE/PSN). 

10 Destinasi Wisata di Aceh Barat yang Memukau Reviewed by pariwisata SUMUT on January 13, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.