Widget HTML Atas

7 Tempat Wisata di Pangkalan Susu Terbaru & Wajib Dikunjungi

Pangkalan Susu merupakan salah satu kecamatan yang ada di Langkat dan juga cukup populer akan potensi wisata yang dimilikinya. Secara geografis, lokasi Pangkalan Susu berdekatan dengan Stabat, Brandan, Babalan dan Besitang sehingga wilayahnya cukup strategis. Jadi, berkunjung ke tempat wisata di Pangkalan Susu adalah satu pilihan menarik.
 
tempat wisata di pangkalan susu
image credit: ismail abdullah hasibuan
Kondisi topografi yang dibatasi perairan dan ketinggian wilayah yang hanya 13 meter di atas permukaan laut membuat wisata Pangkalan Susu terbukti bervariasi dan mampu menawarkan pesona alam yang beragam untuk tujuan berlibur.
 
Selain terkenal sebagai kawasan penghasil minyak bumi pertama di Indonesia, wisatawan masih punya beragam alasan untuk datang ke Pangkalan Susu. Jika berencana liburan dan mengeksplorasi kecamatan ini, berikut daftar referensi destinasi wisata terbaik di Pangkalan Susu.
 

Pantai Jigo

wisata pangkalan susu
image credit: instagram/agussssmaulana
Pantai Jigo adalah satu dari sekian banyak objek wisata populer di Pangkalan susu. Terletak di desa Pintu Air, pantai yang bersisian dengan Selat Malaka ini baru dibuka kepada khalayak. Kalau ditempuh dari Jalan Brandan - Jl. Teluk Kerang, jaraknya hanya sekitar 11 menit atau 6,4 km saja.
 
Tak jarang wisatawan lokal maupun luar penasaran akan pantai ini. Ombak yang terus bergerak dari laut ke pinggiran pantai tidaklah ganas, bahkan cenderung tenang. Karenanya, banyak aktivitas bisa dilakukan di sini. Belum lagi keelokan dan keasrian seluruh area memang perlu diakui.
 
Mengingat karakteristik alam dan suasana yang mendukung, tempat ini tentu menjadi spot berenang favorit. Kegiatan wisata ala pantai yang mengandalkan potensi bahari seperti bermain pasir dan berfoto dengan latar gambar laut juga aktivitas yang tentu mengasyikkan.
Alamat: Desa Pintu Air, Kec. Pangkalan Susu, Langkat Sumatera Utara.
Harga Tiket Masuk: Rp5.000/orang
Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB

Pantai Teluk Kerang

wisata pangkalan susu
image credit: youtube.com/dedek afdillah channel
Sejumlah pantai di daerah ini memang belum terekspos secara luas ke publik. Tak sedikit yang bisa dibilang tersembunyi dan luput dari perhatian wisatawan. Begitu juga Pantai Teluk Kerang, sudut pesisir laut yang belakangan mulai hits.
 
Sesuai namanya, tempat wisata ini berada di kawasan teluk yang tersembunyi. Dimana ketiga sisi daratannya seolah dikepung secara alami oleh perairan laut. Di sini, tidak ada pantai berpasir putih, lantaran hampir seluruh permukaan pantai tertutupi oleh batuan kerikil.
 
Berhubung air laut di sini tak jernih dan berwarna coklat muda. Maka pantai yang berada di Pangkalan Susu ini hanya dimanfaatkan wisatawan untuk melihat samudera luas dan merasakan tiupan angin sepoi-sepoi dan memandang jelaga langit biru nan indah.
Alamat: Desa Pintu Air, Kecamatan Pangkalan Susu, Langkat, Sumatera Utara
Tiket Masuk: Rp-
Jam Buka: 24 Jam

Pantai Kodok

wisata pangkalan susu
image credit: google.maps/estu ningsih
Melengkapi pembahasan mengenai Tempat Wisata di Pangkalan Susu selanjutnya, kita akan menuju Pantai Kodok. Sebuah cekungan yang terisi air dan membentuk sebuah danau atau telaga kecil. Pantai dengan air telaga berspektrum warna hijau semi toscha ini bisa dijadikan alternatif berlibur.
 
Pepohonan sawit yang tumbuh rapat di sekeliling membuat udara di tepian telaga selalu sejuk dan segar. Alhasil, bersantai di sini selalu bikin betah, apalagi kalau bareng teman dekat. Tak perlu khawatir lagi jika ingin mendatanginya saat cuaca sedang terik.
 
 
Di danau rawa yang tidak begitu luas ini anak-anak sering berenang. Bahagia rasanya mendengar gelak tawa dan senda gurau mereka. Tempat ini juga menjadi saran terbaik bila ingin berkemah dan menghempaskan penat usai sibuk bekerja dalam seminggu.
Alamat: Paya Tambak, Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat (Peta Lokasi)
Jam Buka: 24 Jam
Tiket: Gratis

Waterpark Sam Tirta & Kolam Renang

wisata pangkalan susu
image credit: m. imanuddin abubakar
Mencari wisata buatan yang ideal untuk rekreasi air? Waterpark Sam Tirta bisa menjadi oase tersendiri bagi yang butuh akan destinasi hiburan. Apalagi dengan wahana bermain dan juga berbagai fasilitas pelengkap yang ditambahkan pihak pengelola atraksi. Lokasinya mudah dituju, sebab water park bisa ditemukan di Jalan Paluh Tabunan, Tanjung Pasir, Pangkalan Susu.
 
