Widget HTML Atas

Ke Sipiongot, 5 Fakta Keren Dapat Ditemukan, Wisata Alam hingga Sejarah!

Apa yang terlintas di benakmu ketika menyebut "Sipiongot"?

Setidaknya, Sipiongot sendiri dapat diartikan ke dalam 2 hal. Pertama, Sipiongot merupakan sebuah desa terkenal di Sumatera Utara. Sedangkan yang kedua lebih condong ke istilah sarkas, ditujukan terhadap seseorang yang maaf, bersifat kolot atau kampungan.

Memang sekolot apa sih Sipiongot itu, sampai-sampai dijadikan guyonan? Apalagi bagi kalian yang berasal dari desa itu, sedikit banyak pasti geram. Gak enak lho dikata-katai tanpa sebab, bawa-bawa nama kampung pula, iya kan?

Jangan sepele deh, di salah satu desa di Kec. Dolok, yakni Sipiongot ini gak bakal susah cari tempat liburan. Mau atraksi seperti apa, pasti ada! dari pemandian, pemandangan alam rupawan hingga air terjun gampang ditemukan di wisata Sipiongot.

Perjalanan ke Sipiongot

sipiongot
sipiongot - image via yuyi wahyuni/fb
Lokasi Sipiongot secara adiminstratif terletak di ujung Kec, Dolok, Padang Lawas Utara. Okelah, jaraknya memang bikin sesak, dari ibukota kabupaten itu saja kita harus naik turun melintasi lembah selama 4 jam lebih, itu waktu normal ya. Misal ke sini bareng teman sok cantik yang teriak-teriak kalau lihat lumpur, wah sampai bulan jadi hitam pun gak akan sampai.

Akan tetapi, segala susah-payah itu bakalan dibayar lunas oleh panorama epik selama menuju ke Sipingot. Wisata potensial yang ada disini memang ibarat manikam, tersembunyi karena akses jalan yang lumayan parah sulitnya. Lagipula, tempat wisata yang cantik dan belum terjamah, biasanya ada di pedalaman, kan? Cocoklah buat penjelajah atau gemar berpetualang.

Sebetulnya ada dua rute pilihan ke Sipiongot, dari Paluta dan Tapsel, tapi paling umum digunakan adalah via Jalinsum dan Lingga Tiga, nanti akan melewati Desa Sibargot, Dolok Sigumpulon dan Naga Saribu yang belok-beloknya gak terhitung. Pokoknya gas aja terus kendaraan kalian, kalau ngadat tanggung sendiri.

Tempat Wisata di Sipiongot

wisata sipiongot
tempat wisata di sipiongot yang indah
Pada faktanya, desa terpencil di Sumut ini dikaruniai bentang alam yang luar biasa. Bahkan tiap sisi, dari selatan, barat, utara ke timur, tak henti memukau mata. Lekuk-lekuk geografis di tempat itu sangat potensial untuk dijadikan sebagai destinasi wisata Sipiongot.

Aliran sungai pun tak kalah unik, jernih tiada tara. Tambah lagi sungainya dibentengi panorama alam cantik yang membuat terhenyak. Lanskap hijau yang ditawarkan memberi kesan tak terlupa, sangat meneduhkan. Ikan air tawarkan di dalamnya kerap menjadi atraksi tangkap ikan yang dilakukan secara tradisional.

Sensasi bukit-bukit yang mengitari seperti Gunung Bartong, Tikka dan Sibonggaron kerap ditutupi gerombolan kabut tipis. Dari balik itu, indahnya nuansa matahari tatkala terbit dijamin bikin kalian tak segan untuk mengakui bahwa: "Sipiongot memang keren dan istimewa,".

Wilayah Marga Rambe Tua

image via @halaksipiongot/instagram
Tempo dulu, daerah Sipiongot menjadi bagian tanah ulayat marga Rambe. Hal itu dapat dibuktikan dari keberadaan marga Rambe yang mendominasi wilayah tersebut.

Dikatakan pula jika di Dolok, dulunya berdiri 3 buah kerajaan kecil, yakni Sojuangan, Huta Raja dan Parmeraan. Namun, Peralihan sistem setelah Indonesia merdeka, membuat kerajaan itu berubah, sehingga terbentuklah kecamatan Dolok dengan 86 desa/kelurahan yang kita kenal sekarang. Di mana, Sipiongot ialah ibukota yang didapuk.

Secara harfiah, kata "Sipiongot" memiliki makna lasikal. Jika disusur, namanya berasal dari hewan penyengat, yaitu tawon. Sedangkan secara verbal, bermula dari bahasa lokal "Sipaingot" yang berarti pesan, wejangan dan pengingat.

Air Terjun Sihorbo

air terjun sihorbo sipiongot - image via @saimasonang/instagram
Objek wisata pertama di Sipiongot adalah Air Terjun Sihorbo yang berada di Kampung Binanga.

Ketinggian air terjun bertingkat ini terbagi 2, di bagian landasan Air Terjun Sihorbo, curahannya membentuk palung berupa kolam yang cukup luas, berkedalaman sekitar 3 meter. Satu lagi di bagian hulu sungai, hanya saja tempat itu agak jarang dieksplor wisatawan.

Selain menghirup udara segar, di Air Terjun Sihorbo para pengunjung kerap mandi-mandi. Guyuran air di tengah kolam alami dengan kualitas air yang bersih dan dingin akan memberikan efek relaksasi, apalagi airnya masih murni dengan mineral tinggi.

Wisata di Sipiongot lainnya yang tak kalah untuk kalian eksplor diantaranya pemandian air jernih Parbottisan, air terjun Siranap, Pemandian Liang Lilu dan Sitabu-tabu. Tempat wisata tersebut, rata-rata menyajikan gambaran alam yang bernuansa hijau dan sama sekali belum terjamah.

Sekolah Peninggalan Belanda

Siapa menyangka, d balik kondisinya yang sering diidentikkan sebagai daerah terisolir, ternyata tempat ini sudah didatangi oleh Belanda pada tahun 1880 silam. Salah satu buktinya adalah Vervocschool, sebuah sekolah yang diwariskan kolonial.

Sayangnya, sekolah yang didirikan tahun 1919 itu dahulu diperuntukkan khusus, hanya terbatas bagi anak-anak Belanda dan keluarga raja saja. Bangunan fisik itu baru digunakan paska kemerdekaan. Merski beberapa kali dirubah namanya, gedung belajar tersebut masih kokoh hingga sekarang dan ikut mewarnai sejarah Sipiongot.

Berlangganan via Email