Widget HTML Atas

8 Potret Siosar dan Puncak 2000 Terkini yang Semakin Hits!

Ingin melihat keindahan Gunung Sinabung dari ketinggian? maka Siosar adalah destinasi terbaik untuk menyaksikan fenomena alam di Tanah Karo tersebut. Meski semula daerah ini dikhususkan bagi para pengungsi, namun tempat wisata yang dimiliki yaitu Puncak 2000 sukses menyedot perhatian traveler.

siosar bukit 2000
siosar bukit 2000 via @joko_hidayati
Gumpalan awan dan pepohonan hijau menuju tempat wisata di Siosar menjadi penghantar perjalanan yang menyenangkan, Rerumputan di sepanjang sisi jalan menghampar indah hingga ke titik puncak 2000. Di sini, beberapa bangunan unik dan cafe berjejer rapi, dua spot yang paling menarik adalah Zia Coffee dan Madu Efi.

Mengingat kembali awal terbentuknya Siosar, tentu kita belum lupa bagaimana hebatnya erupsi Gunung Sinabung beberapa tahun silam. Akibat kejadian tersebut, semua penduduk yang berada di zona merah terpaksa diungsikan ke berbagai lokasi.

Siosar merupakan pusat relokasi tahap 1 yang pertama kali disiapkan oleh pemangku kebijakan. Kurang lebih 900 unit rumah di bawah Bukit 2000 sudah dibangun dan dijadikan tempat tinggal para pengungsi. Selain itu, didirikan juga tempat ibadah, gereja, masjid, sekolah dan sarana publik lainnya.

Para pengungsi dari kaki gunung Sinabung tidak dibiarkan begitu saja. Mereka pun dibekali berbagai pengetahuan agar tetap bisa melangsungkan hidup. Termasuk memberdayakan potensi pariwisata yang tersimpan, yakni keindahan puncak bukit di Siosar sekarang sudah semakin hits.

Siosar

Siosar berada di ketinggian 1.491 meter di atas permukaan laut sehingga sering disebut Negeri di Atas Awan versi Kabupaten Karo. Di depannya, berdiri megah barisan pegunungan Bukit Barisan. Bukit-bukit kecilnya juga tampil prima dengan menyuguhkan panorama hijau membentang sejauh mata memandang.

Lokasi

siosar
image via @binka.san
Belakangan, Siosar bisa diakses dari berbagai titik, setidaknya ada 2 buah rute jalan utama yang dapat digunakan untuk sampai ke sana. Yakni melalui Kabanjahevia Desa Kacinambun dan terakhir via Merek yang nantinya melewati Pertibitembe.

Alamat Siosar terletak di perbatasan Karo dan Dairi. Tepatnya di Pertibi Lama, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Apabila ingin ditempuh dari Kabanjahe, jaraknya hanya terpaut 20,3 km (40 menit perjalanan). Sedangkan dari Medan sendiri sekitar 3 jam.

Satu hal yang membuat orang selalu menjadikan Siosar sebagai tempat rekreasi yakni kondisi jalannya yang memang sangat optimal. Kecuali 200 meter ke Puncak 2000 yang sedikit berkelok-kelok dan menanjak. Meski tidak terlalu berbahaya, setidaknya pengunjung wajib berhati-hati tatkala melewati rute tersebut.

Tiket Masuk

Tidak ada biaya retribusi bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Bukit 2000 dan Siosar. Namun, beberapa obyek wisata di sekitarnya yang dikelola oleh perseorangan mungkin memberlakukan tiket masuk tersendiri. Tarifnya sekitar Rp15.000 per orang.

Di bagian puncak Bukit 2000, cafe yang berderet menawarkan menu makan dan minuman. Seperti Zia Coffee, desain cafe ini cukup instagenik lantaran ditata seperti rumah kerucut. Kamu cukup mengeluarkan biaya makan saja kalau mau berfoto di tempat ini.

Baca Juga: Penginapan di Kabanjahe

Tempat Wisata di Siosar

Sembari menunggu sinar keemasan di Bukit 2000 yang menyulap lembah Kacinambun bersepuh keindahan memesona. Banyak hal menarik dapat wisatawan lakukan, seperti mengunjungi beberapa tempat wisata di Siosar berikut:

Zia Coffee

cafe dan vila di siosar
zia coffe, cafe dan vila di siosar
Kontur alam yang menyerupai tempat bermain teletubies bisa disaksikan dari salah satu cafe favorit di Siosar yaitu Zia Coffee.

