Top Ad unit 728 × 90

Pesona di Pantai Labu - Dari Bagan Serdang, Pantai Putra Deli hingga Ancol

-- --
Berencana habiskan moment liburan di Kecamatan Pantai Labu?

Tak salah lagi, Pantai Labu ialah tempat wisata yang indah dan punya sederet destinasi tersembunyi. Di luar Pantai Putra Deli, setidaknya masih ada beberapa spot destinasi lain lho yang jarang diketahui orang. Di antaranya Kampung Mangrove Bagan Serdang dan Pantai Ancol, mengesankan, bukan?

mangrove pantai labu - credit: fb/susanto
Nah, saatnya mengeksplorasi sederet obyek wisata di sekitar Bandara Kualanamu itu dengan menyusuri rangkaian pesona alamnya.

Pantai Labu

Pantai Labu merupakan kawasan destinasi wisata dengan luas 81,85km². Daerah ini terdiri dari 17 desa, 2 kelurahan dan terpaut jarak 16,4 km dari Lubuk Pakam.

1. Pantai Putra Deli

pantai-putra-deli-pantai-labu
credit: @alddyann
Lumayan untuk rileks, meski pantainya tak terlalu recomended untuk mandi lantaran air di sini keruh dan berlumpur. Mungkin, kondisi perairan seperti itu sudah jadi ciri khas dari kebanyakan pantai di daerah Sumut pesisir.

Angin di pantai yang mulai dibuka pada 2010 ini cukup kencang lho. Misalnya laut lagi kondisi surut, bisa cari kerang atau kepah. Cocoknya memang mancing doang sih. Atau memanfaatkan anginnya untuk main layangan.

Fasilitas untuk pengunjung seperti pondok dan warung kecil sudah tersedia. Berminat untuk bermain air? ada ban pelampung yang disewakan pengelola.

Update terbaru, biaya masuk ke Pantai Putra Deli besarnya Rp35 ribu per pengunjung. Mengenai lokasi, pantai ini terletak di Desa Bandar Kuala. Sering pula dijuluki pantainya Lubuk Pakam, karena cuma 30 menit kalau ditempuh dari kota itu.

Istimewanya, di Pantai Putra Deli ada sebuah danau kecil yang jernih dan cukup bagus buat berfoto. Dari gerbang masuk, jaraknya 100 meter. Nah, danau di Pantai Labu ini belum ramai dikunjungi karena cuma sedikit yang tau.

2. Desa Bagan Serdang

wisata-bagan-serdang-pantai-labu
desa bagan serdang - credit: silvia_hasugian
Pesisir Timur Sumatera meliputi Pantai Labu dan Percut Sei Tuan dapat dikatakan sebagai habitatnya pohon mangrove. Bahwasanya, hutan bakau tersebut bisa menciptakan potensi ekowisata menawan, jika dikelola baik di hari kemudian.

Salah satu spot yang sedang berkembang adalah wisata di Desa Bagan Serdang, pantai ini sudah ditanami pohon mangrove secara rutin. Dengan demikian, fungsi bakau untuk menangkis abrasi pantai dapat diwujudkan.

Rencananya, desa Bagan Serdang akan dioptimalkan untuk melestarikan lingkungan sekaligus tempat wisata terbaru di Pantai Labu. Di destinasi itu nantinya, akan sepenuhnya dipadati pohon mangrove layaknya hutan bakau.

Kegiatan penanaman bakau di Bagan Serdang sebenarnya sudah sering diadakan baik oleh pemerintah setempat maupun BUMN. Sinergitas antara instansi tersebut dengan masyarakat diharapkan mampu mendongkrak ekonomi rakyat dan pelestarian alam.

3. Pantai Ancol

pantai ancol - credit: darmawan saputra
Jika memasuki kawasan Pantai Labu, Ancol merupakan destinasi yang terlebih dahulu bisa dilihat. Amat disayangkan sih, dibandingkan tempat wisata di Pantai Labu lainnya, spot ini seperti sudah terlupakan.

Padahal, Pantai Ancol cukup berjaya di tahun 2011. Entah karena minus promosi atau kurang perawatan. Aksesnya juga sebenarnya lebih dekat, dari Kantor Camat Pantai Labu, hanya terpaut 700 meter untuk masuk ke area Ancol.

Kendala terbesar Kecamatan Pantai Labu ada pada kondisi jalannya yang kurang memadai. Padahal, selain ketiga tempat yang sudah disebutkan di atas, masih ada spot menawan lainnya. Tetapi kalau ingin mencoba pengalaman baru atau tertantang melihat, siapkan jadwal untuk berkunjung (sk/psn)
Pesona di Pantai Labu - Dari Bagan Serdang, Pantai Putra Deli hingga Ancol Reviewed by Pariwisata Sumut on 10/20/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.