Widget HTML Atas

Menara Pandang Simanindo - Salah Satu Sudut Tranquil Tao Toba

menara pandang simanindo - image via visitsamosir.com
Tiap lokasi menara pandang selalu dibangun di ketinggian. Tujuannya agar cakupan area point of view menjadi lebih luas. Sehingga pelancong dapat menyaksikan  panorama terbaik dari berbagai sudut.

Di Danau Toba misalnya, terdapat beberapa gedung tinggi seperti itu yang dibangun di atas punggung Bukit Barisan. Namun, Menara Pandang Simanindo yang jadi salah satu spot tranquil ala Tao Toba justru berbeda. Pasalnya, spot sekitar Pantai Langat tersebut sengaja didirikan cukup dekat dari danau terbesar di Sumatera Utara.

Menara Pandang Simanindo merupakan mercu tanda di Kab Samosir yang baru dibangun pada tahun 2017 lalu. Keunikan menara pandang Dugul Sinapuran ini terletak pada lokasinya sendiri. Menjulang di atas gundukan tanah menyerupai perbukitan kecil sejajar Pantai Langat. Dari Tomok ke sana, terpaut perjalanan sekitar 47 menit.

view dari menara simanindo - image via nurmia sinaga
Menara Pandang Simanindo terdiri dari 2 lantai dimana bagian atas difungsikan sebagai balkon. Memang tidak terlalu tinggi jika dibandingan dengan Tele. Ornamennya pun sederhana, namun menyisipkan unsur budaya Batak seperti terlihat pada warna cat yang digunakan yaitu hitam, merah dan putih.

Jika berdiri di atas lantai dua menara yang dibuat terbuka, sahabat PSN akan disuguhkan 4 sudut pemandangan, salah satunya mengarah ke huta (kampung) tradisonal Simanindo, jadi kita bisa melepas pandangan mata ke berbagai arah dan tak melulu terpaku ke Tao Toba.

Sudut lainnya tak kalah memesona, salah satu pulau kecil yaitu Pulau Tao yang ditumbuhi pepohonan hijau terlihat menawan. Kemudian terlihat juga Langat Beach atau Pantai Langat di kejauhan, yang merupakan destinasi terbaru terdekat dari Pelabuhan Penyeberangan Simanindo.

pantai langat - image via riando r sihaloho
Dari titik puncak ini, biasanya para pengunjung ngaso sejenak. Sebagian lagi duduk di atas kursi panjang yang sudah disediakan fasilitas-nya oleh pengelola sembari menenangkan mata dengan pemandangan cantik Tao Toba.

Selain merasakan sensasi unik menikmati alam dari ketinggian, keindahan pemandangan yang tersaji dari atas sering digunakan pengunjung untuk selfie atau ber-swafoto.

Meskipun dibangun pribadi oleh sang empunya, tidak ada tiket masuk ke Menara Pandang Simanindo sehingga pengunjung bisa menghemat bajet. Sepi di hari biasa, tapi kalau waktu libur nasional atau sabtu dan minggu, menara pandang ini akan disesaki wisatawan karena tempatnya tidak terlalu luas.

Objek wisata yang tranquil dan juga memiliki nama lain yakni Menara Pandang Dugul Sinapuren ini terletak di Desa Simanindo Sangkal, Kabupaten Samosir. Berjarak sekitar 26 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 43 menit dari ibukota Pangururan.

Berlangganan via Email