Top Ad unit 728 × 90

4 Museum di Aceh yang Wajib Dikunjungi Penikmat Sejarah

-- --
Museum di provinsi Aceh menyuguhkan koleksi dari masa ke masa mulai dari peralatan hidup, adat istiadat, peninggalan sejarah, seni tradisional dan lainnya. Keberadaan museum tersebut merupakan sarana bagi para pelajar untuk lebih mengenal dan mecintai keberagaman Indonesia, sekaligus menjadi destinasi bagi para pelancong.

Museum di Aceh

Tidak hanya museum tsunami, di kota banda aceh terdapat beberapa museum yang seru untuk dijelajah lantaran memiliki koleksi dan arsitektur khas yang patut dikagumi. Berikut, tim Pariwisata Sumut ulas untuk Anda.

1. Museum Tsunami Aceh

museum tsunami
Paska tsunami pada 2004 silam, wajah Aceh berubah total dan menjadi pusat perhatian dunia kala itu. Untuk mengenang para korban dan menjadi pengingat atas kejadian gempa dan tsunami, maka dibangun Museum Tsunami Aceh yang terletak di Kota Banda Aceh.

Museum yang didesain oleh Ridwan Kamil ini nggak hanya ekteriornya saja lho yang berbentuk unik, tetapi bagian interior juga cukup menarik. Kalau sudah berada di dalam, kamu akan melihat setiap sisi ruangan yang diisi dengan beragam kisah terkait tragedi tsunami.

Lokasi: Jalan Sultan Iskandar Muda, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda.
 

2. Museum Negeri Daerah Istimewa Aceh

museum negri aceh
Museum ini berada persis di daerah ibukota provinsi dan menjadi museum terbesar di Aceh pada saat ini. Menyimpan koleksi peninggalan prasejarah, arkeologi, keramik asing, seni rupa, heraldic, naskah kuno, peninggalan nasional dan masih banyak lagi lainya. Museum Negeri Daerah Istimewa aceh sering dikunjungi oleh wisatawan terutama para pelajar.

Selain itu terkadang ada beberapa wisatawan internasional yang berkunjung untuk melihat koleksi kebudayaan Aceh dari zaman ke zaman. Selain lokasinya yang dekat dengan pusat kota, disekitar museum ini juga anda dapat berburu kuliner khas Aceh.

Lokasi: Jalan Sultan Mahmudsyah No.10, Peuniti, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh.
 

3. Museum Malikussaleh

museum malikussaleh via @ikramventura
Museum ini berlokasi di lhok Seumawe dan menyimpan koleksi yang sangat beragam lho!. Apa saja ya? nah di dalam gedung tersebut, traveler bakal terpukau dengan koleksinya, mulai dari heraldik, arkeologi, naskah kuno, peninggalan bersejarah, peninggalan kebudayaan dan masih banyak lagi.

Perlu diketahu, Malikulsaleh merupakan salah satu pemimpin kerajaan Samudera Pasai. Nama tersebut sengaja digunakan untuk museum yang dahulu dibangun dengan anggaran dana mencapai 7 miliar. Tujuannya, tentu mengenang jasa dari Malikulsaleh.
 
Lokasi; Desa Beuringen, Samudera, Kabupaten Aceh Utara.
 

4. Museum Sepakat Segenap

Museum ini berada di Kutacane, sebuah kabupaten yang masih dalam wilayah provinsi Aceh dan berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Utara tepatnya kabupaten Dairi. Museum Sepakat Segenap ini telah berdiri cukup lama sehingga menyimpan koleksi yang banyak seperti keramik asing, replika, peninggalan sejarah dan peninggalan seni rupa aceh yang terawat dengan baik.

Nah, bagi anda yang ingin lebih mengenal sejarah dan kebudayaan masa lampau Indonesia khusunya aceh, keberadaan museum diatas mungkin dapat mewujudkan keinginan anda.
4 Museum di Aceh yang Wajib Dikunjungi Penikmat Sejarah Reviewed by Pariwisata Sumut on 2/12/2017 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.