Widget HTML Atas

Kolam Renang Selayang - Tiket Masuk dan Fasilitas 2020

Tidak jauh dari sekitar Kampus USU (Universitas Sumatera Utara) Padang Bulan terdapat sebuah kolam yang bagus untuk berenang atau melakukan kegiatan rekreasi. Tempat wisata air bertipe indoor dan outdoor tersebut adalah Kolam Renang Selayang.

kolam renang selayang - image via kukuh prasteyo/googlemap
Baik weekday maupun weekend, banyak warga Medan memilih untuk mengunjungi Kolam Renang Selayang. Obyek wisata tersebut memang tak pernah surut oleh kehadiran pengunjung. Tak sebatas mahasiswa dan pelajar, bahkan tidak sedikit juga orang yang sengaja datang untuk mencuci mata.

Lantaran begitu familiar, kolam renang Selayang adalah salah satu kolam favorit yang disukai warga Medan. Popularitasnya tak perlu diragukan. Bukan cuma bisa menikmati wisata kolam saja. Jika tertarik, di sini juga tersedia pelatihan scuba diving bersertifikat.

Terbaru, jumlah kolam renang di Selayang sudah ditambah. Jadi sekarang ada 6 pilihan kolam dengan berbagai jenis ukuran dan kedalaman. Pun letaknya, terbagi lagi ke beberapa tipe yaitu kolam di dalam dan luar ruangan.

Bagi warga setempat tentunya kolam ini dirasa mampu menyegarkan pikiran saat liburan telah tiba.

Kolam Renang Selayang

kolam renang selayang medan
kolam indoor via @pariwisata_sumut
Selain menawarkan biaya masuk yang murah meriah, setidaknya ada beberapa alasan kenapa kamu bisa menjadikan kolam Renang Selayang sebagai spot berlibur. Apa saja pertimbangannya? Di bawah ini kami ulas selengkapnya untuk kamu.

Tapi jangan berharap akan menemukan wahana air di sini. Tempat wisata wisata di Selayang ini memang dirancang khusus untuk aktivitas renang saja. Meski demikian, sering juga diadakan beberapa perlombaan renang tingkat kota Medan maupun se-Sumatera Utara.

Tiket Masuk

kolam renang selayang
kolam renang selayang medan - image via partahi l.gaol/google map
Sebelum membahas tentang biaya masuk, kamu wajib menggunakan pakaian renang ketika berkunjung ke tempat wisata rekreasi air ini. Jika tidak, maka pengelola tak akan memberikan izin. Tenang saja, di sini tersedia sewa baju renang.

Harga tiket masuk Kolam Renang Selayang terdiri dari tiga tipe karcis yang nominalnya berbeda. Di luar dari biaya tersebut, wisatawan wajib merogoh kocek lagi untuk uang parkir yang dibandrol Rp1.000 s/d Rp3.000 per unit kendaraan.

Kategori tiket pertama adalah untuk dewasa dan wisatawan umum yang dibandrol Rp10.000 per orang. Sedangkan kedua khusus bagi anak-anak, biaya masuknya Rp10.000. Bagi pemegang kartu membership cukup menunjukkan bukti berupa kartu keangotaan kepada petugas atau karyawan yang bertugas di area pos retribusi.

Lokasi

Wisatawan bisa menemukan alamatnya melalui peta google yang sudah kami cantumkan di bawah ini dan menarik garis lurus menuju lokasinya yaitu di Jalan Dr. Manysur Nomor 71D, Padang Bulan I, Selayang, Medan, Sumatera Utara.



Jika ingin memakai kendaraan umum, kamu bisa mengambil angkot atau sudako yang trayeknya ke arah Universitas Sumatera Utara (USU).

Mengenai jam operasional, kolam renang Selayang buka dari pagi hingga sore hari. Tepatnya pada pukul 09:00 dan tutup pukul 19:00 atau jam 7 malam. Wisatawan bisa puas berenang karena tempat ini dipantau terus oleh pengelola dan life guard.

