Top Ad unit 728 × 90

11 Tempat Wisata di Aceh Barat yang Memukau dan Wajib Dikunjungi

-- --
Aceh terdiri dari 23 kota dan kabupaten, tersebar di provinsi yang dikenal sebagai serambi mekah. Sebagai ujung dari Pulau Sumatera, provinsi yang mendapatkan predikat sebagai halal tourism ini memiliki beragam destinasi wisata menarik di setiap kabupaten termasuk Aceh Barat. Tempat wisata mulai dari laut, taman nasional, kuliner hingga budaya mudah ditemukan di Meulobah dan sekitar Aceh Barat. 

Dengan ibukota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat menyimpan beragam tujuan wisata yang sangat rugi bila tidak dikunjungi. Apalagi Aceh Barat berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Lalu apa saja tempat wisata populer dan ramai dikunjungi oleh wisatawan di Kabupaten Aceh Barat?

Tempat Wisata di Aceh Barat

Menarik dan instagenik, berikut adalah deretan destinasi wisata di Aceh Barat yang memukau dan patut untuk dikunjungi.

1. Pantai Ujong Karang (Kareung)

image: lihat.co.id
Wisata bahari memang menjadi andalan utama di kecamatan Johan Pahlawan ini, ada terdapat banyak pantai eksotis cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Ujong Kareung memiliki pesona berbeda, pemandangan didominasi dengan batu-batu karang yang terhampar di sepanjang pantai.

Tidak itu saja, wisata pantai di Aceh Barat yang bernama Ujong Karang punya nilai sejarah akan kemerdekaan Indonesia. Siapa sangka, Ujong Karang merupakan tempat perlindungan bagi para penjajah sebab itu pula terdapat bangunan Benteng Jepang.

Cukup membayar biaya masuk ke Pantai Ujong Kareung sebesar Rp5 ribu. Maka bersiaplah menikmati keindahan pantai khas di Meulaboh ini. Uniknya, pantai tersebut dibuka untuk umum selama 24 jam penuh.

Baca juga artikel menarik lainnya: 7 Tempat Wisata Populer di Aceh Singkil

2. Pantai Lhok Geudong

image: twitter.com/iloveaceh
Suasana sunrise dan sunset di tanah rencong akan sangat memukau bila kamu berkunjung ke Pantai Lhok Geudong. Selain itu pepohonan kelapa hijau di sepanjang bibir pantai tentu saja menambah suasana damai. Wisatawan yang datang umumnya melakukan beragam kegiatan seperti berenang dan bermain di atas pasir putih.

Daya tarik Lhok Geudong yang bercirikan pantai dengan batu karang membuat destinasi ini tidak pernah sepi peminat. Saat datang di sore hari, nikmatilah suasana sunset yang tak mudah terlupakan. Wisata laut yang masih berada di Meulaboh, Aceh Barat ini juga wajib dikunjungi.

3. Pantai Ujung Batee

image: limakaki.com
Tak kalah menarik dari 2 pantai di Aceh Barat di atas, ada pantai Ujong Batee yang berarti Ujung Batu. Letaknya hanya 17 km loh dari Banda Aceh dan tempat ini biasanya akan dilalui bila kamu menuju Pelabuhan Malahayati.

Sisi menarik dari Ujung Batee adalah garis pantai yang begitu panjang, selain itu, pasir-pasir yang berada di sekitar pantai memiliki warna agak kehitam-hitaman dan dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit.

4. Pantai Suak Ribee

image: M Irawan Kusuma
Bencana tsunami beberapa tahun lalu menyebabkan perubahan besar terhadap kondisi geografis di Aceh Barat. Suak Ribee adalah salah satu contohnya, dimana dahulu pantai ini ditumbuhi oleh pohon kelapa namun sekarang tidak lagi.

Suak Ribee amat terkenal bagi wisatawan kuliner dengan sajian kopi terbalik yang selalu diincar oleh pelancong baik dari dalam maupun luar negeri.Di pantai Suak Ribee, kamu juga bisa mencicipi minuman kopi yang dihidangkan dengan cara unik dimana gelasnya dibuat terbalik.

5. Pantai Batee Puteeh

Image: Muhammad Fazil
Banyak yang menyebut bila Pantai Batee Puteeh adalah yang terbaik dan paling indah di kawasan Aceh Barat. Hal itu terbukti dari beragam fasilitas yang tersedia begitu juga panorama alam bahari yang sungguh mengagumkan.