Di Zia Coffee, kamu bisa menghirup udara segar dan mengamati panorama alam yang membentang. Uniknya lagi, di sini terdapat sebuah bangunan yang dihias dengan kincir angin, spot tersebut sering kali dijadikan latar berfoto selfie oleh pengunjung.

Zia Coffe adalah tempat nongkrong yang asik dan menyenangkan. Pasalnya, cafe ini dirancang menawan dengan bentuk segitiga, berdinding kayu dan kaca sehingga tampil beda dengan spot kuliner lainnya. Letaknya strategis lantaran berada di sisi jalan sebelum sampai ke relokasi.

Cafe tersebut tidak hanya menyajikan aneka kuliner saja. Bagi pengunjung yang tertantang menikmati alam yang memesona, disediakan juga beberapa permainan. Sebut saja motor ATV yang bisa disewa per jam untuk mengelilingi bukit.

Bagi sahabat PSN yang ingin bermalam, terdapat vila di Siosar yang posisinya bersebelahan dengan Zia Coffee. Konsep penginapan tersebut cukup unik, di mana rata-rata bangunannya meniru arsitektur rumah Belanda. Selain nyaman, harga per malam vila tersebut tidak terlalu mahal.

Puncak 2000

bukit 2000
pemandangan malam puncak bukit 2000 dari zia coffee
Puncak 2000 merupakan salah satu ikon sekaligus tempat wisata di Siosar yang bahkan sudah ada sebelum pusat relokasi di Kabupaten Karo ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Meski bukit ini tidak terlalu, tetapi pesona yang diperlihatkan sangat menakjubkan, baik siang maupun malam hari.

Pecinta fotografi biasanya menjadikan Puncak 2000 untuk spot berburu foto Gunung Sinabung. Ketika tim Pariwisata Sumut Net mengunjungi bukit ini sekitar tahun 2015. Pemandangan yang ditawarkan memang luar biasa indahnya. Jika gunung tertinggi di Karo itu sedang erupsi, kita bisa membidik lanskap alamnya secara sempurna.

Perdu hijau menyerupai savana menjanjikan kedamaian tersendiri yang menjamah Puncak 2000 ini. Seiring bergantinya jam, langit sore yang memerah akan merangsak dan mengubah pemandangan sekitarnya dengan balutan cahaya matahari tatkala terbenam. 

Relokasi Siosar

siosar
relokasi siosar
Tujuan wisata lain yang tak boleh dilewatkan adalah Relokasi Siosar. Pemukiman ini seperti komplek perumahan yang dibentengi oleh perbukitan. Lantaran terletak di bawah bukit, kita bisa leluasa menyaksikan panorama ke berbagai sisi.

Warga yang tinggal di relokasi pengungsi Sinabung ini juga sangat ramah kepada setiap pengunjung. Selain bercocok tanam, mereka juga membuka beberapa usaha yang mendukung pariwisata Siosar. Seperti berdagang makanan dan menjual cemilan ringan.

Tips Saat Mengunjungi Siosar
Sebelum berangkat, ada beberapa tips yang direkomendasikan Pariwisata Sumut Net bagi kamu agar momen liburan semakin menyenangkan.
- Gunakan kendaraan pribadi dengan kondisi prima karena tanjakan menuju puncak bukit 2000 lumayan menanjak. Pastikan lampu penerangan yang dimiliki kendaraan juga dalam kondisi hidup.
- Tak perlu bawa makanan dan minuman karena di sini banyak warung untuk bersantap. Setidaknya dengan cara ini kamu juga membantu roda perekonomian masyarakat sekitar.
- Kalau mau camping di puncak 2000, bawa perlengkapan tenda sendiri.
- Jika ingin berfoto di cafe bukit Siosar, akan lebih baik jika memesan menu.

Bagaimana? sudah terbayang akan keindahan yang akan ditemukan mana kala main-main ke Siosar dan sederet wisata sekitarnya? yuk berangkat!

Berlangganan via Email