Widget HTML Atas

Bendungan di Namu Sira Sira Jadi Alternatif Wisata Alam

namusirasira/pantai tengah via emmi tia ginarti/fb
Pantai Pangkal atau Namu Sira-sira adalah obyek wisata favorit berupa bendungan dan pemandian alam (pantai) yang terletak di Sei Bingai.

Belakangan, Bendungan Namu Sira-sira jadi destinasi alternatif yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain menawarkan nuansa yang sangat alami, Sungai Sei Bingai yang merupakan andalan sektor pariwisata ini memiliki aliran air yang ekstra jernih dan rekomended untuk berendam.

Di kawasan Namu Sira-sira, terdapat banyak tempat wisata yang dapat dituju seperti Pemandian Alam Pantai Tengah, Jembatan Pangkal Ikonik, Bendungan Tua, Explore Sumatera Rafting Camping, camp Rapid Plus.

Namu Sira Sira

Dikemas sedemikian rupa sehingga tetap mempertahankan keindahan wisata alam, rata-rata destinasi di aliran sungai Sei Bingai menggabungkan kegiatan olahraga dan wisata yang siap memanjakan para pengunjung.

1. Lokasi Namu Sira-Sira

bendungan namu sira-sira /pantai pangkal
Namu Sira-sira dapat dijumpai di Jalan Perkebunan, Desa Durian Lingga, Kec sei Bingai, Langkat, Sumatera Utara (20771). Atau, supaya lebih mudah ke sana lihat: titik koordinat

Berjarak sekitar 38,1 km dari Kota Medan, Namu Sira-sira hanya perlu ditempuh sekitar 1,5 jam. Dan akan lebih dekat kalau ditempuh dari Kota Binjai lho! pasalnya dari sana hanya perlu 18 menitan untuk sampai ke tempat tersebut.

Sayangnya, kamu wajib memakai kendaraan pribadi nih. Pasalnya sampai sekarang belum ada transportasi khusus yang mengantarkan pengunjung ke desa Durian Lingga.

2. Tiket Masuk dan Jam Operasional

image via arie pencawan
Salah satu alasan mengapa Namu Sira Sira sangat disukai oleh wisatawan adalah tiket atau biaya masuk yang murah. Di mana lagi coba kamu bisa menikmati suatu destinasi hanya dengan retribusi Rp5.000 per pengunjung? ya di sini tempatnya.

Tambah lagi, pemandian alam yang begitu memesona ini dapat dikunjungi bersama keluarga mulai dari jam 08:00 hingga 17:00 setiap hari. Asik banget kan?

Sedangkn biaya parkir dibedakan berdasarkan tipe kendaraan, untuk mobil dikenai biaya parkir Rp50.000 per unit dan sepeda motor Rp15.000. Kamu bisa juga menyewa tikar untuk leseh-lesehan, per harinya dibandrol harga Rp45.000,-

Aktivitas dan Daya Tarik

Di balik itu, tempat rekreasi ini pun menghadirkan pemandangan serba asri dan sangat keren untuk difoto. Berikut adalah kegiatan yang seru dilakukan tatkala mengunjungi Namu Sira-sira dan sekitarnya.

3. Bendungan Namu Sira-sira

bendungan - image source: pandu bre depari
Aliran sungai Sei Bingei menyediakan tempat bagus, aman dan sangat nyaman bagi sahabat PSN yang ingin menghabiskan waktu berkualitas dengan orang tercinta. Karena sangat luas, Bendungan ini menyuguhkan pemandangan yang indah dan sedap dipandang mata.

Bendungan ini sendiri telah berusia cukup tua, dibangun sejak tahun 1986 dan selesai pada 1992. Nah, airnya digunakan untuk berbagai keperluan di berbagai lini kehidupan, termasuk pertanian sawah dan juga pariwisata. Namun, tidak dibolehkan masuk ke dalam ya, cukup lihat dari jalan sudah indah kok.

Wajar kalau orang berminat berkunjung ke bendungan, selain bersejarah, air yang keluar dari bendungan itu juga sangat jernih apalagi di di dalamnya banyak ikan-ikan. Efeknya, pengunjung pun bertambah banyak sehingga warga setempat membuka beberapa obyek wisata.

4. Pemandian Alam Namu Sira-Sira

pantai pangkal image via sasutris/fb
Di sepanjang aliran sungai itu terdapat pula banyak pantai atau pemandian alam. Beberapa diantaranya telah dikelola bagus dan dilengkapi fasilitas sederhana seperti pondok dan penyewaan ban.

Dijamin deh, kamu akan merasakan kesegaran air ketika masuk ke dalam pemandian alamnya. Tenang saja, sungai ini tidak terlalu dalam kok. Tipe sungainya memang melebar sehingga tak jarang pula ditemukan onggokan pasir putih seperti di pantai.

Berenang dan berendam adalah 2 aktivitas yang paling menarik untuk dilakukan. Jika ingin mencoba hal yang lebih menantang, kamu wajib mencoba olahraga rafting atau menjelajah perbukitan hijau di seberang sungai.

Kamu bisa memilih beberapa spot pemandian alam di tepi sungai Sei Bingei. Sebut saja Pantai Tengah yang cukup populer dan diminati oleh para pengunjung. Di sini, kamu bisa bakar-bakar ikan dan berendam sepuasnya.

Setiap tempat wisata di sana telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti penyewaan ban, pondok dan juga warung-warung kecil yang sediakan aneka makanan ringan. Bahkan, buah-buahan segar bisa dibeli di sini.

Berlangganan via Email