Penamaan Batee Puteeh tidak terlepas dari sebuah mitologi lokal yang menyebut jika dahulunya ada batu unik, warna putih dan selalu berkilau. Pantai ini tak pernah sepi terutama pada musim liburan. Baca juga: 7 Bandara di Sumatera Utara

6. Pantai di Sekitar Kecamatan Samatiga

image: antaranews
Di kecamatan yang berjarak sekitar 5 hingga 22 kilometer dari Meulaboh ini memiliki dua pantai eksotis, namun jarang dikunjungi oleh wisatawan yakni: Pantai Pantai Suak Geudeubang dan Pantai Lhok Bubon.

Kedua pantai tersebut sering dijadikan sebagai tujuan wisata memancing karena kaya akan sumber daya laut. Suasana asri dan damai di dua pantai di Kecamatan Samatiga ini bisa menjadi referensi wisata menarik bagi kamu yang ingin melepaskan penat dari keramaian.

7. Krueng Tutut

image: acehbisnis.co
Jaraknya memang paling jauh dari Meulaboh, sekitar 60 km. Tetapi Krueng Tutut memiliki potensi besar di industri pariwisata karena kekayaan alam memukau yang dimiliki. Obyek wisata di Kecamatan Sungai Mas ini menyuguhkan suasana laut yang berbatasan dengan tebing tinggi.

Alam nan hijau dan laut biru pun menjadi panorama yang menyejukkan. Sayangnya, Krueng Tutut masih jarang dikunjungi wisatawan. Padahal sangat cocok dijadikan untuk lokasi foto pre-wedding atau sekedar berlibur.

8. Lapangan Teuku Umar

lapangan teuku umar via

Nama pahlawan dari Provinsi Aceh ini diabadikan juga sebagai nama lapangan di Ibukota Aceh Besar yaitu Meulaboh. Selain difungsikan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan pemerintahan, Lapangan Teuku Umar juga dijadikan tempat hiburan dan lokasi perlombaan olahraga sepak bola.

Asiknya lagi, Lapangan Teuku Umar ini dekat dengan beberapa tempat kuliner di Meulaboh yaitu Muara Cafe, Sunrise Cafe dan Batavia Food Court sehingga banyak difavoritkan oleh warga setempat untuk tempat nongkrong.

9. Masjid Raya Baitul Makmur Meulaboh

masjid meulaboh via @dyanahirussita
Ikon pariwisata dari Kabupaten Aceh Barat ini berada di Jalan Imam Bonjol No 100 Drien Rampah, Johan Pahlawan dan merupakan bangunan mewah dan otentik. Dibangun paska tsunami, Great Mosque Baitul Makmur adalah tempat wisata religi di Aceh Barat yang menjadi kebanggaan masyarakat Meulaboh. Arsitekturnya unik dan terdiri dari beberapa lantai.

Ketika masuk ke dalam area masjid, Anda akan melihat sejarah dari pendiriannya. Keindahan ornamen dengan dominasi warna merah hati membuat masjid ini tampak begitu megah jika dilihat baik dari dalam maupun dari luar.

10. Danau Geunang Guedong

guenang guedong via @menengok_aceh
Satu-satunya wisata air tawar berupa danau di Aceh Barat yaitu Danau Geunang Guedong ini berlokasi di Desa Putim, Kaway 16 dan berjarak sekitar 17,2 kilometer dari Meulaboh atau 28 menit perjalanan.

Danau Geunang Geudong sejatinya masih asri dan belum dikelola. Keindahan Geunang Guedong terletak pada bunga-bunga Teratai yang tumbuh liar di atas permukaan air tawar. Pun bentuknya, menyerupai danau luas yang diapit oleh 3 desa sekaligus.

11. Tugu Teuku Umar

credit: @muksal_mina
Ingin menikmati wisata sejarah? wajib sekali mengunjungi Tugu Pahlawan Teuku Umar Johan yang lokasinya berada di Kuta Padang, Meulaboh dan tepat berada di kawasan pesisir. Di sini, berdiri sebuah Tugu berbentuk topi tradisional Aceh yang menjadi titik balik mengapa disebut juga Tugu Kupiah.

Kalau beranjak ke sisi laut dari Tugu Kupiah, Anda akan menemukan obyek wisata Batee Puteh (Batu Putih) yang tak kalah terkenal karena memiliki garis pantai pasir putih yang memukau.

Tempat wisata di Aceh Barat memang menjadi incaran bagi wisatawan dari kota Medan, karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, objek wisata di atas punya view yang mengagumkan. Selain 9 destinasi tersebut, ada dua lagi yang cukup populer di mata wisatawan yakni Taman Nasional Gunung Leuser di sisi Aceh Barat Daya. (TE/PSN). 
11 Tempat Wisata di Aceh Barat yang Memukau dan Wajib Dikunjungi Reviewed by Pariwisata Sumut on 1/13/2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.