Dari semua wahana yang disediakan, seluncuran dan kolam renang di Pangkalan Susu ini merupakan sensasi permainan yang jadi primadona. Hebatnya lagi, kolam dan wahana tersebut dapat digunakan semua usia, mulai anak-anak, remaja hingga dewasa.
 
Tumpahkan segala stress dan penat di waterpark ini. Jangan khawatir soal biaya, pasalnya semua area rekreasi sudah bisa dijajal hanya dengan membayar tiket masuk terjangkau. Persiapkan saja dana pembelian tiket sebesar Rp25.000. Setelah itu, nikmati segala keseruan yang ditawarkan.
Lokasi: Jl. Paluh Tabunan, Tanjung Pasir, Pangkalan Susu
Jam Buka: 08.10 - 17.10 WIB
Tiket: Rp25.000/orang

Tugu Tetesan Minyak

pangkalan susu
image credit: google.map/feliandro firmansyah
Air terjun di Pangkalan Susu memang sama sekali tidak ada. Tapi wisata bahari dan sejarah yang tersimpan sudah lebih dari cukup dijadikan alasan utama jalan-jalan ke ibukota kecamatan ini. Nah, supaya liburan semakin berwarna, satu lokasi yang wajib masuk itinerary adalah Tugu Tetesan Minyak.
 
Terletak di perbatasan Desa Alur Cempedak dan Telaga Said, Tugu Tetesan Minyak merupakan simbol kejayaan daerah Pangkalan Susu pada masanya. Perlu diketahui, kawasan lepas pantai kecamatan ini dikenal sebagai lokasi pengeboran minyak pertama di Indonesia yang dahulu ditemukan oleh Aeilko Jans Zijkler.
 
Tugu dengan tinggi sekitar 2 meter dari atas permukaan tanah tersebut memang terlihat ringkih. Tetapi tidak dengan sejarah yang menyertainya. Pengunjung juga dapat menjelajah tempat lain yang masih punya hubungan dengan simbol kejayaan tersebut. Seperti area Telaga Tunggal, Bukit Kunci, Bukit Sentang hingga Sei Lapan.
Lokasi: Alur Cempedak, Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara
Jam Buka: -
Tiket Masuk: Gratis

Warkop Pangkalan

cafe hits di pangkalan susu
Selain Bakso Ino, ternyata ada banyak tempat makan di Pangkalan Susu. Tak sekadar mengisi perut dengan makanan enak, tapi cafe dan pusat kuliner di kota ini bisa juga dijadikan tempat nongkrong bagi kawula muda maupun keluarga. Contohnya adalah Warkop Pangkalan.
 
Cafe ini tidak hanya menyediakan makanan yang enak. Desain dan interiornya pun mengikuti selera anak muda kekinian. Di warung kopi berlantai dua tersebut cocok menghabiskan waktu nongkrong bareng pasangan atau teman sepermainan.
 
Warkop Pangkalan ini memang menjadi pilihan pertama bagi yang hobinya wisata kuliner. Bukan cuma terkenal oleh makanannya yang super lezat. Di sini, ada fasilitas karaoke. Nah, lantaran terdiri dari dua lantai, pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan keramaian kota.
Lokasi: Bukit Jengkol, Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat.
Harga: Mulai dari Rp10.000
Jam Buka: 12.00 - 01.00 WIB

Pantai Berawe

wisata pangkalan susu
image credit: google.maps/okta via
Mengingat hampir semua wilayahnya berbatasan dengan lautdengan garis pantai yang cukup panjang, maka tak akan ada habisnya jika mengulas pantai di daerah ini. Terutama di Pulau Kampai yang memiliki ciri khas layaknya kawasan pesisir. Salah satu lokasi yang harus kita bahas yaitu Pantai Berawe.
 
Tak kalah memesona dari tempat lainnya, Pantai Berawe adalah pesona bahari yang sudah muncul sejak lama di semenanjung kecil ini. Di sini juga, atraksi ombak berkejar-kejaran dan kemudian terhempas di bebatuan yang seolah memecah kesunyian menciptakan ekostika tersendiri.
 
Pantai yang menyuguhkan panorama cantik ini akan semakin memukau ketika matahari tenggelam. Karenanya, waktu terbaik ke sini ketika sore telah tiba. sembari menanti sunset, pengunjung dapat melangkah ke area Tempat Pelelangan Ikan (TPI) untuk membelikannya sebagai oleh-oleh.
Alamat: Pulau Kampai, Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumut (Peta)
Jam Operasional: 24 Jam
Tiket Masuk: Rp3.000/orang
Itulah 7 rekomendasi tempat wisata di Pangkalan Susu yang pas untuk momen liburan paling berkesan. Wisatawan bahkan bisa mengunjunginya satu per satu secara estafet. Yuk, ajak orang terdekat ke berbagai spot pilihan yang sudah disajikan di atas.

Berlangganan via Email