Baca Juga: Kolam Renang Sapadia Swimming Club

Fasilitas

Selain airnya bersih, alasan utama kenapa banyak anak muda menyukai kolam renang ini adalah karena fasilitas yang disediakan begitu lengkap. Kamu akan menemukan bilik bilas untuk ruang ganti pakaian, pondok kecil, kantin, kursi penonton.

Misalnya kamu membawa kendaraan seperti motor dan mobil pribadi, terdapat area parkir yang sangat luas. Kendaraan dijamin aman lantaran dikelola dengan baik. Lantas, bagaimana pula dengan area kolam renangnya?

Kolam Indoor

kolam renang selayang medan
kolam renang selayang medan

Kolam Renang Selayang memiliki jenis kolam renang indoor. Dengan atap yang melindungi para perenang dari terpaan sinar matahari secara langsung, area ini menjadi tempat yang nyaman bagi pengunjung dewasa.

Ukuran kolam indoor tersebut cukup luas untuk digunakan banyak orang demi mengasah hobi atau sekedar berenang. Meski tidak semua, tetapi sebagian besar area kolam sengaja ditutupi atap. Jadi Pengunjung tak perlu khawatir oleh jemuran matahari.

Menurut pengelola, kolam di dalam ruangan ini punya ukuran lebar 25 meter dan panjang 50 meter. Sedangkan kedalamannya mulai dari 1,5 meter hingga 5 meter. Seperti kolam olympic pada umumnya, area ini lebih cocok bagi orang yang sudah sangat mahir berenang.

Fasilitas di area indoor lebih mengesankan. Bahkan terdapat 2 buah papan lompat indah di bagian kanan. Tetapi fasilitas itu tidak boleh dipakai pengunjung dewasa karena hanya dikhususkan untuk para atlet.

Kolam Outdoor

kolam renang selayang
image via @yuspriadytambunan
Berikutnya adalah kolam outdoor, kedalamannya yang biasa-biasa saja yakni 1,5 meter sampai 2 meter. Sesuai namanya, kolam ini berada di bawah terik matahari. Cocok untuk kamu yang ingin tanning atau berjemur.

Kolam outdoor ini didesain dengan bagus. Semua bangunannya dirawat baik.Berbeda dengan kolam sebelumnya, ukurannya justru sedikit lebih kecil. Misalnya belum piawai menggerakan tubuh di dalam air, area ini menjadi fasilitas yang patut dipakai.

Air di Kolam Selayang berasal dari dari sumber PAM yang sudah dijamin kebersihannya. Meski ada mengandung kaporit, tetapi tidak terlalu bau dan nyaman ketika dimasuki. Hanya saja jangan berlama-lama, karena kaporit cukup reaktif terhadap kulit.

Area Anak-anak

kolam renang selayang
image source: instagram.com/sigit144
Terakhir, kolam renang anak di Kolam Selayang bisa dijadikan tempat rekreasi bagi anak-anak. Di area ini tersebar beberapa spot istirahat yang dapat dipergunakan oleh orangtua untuk memperhatikan anak-anak mereka bermain air.

Anak-anak bisa mengasah kemampuan sekaligus melepaskan penat dari tugas sekolah di kolam tersebut. Ketika mereka sudah agak bosan, ajak anak-anak mencicipi beberapa makanan dan minuman ringan ke kantin.

Keberadaan kolam khusus ini paling difavoritkan oleh anak-anak karena hanya memiliki kedalaman dari 30 cm sampai 55 cm. Selain bisa merasakan terapi air dan bermain dengan leluasa, anak-anak juga dapat beriteraksi dengan teman sebaya.

Ulasan tentang Kolam Renang Selayang di atas bisa kamu jadikan pedoman ketika ingin berlibur. Perlu diingat,  tiket masuknya mungkin bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Sudah berencana untuk liburan ke sini?

Berlangganan via Email