Widget HTML Atas

Deleng Kutu: Wisata Ketinggian di Desa Gurusinga

Deleng Kutu adalah sebuah gunung kecil yang terdapat di Desa Guru Singa, Kabupaten Karo dan berbatasan dengan Lingga Julu di sebelah utara, sisi barat Desa Kaban dan Berastagi di sisi selatan. Bukit berhutan lebat ini sendiri memiliki ketinggian 1.400 mdpl.

deleng kutu
deleng kutu - image via firdaus /@yansen.simatupang
Deleng Kutu mungkin tidak termasuk idolanya pendaki profesional. Selain namanya jarang dikenal, ketinggian bukit yang hanya 1000-an meter pun bisa jadi alasan pertama kenapa wisatawan enggan mengeksplor tempat tersebut.

Info terbarunya, objek wisata di Desa Gurusinga tersebut kini mulai berbenah dan siap dijadikan sebagai tempat berlibur. Meskipun belum rampung 80%, tetapi dengan ekosistem alami yang dimiliki, pengunjung sudah bisa menemukan beberapa spot menarik yang dibangun oleh warga.

Kegiatan turisme di Deleng Kutu berfokus pada pemandangan alam yang diselaraskan dengan spot berfoto. Tak sampai di situ saja, kawasan di kaki bukit Desa Gurusinga tersebut juga turut diperindah dengan kebun agro dan tanaman bunga.

Objek Wisata Deleng Kutu

Baik jalur pendakian maupun objek wisata di lereng gunung ini sementara belum terdapat harga tiket masuk sebagaimana umumnya destinasi lain. Hanya mengeluarkan biaya penitipan kendaraan saja. Bagaimana penampakannya? Simak langsung ulasan berikut yuk!

1. Tawarkan Pemandangan Kota

deleng kutu desa gurusinga
pesona alam di desa gurusinga - image via instagram/rugos.squad
Objek wisata pertama di Deleng Kutu paling mudah diakses adalah gardu pandang yang ditata sederhana. Setibanya di area ini, pemandangan 180 derajat ke arah 2 kota terbesar di Kab. Karo dapat dilihat secara istimewa tanpa harus menggunakan teropong.

Kendati posisinya tidak terlalu tinggi, pemandangan sangat bagus dari sudut lereng bukit ini, terutama saat langit sedang cerah. Nyaris semua yang ditawarkan alam bisa disaksikan. Mulai dari lahan sawah sedang menguning hingga barisan rumah masyarakat di seberang terpantau dengan jelas.

Panorama 3 buah gunung di kejauhan juga ikut berperan sebagai latar belakang bagi keindahan Bukit Kutu. Karena berada di zona aman, view spektakuler Gn. Sinabung di baliknya dapat terjangkau oleh mata.

2. Spot Bergambar di Bukit Kutu

deleng kutu
keindahan deleng kutu - image via fb/misnintalit tarigan
Lanskap yang harmonis dengan lingkungan alam sekitar membuat Bukit Kutu memiliki banyak keistimewaan. Demikian pula spot untuk mengambil gambar, nyaris setiap titik di bukit ini memanjakan hasrat pecinta fotografi luar ruangan.

Wana berfoto yang tersedia memang tidak semeriah puncak relokasi siosar. Tetapi background alamnya sudah lebih dari cukup untuk memesonakan pelancong. Jika masih kurang, silahkan berjalan atau bersepeda santai di sekitar lereng Deleng Kutu untuk menemukan spot epik lainnya.

Bila dirasa sudah cukup lelah, cobalah untuk merebahkan badan di atas kursi bambu yang letaknya dibuat menghadap kota Kabanjahe. Sembari menikmati semangkuk seduhan kopi, tak masalah jika beristirahat sejenak sebelum menutup perjalanan hari ini.

3. Mendaki Deleng Kutu


Jika Anda tertarik dengan geologi, melakukan pendakian ke puncak Deleng Kutu merupakan kegiatan terbaik untuk menjelajah pemandangan hutan yang belum terjamah. Apalagi bukit yang menawarkan jalur pendakian bagi pemula ini masih jarang didatangi.

Pendakian 2 jam ini akan menyenangkan. Karena Anda akan merasakan sensasi menerobos jalur yang terkadang sudah tertutupi oleh rumput dan pohon liar. Medannya tidak berat, tetapi kemiringan topografinya tak boleh dipandang sepele, selalu wajib berhati-hati.

Pilar di bagian puncak Deleng Sekutu menjadi pertanda bahwa pendakian sudah sampai ke titik paling atas. Dari ketinggian Desa Gurusinga ini, pemandangannya tak jauh berbeda dibanding yang ada di kaki bukit. Tapi lebih luas dan syahdu.

Walau tidak ada aura mistis, tetapi warga lokal sering keluar-masuk hutan ini untuk mencari tumbuhan atau tanaman yang diolah lagi untuk ramuan tradisional. Bila beruntung, Anda bisa berpapasan dengan mereka selama mendaki.

Menuju Lokasi

Anda dapat menjangkau area kaki bukit dengan motor dan mobil. Namun jika ingin mendaki ke puncak tertinggi, tentunya harus trekking ke bagian pilar utama. Lokasi Deleng Kutu sendiri berada di Desa Gurusinga, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumut.

Dari arah kota, perjalanan ke objek wisata ini sekitar 18 menit, dengan panjang lintas perjalanan kurang lebih 3,4 kilometer. Supaya lebih memudahkan akses ke sana, silahkan lihat titik koordinat di sini. Wisata ketinggian ini cocok juga untuk tempat liburan keluarga.

Berlangganan via Email