Top Ad unit 728 × 90

Butuh Perjalanan 7 Jam ke Tomok di Samosir, Tapi Bikin Terpukau!

-- --
tomok samosir destinasi populer di indonesia - image: @wisatajiwa
Kendati harus rela meringkuk di dalam bus selama 7 jam lebih untuk bisa sampai ke Tomok di Kab. Samosir. Percayalah, otot akan kembali renggang karena terpukau oleh keindahan desa di kaki Taman Hutan Raya itu. Sungguh destinasi lengkap.

Sebenarnya, sedia 2 opsi perjalanan dari Medan untuk sampai di Tomok Samosir. Pertama melalui Pelabuhan penyebrangan Ajibata, Parapat. Dan kedua lewat salah satu simpang jalan Dolok Sanggul - Sidikalang. Jadi, bisa pilih lokasi terdekat saja.

Desa Tomok Samosir

Tomok merupakan destinasi yang masuk kategori tertua di kec Simanindo, Samosir. Majunya industri pariwisata desa seluas 10,55 km ini dipengaruhi oleh banyak hal. Selain bauran wisata tradisional, Sebagian daerahnya berada dalam kawasan Taman Raya (botanical) Samosir.

Lantas apa saja tempat wisata di Tomok yang menarik sehingga tetap bertahan hingga sekarang?

1. Wisata di Tomok: dari Taman Hutan Raya hingga Belanja

Dari dermaga, perjalanan mengelilingi tempat wisata yang beragam di Tomok Parsaoran bisa dimulai. Ketika berada di sandaran kapal itu, sobat pariwisatasumut.net dijamin sudah terpukau melihat anak kecil yang begitu lincah berenang. Oleh turis, mereka dijuluki perenang koin di perairan Toba.

# Pemandangan Menarik dan Destinasi Belanja

pusat souvenir
Mengalihkan mata ke bagian puncak Timur Pulau Samosir, terlihat Taman Hutan Raya yang sekaligus benteng pemisah alami desa Tomok dan Ronggurnihuta. Sesekali, kabut tampak turun melingkupi dataran tinggi itu. Meliuk, kembali ke langit dan meninggalkan lereng hutan yang terpatri indah.

Sudah puas melihat panorama tersebut, pasar tempat jual-beli cinderamata adalah tujuan selanjutnya. Hanya berjalan 10 menit, sorak-sorai pemilik dan pedagang yang menawarkan produk mereka sudah menggema. Pasar ini, bentuknya seperti lorong memanjang. Meski nyaris tak ada lahan kosong, tapi pasar wisata ini tetap rapi

"Mau cari apa kak, bang? Ayo singgah lihat-lihat dulu baru beli," kata dari mereka sebagian. Logatnya khas, bahasa Indonesia versi Batak.

Jika ada barang yang dirasa lucu dan menggoda mata, jangan sungkan untuk dibeli. Matsih berlaku kok tawar-menawar. Gelang atau baju bertuliskan I Love Toba misalnya.

# Patung Sigale-Gale dan Makam Raja Sidabutar di Tomok

tempat-wisata-di-tomok
wisata di tomok - credit: @dinisharahap
Sekitar beberapa meter berbaris dengan turis. Saatnya melihat atraksi Sigale-gale. Tapi agar bisa masuk ke area tersebut, perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp10k. Nah, karcisnya jangan dibuang karena akan kembali diminta saat keluar.

Hiburan berbau budaya seperti Sigale-Gale memang jadi magnet sendiri. Utamanya bagi turis luar negeri yang minatnya lebih tinggi untuk melihat keunikan budaya. Sebab itu, hampir di setiap pementasan Sigale-Gale mereka akan mengisi deretan bangku penonton. Pun penyedia tour, selalu memasukkan spot ini dalam paket berlibur ke Danau Toba.

Jelang penghujung acara, akan diberikan waktu bagi yang mau ikutan manortor dengan patung kayu yang bisa menari tersebut. Agar makin keren dan lebih terasa Bataknya, akan diberikan ulos. Informasi tambahan, Atraksi ini bisa juga disaksikan di Tuktuk Siadong yang berjarak 10,8 kilometer (23 menit) dari Tomok.

sarkofagus di kampung sidabutar tomok - credit: @
Perjalanan terakhir yaitu berziarah ke makam raja dan melihat istana raja Sidabutar. Di lokasi, selalu ada tour guide lokal memberikan keterangan mengenai sosok raja Sidabutar lebih terperinci. Berikut, fakta-fakta lain yang masih berhubungan dengan silsilah dan kehidupan dari penguasa ini akan ikut dikisahkan.

Yang paling menangkap perhatian adalah situs sarkofagus di Samosir. Tersusun berbanjar dan terbuat dari batu yang sudah dipahat. Semua Sarkofagus ditutupi kain 3 warna yaitu merah, putih dan hitam. Jika trip di perkampungan ini sudah selesai. Bisa mencari kuliner atau restoran dulu untuk mengisi perut sebelum pulang.

2. Tiket Masuk dan Lokasi

Berikut titik koordinat lokasi pada peta


Terletak di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Selain naik kendaraan umum dan pribadi, menggunakan maskapai penerbangan juga bisa yaitu ke Silangit Aiport. Nanti, akan ada bus wisata yang mengantarkan ke tempat tujuan.

Tidak semua destinasi Tomok yang sudah disebutkan itu membutuhkan tiket, hanya ke atraksi patung menari dan sarkofagus. Lain dari itu, tidak dikenai restribusi. (an/psn)
Butuh Perjalanan 7 Jam ke Tomok di Samosir, Tapi Bikin Terpukau! Reviewed by Pariwisata Sumut on 10/28/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.