Top Ad unit 728 × 90

Menara Pandang Tele, Puncak Terbaik Menikmati Kepingan Surga Samosir

-- --
menara pandang tele | credit: @tobasamosirku
Dengan luas 1.130 km², maka taklah sulit menemukan spot keren di lingkar Danau Toba, bahkan selama di perjalanan menuju destinasi gigantic tersebut, teman Traveler bisa dengan mudah menyaksikan sederet pemandangan yang cukup menawan, salah satunya adalah Menara Pandang Tele di Samosir.

Bila ingin mengeksporasi Danau Toba, nama Menara Pandang Tele wajib dimasukkan ke dalam itinerary list. Selain menampilkan panorama alam mengagumkan, obyek wisata populer di Samosir, Danau Toba ini telah memiliki fasilitas rest area berkelas internasional yang menarik perhatian.

Menara Pandang Tele Samosir

Secara geografis, lokasi Menara Pandang Tele berada di Desa Lumban Pinggol Kecamatan Harian. Jika ke Pulau Samosir menggunakan transportasi darat, obyek wisata di punggung Bukit Barisan ini akan dilewati, posisinya berada di puncak sebelum menuruni jalan berkelok ke arah Pangururan.

1. Puncak Terbaik di Kepingan Surga

point view of lake toba | credit: @iwanvanwillan
Sebagai view point Danau Toba, Menara ini acap kali dijuluki sebagai lokasi terbaik untuk memandang keindahan si negeri indah kepingan surga. Ya, dari puncak menara yang terdiri dari empat tingkat dan dihubungan dengan tangga tersebut, Traveler bisa melihat ke segala penjuru, mulai dari jajaran perbukitan pinus yang mengitari Toba hingga permukaan danau di kejauhan.

Wajar jika banyak fotografer menyatakan jika Tele Samosir adalah tempat hunting foto terbaik di Danau Toba, sebab landskap di kawasan ini memang menarik untuk dipotret dari berbagai angel. Bahkan, tidak sedikit fotografer dari luar negeri yang mengagumi keindahan view point Danau Toba ini.

Baca Juga: Tempat Wisata di Danau Toba

2. Rest Area Kelas Dunia

tele rest area | credit: @wonderfullaketoba
Tingginya kunjungan wisatawan ke Menara Pandang membuat destinasi ini mendapat perhatian dari Kemepupr. Saat ini, sudah ada amenitas pariwisata berupa fasilitas rest area yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Rest area Menara Pandang Tele termasuk unik, hampir keseluruhan dinding dibuat dari kaca transparan sehingga pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Danau Toba secara langsung dari dalam ruangan. Sambil bersantai, sobat Traveler pun bisa mencipi beragam kuliner khas Batak.

rest area tele | credit: @wonderfullaketoba
Tak kalah menarik, rest area ini semakin menawan dengan fasilitas menawan, mulai dari tersedianya 2 buah mushola, balkon, 3 buah toilet untuk pria dan 5 toilet untuk wanita. Luas rest area Tele yang terdiri dari 2 lantai ini mencapai 214 meter dan memiliki kapasitas hingga 40 orang.

Baca Juga: Pesona Bukit Siadtaratas di Silalahi

3. Sejarah Menara Pandang Tele Samosir

menara tele | credit: @firaz_sumara
Menara Pandang Tele sebenarnya dibangun ketika Samosir masih menjadi bagian dari pemerintahan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) tepatnya pada tahun 1988 silam. Usai rampung dikerjakan, bangunan bercorak putih ini kemudian diresmikan oleh Drg G Sinaga yang kala itu menjabat sebagai bupati.

Dimekarkannya Tapanuli Utara menjadi 3 kabupaten yakni Tobasa dan Samosir otomatis membuat Tele masuk ke dalam wilayah Kabupaten Samosir. Namun, penyediaan fasilitas sekaligus pengembangan Tele baru dimulai pada 2018 lalu ketika Danau Toba dan "Negeri Indah Kepingan Surga" menjadi bagian dari skala prioritas pariwisata nasional.

4. Lokasi Menara Tele Samosir

view di sekitar | credit: @awanikhwan
Lokasi terbaik untuk memandang Danau Toba ini terletak di Turpuk Limbong, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Kalau dari Medan, maka rutenya adalah Kabanjahe - Sidikalang (Simpang 4) - Tele. Rute tersebut bisa ditempuh dalam 4,5 jam perjalanan dengan jarak sekitar 168 km.

Baca Juga: Taman Bunga di Medan

5. Tiket Masuk Menara Pandang Tele

Jika hanya ingin singgah sejenak dan menikmati pemandangan sekitar, biaya retribusinya gratis kok. Lain hal kalau teman Traveler ingin naik ke menara maka diwajibkan bayar Rp5.000/pengunjung. Cukup murah kan?

Dekat dari Menara Tele, Traveler juga bisa mengeksplor berbagai obyek-obyek wisata yang tak kalah menarik seperti Bonan Dolok dan Pusuk Buhit. (LN/PSN).
Menara Pandang Tele, Puncak Terbaik Menikmati Kepingan Surga Samosir Reviewed by Pariwisata Sumut on 4/29/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.