Top Ad unit 728 × 90

7 Tempat Wisata di Kabupaten Padang Lawas

Berdiri sejak 2007 silam dengan ibukota Gunungtua, Kabupaten Padang Lawas memang tergolong masih muda. Meski demikian, ada beberapa objek wisata di kabupaten ini yang cukup populer bagi masyarakat lokal.

Bagi kamu yang ingin menikmati tempat wisata Kabupaten Padang Lawas, berikut adalah daftar yang dapat kamu jadikan sebagai referensi.

starberita.com
1. Aek Siraisan 
Berada di Desa Siraisan, Kecamatan Barumun, tempat wisata Aek Siraisan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, baik dari dalam maupun luar kabupaten. Pemandian alam ini sudah populer sejak lama, cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Aliran airnya yang cukup jernih membuat para pengunjung betah berlama-lama.


2. Candi Sangkilon
Berada di Desa Sangkilon, Lubuk Barumun, Candi Sangkilon merupakan salah satu objek arkeologi di Padang Lawas yang sering kali dijadikan sebagai lokasi penelitian terkait keberadaan agama Buddha di kawasan Tapanuli Bagian Selatan. Tetapi sayang, kondisi Candi Sangkilon jauh dari kata terawat. Padahal potensinya cukup besar untuk menarik minat wisatawan.


3. Candi Tandihat
Berlokasi di Desa Tandihat, Barumun Tengah, di kawasan candi ini banyak ditemukan peninggalan-peninggalan bersejarah seperti Arca Buddha, Arca Singa, Makara, Lapis dan Fragmen Bangunan. Berdasarka temuan lempeng prasasti emas yang memiliki ukuran 5x14 cm, Candi Sangkilon memiliki catatan sejarah yag cukup panjang, dibangun pada abad masehi ke 14.


4. Candi Sipamutung
Menyandang status sebagai komplek candi terbesar mencakup Padang Lawas dan Padang Lawas Utara dengan luas mencapai 100 ha. Bentuk candi ini tak jauh berbeda dengan Candi Brahu di Jawa Timur dan Candi Muara di Jambi.


5. Danau Gayambang
Berada di Ujung Batu, Sosa, Danau Gayambang memiliki luas sekitar 35 ha dan termasuk tempat wisata favorit bagi masyarakat Padang Lawas. Kalau dilihat menggunakan aerial foto, terdapat sebuah semenanjung yang masih dipadati oleh pepohonan sehingga tampak memukau. Para pengunjung biasanya mengelilingi danau ini dengan mengunakan transportasi air yang tersedia di lokasi.


6. Makam Ompu Parmata Sapihak
Berada di Desa Binabo Julu, Sabarimba, Barumun. Makam Ompu Parmata Sapihak adalah objek wisata sejarah terutama bagi mereka yang menyandang marga Daulay. Makam yang memiliki panjang mencapai 3 meter ini biasanya para peziarah.

instagram.com/abdulrahmanlbs
7. Aek Milas
Dibandingkan keseluruhan objek wisata Padang Lawas di atas, Pemandian Aek Milas jauh lebih ramai dikunjungi wisatawan dan memiliki fasilitas cukup memadai. Pemandian belerang ini cukup menarik, kamu dapat melihat langsung aliran sungai dan sumber mata air yang mengalir dari celah bebatuan. Lokasi Aek Milas terletak di Paringgonan, Kecamatan Ulu Barumun (RL/PSN).
7 Tempat Wisata di Kabupaten Padang Lawas Reviewed by pariwisata Sumut Net on July 09, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.