Top Ad unit 728 × 90

Parbaba, Pantai Pasir Putih di Samosir yang Menarik

-- --
Jangan langsung kaget kalau mendengar keberadaan pantai di danau. Sebab, hal tersebut bukanlah penampakan yang sulit dan langka jika traveler sedang menghabiskan rekreasi ke Pulau Samosir atau sekitaran Toba.

pasir putih parbaba via @ipungromadhon
Ya, endapan pasir paska Gunung Toba menunjukkan keperkasaannya memang menjadi daya magis yang menyokong potensi wisata di lingkaran geopark ini. Danau, bukanlah satu-satunya keindahan yang dapat disaksikan mata, tetapi pantai pasir putih hingga pulau di sekitar Samosir pun layak dijadikan tujuan berlibur.

Pantai Pasir Putih Parbaba

Berada di Desa Parbaba Dolok, Kabupaten Samosir dan tidak jauh dari Pangururan, Pantai Parbaba merupakan destinasi populer yang menarik bagi turis. Dengan biaya masuk yang murah dan dilengkapi penginapan, tempat ini layak diperhitungkan untuk tujuan rekreasi.

1. Uniknya Pantai Pasir Putih di Samosir

hamparan pasir
 Butiran pasir yang terhampar di bibir pantai kerap diburu oleh wisatawan, apalagi jika material batuan yang berproses akibat letusan gunung tersebut memiliki warna unik. Begitu pula dengan Pasir Putih Parbaba, pantai ini menyajikan warna tunggal yaitu putih lantaran bebatuan di kawasan Toba yang diketahui banyak mengandung zat kapur.

Namun, Parbaba bukanlah satu-satunya tempat yang menyajikan pantai berpasir putih. Masih ada Pantai Tandarabun di Simanindo, Sibolazi Beach juga Pantai Parparean di Porsea. Keempat pantai pasir putih ini cukup dikenal luas baik oleh wisatawan nusantara maupun luar negeri.

Pasir Putih di Parbaba terlalu menarik untuk dilewatkan, pasalnya jajaran pemandangan alam yang keren meliputi bukit dan perairan danau terlihat begitu kontras dan menawan. Lain lagi saat matahari berpendar, suasana sunset dan sunrise disini akan tampak anggun, menembus awan yang berarak di antara hijaunya pepohonan di seberang danau.

2. Kegiatan Asik di Pasir Putih Parbaba yang Wajib Dilakukan

banana boat via @edy_ps
Enggan rasanya berlibur ke tempat rekreasi jika tujuannya hanya duduk, diam dan kemudian pulang, bukan?. Namanya juga traveling, pasti butuh kegiatan ekstra menyenangkan untuk melampiaskan rasa jenuh.

Nah, aktivitas gratisan pertama tentu saja berenang. Ketika melihat air danaunya dari gerbang masuk, sulit dibohongi kalau hati langsung kepincut untuk segera menceburkan diri. Meskipun kamu bukan ahli atau masih tipe orang yang nggak tau cara berenang, pantai ini masuk ke dalam klasifikasi aman sehingga cocok untuk siapa saja. Pasalnya, dari jarak 40 meter ke tengah danau kedalaman airnya tergolong dangkal.

Disini, kamu dijamin nggak akan boring pasalnya pilihan wahana bermain yang tersedia cukup memuaskan. Mulai bermain air di atas banana boat, donut boat, odong-odong hingga naik kapal-kapalan yang dapat digunakan setelah membayar biaya sewa.

Puas merasakan riak air danau, saat tepat untuk menggelar tikar dan merebahkan diri di atas Pasir Putih. Alunan angin yang sendu akan seolah mengajak kamu terlelap dan merasakan harmoni indah si Pulau Debata.

Lantaran terbuka untuk umum, Parbaba pun dilengkapi fasilitas penting lainnya yang sangat dibutuhkan wisatawan yakni spot kuliner. Gak perlu bawa bekal dari rumah, cukup bawa uang saja dan beli disini karena ada banyak gerai makanan seperti Rumah Makan Minang Sikumbang yang tentunya halal.

Seraya mengitari pantai, singgahlah sejenak dan melihat-lihat isi toko souvenir. Mana tau tertarik untuk membeli cinderamata dan dibawa pulang untuk oleh-oleh berlibur.

3. Penginapan dan Hotel di Parbaba

hotel di parbaba
Jangan sungkan jika memilih pantai romantis ini untuk tempat berbulan madu. Sebab, Parbaba diapit beberapa sarana akomodasi seperti Hotel Raja Pasir Putih Parbaba, Villa, Lasfayer Homestay dan Hotel Parbaba Beach untuk tempat menginap. Kisaran harga kamarnya dibandrol mulai Rp300 ribu/malam.

4. Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Pasir Putih

Mudah dijangkau dan terpaut jarak 11,4 kilometer dari Pangururan yang memakan waktu perjalanan 27 menit.  Pantai ini terletak di Desa Situngkir, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Mengenai biaya masuk pengunjung, baik dari hari libur maupun biasa harga retribusinya cuma Rp5.000,-. Info pentingnya, wisatawan tidak diizinkan nih bawa tikar, jadi bisa sewa disini saja dengan biaya sewa bervariatif dari Rp60.000,-. Yuk, traveling ke Samosir! (an/psn)
Parbaba, Pantai Pasir Putih di Samosir yang Menarik Reviewed by Pariwisata Sumut on 7/27/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.