Widget HTML Atas

Pulau Seurudong, Pantai Wisata di Sawang yang Terbagi Dua

Sawang ialah kecamatan di Aceh Selatan yang perlu dipantau. Sebab dari 15 desa (gampong) di dalamnya, Kecamatan Sawang punya keindahan tersembunyi. Bila ingin membuktikan, dolan saja di pantai yang bikin lupa daratan yaitu Pulau Seurudong.

pulau seurudong
Pantai di pulau seurudong - image via googlemap/imamadamy
Dipagari oleh laut, Pantai Seurudong adalah tempat wisata di Gampong (Desa) Sawang Bau yang menjadi elok karena memiliki sebuah pulau kecil terpisah di bagian utara bernama Pulau Seurudong. Bagi yang suka destinasi alami, kedua tempat ini wajib didatangi.

Menapaki tempat tersebut secara bersamaan akan membuat liburanmu sangat mengesankan. Ini dia ulasan lengkap tentang pulau dan pantai Seurudong.

Lokasi Pantai Seurudong

Untuk menuju ke lokasi ini dari Tapak Tuan memang tak begitu jauh. Cukup berkendaraan selama 39 menit saja sudah tiba di Desa Sawang Bau. Minusnya, transportasi umum agak jarang. Karena itu pula sebagian pelancong lebih memilih ke sana dengan transportasi pribadi. Toh perjalanannya cuma 26 kilometer saja kok.

Semua warga di Sawang sudah hapal luar kepala dengan pantai ini. Tapi perlu kalian ketahui juga kalau jalan ke Pantai Seurudong sendiri tidaklah mudah dijangkau karena melalui bukit dan tanjakan bebatuan. Jika masih bingung dengan aksesnya, tinggal tanyakan saja kepada warga.

Dari pemukiman penduduk, seenggaknya harus berjalan sekitar 17 menit lagi supaya bisa tiba di objek wisata Kecamatan Sawang ini. Biasanya pelancong berhenti sementara di areal bukit dan memandangi pulau sebelum turun ke pantai.

Tiket Masuk

Tiket untuk memasuki wisata Pantai Seurudong sepenuhnya gratis. Hal inilah yang menjadikannya pernah populer di tengah traveler pada tahun 2005. Namun akibat pergolakan lokal, eksistensi tempat ini sempat meredup.

Harga Masuk Pantai Seurudong
Tiket normal Gratis

Bila sudah kembali ditata ulang, kemungkinan akan dipungut tiket retribusi. Untuk sementara kita bisa menikmatinya secara cuma-cuma. Hanya perlu biaya pribadi untuk membeli bekal atau minuman karena di sini belum ada fasilitas tersebut. 

Baca Juga: Pulau Kalimantung

Keindahan Pantai Seurudong

Keindahan utama di wisata Pantai Seurudong yang sangat disukai oleh pelancong adalah keaslian alamnya. Kondisi ekosistem pulau dan pantainya terjaga baik. Terdapat terumbu karang yang berkeliaran di area bawah laut kawasan ini.

Sebab itu pula, stake holder Kecamatan Sawang meminta agar pemangku mau untuk menata ulang kawasan wisata tersebut karena dianggap sangat potensial. Dengan cara itu pula, diharapkan bisa membuat citra wisata Pulau Seurudong semakin populer ke depannya.

1. Berkeliling di Pulau Seurudong

pulau seurudong
Image via instagram/adeputr4

Diameter Pulau Sureundeung hanya memiliki luas 14 m. Sedangkan bentuknya sedikit kerucut dan memanjang ke atas, komposisi pulaunya adalah bebatuan padat dengan sedikit tanah. Jaraknya dari pantai hanya 23 kaki.

Tak sekadar menengok dari jauh, wisatawan dapat mendekati pulau unik di Gampong Sawang Ba'u tersebut dengan mudah. Caranya tak melulu berenang, tunggu saja laut surut. Kalian pun bisa langsung menyeberang bersamaan dengan turunnya permukaan laut.

Sementara berada di dekat pulau, mengambil foto jangan sampai terlupakan. Arahkan kameramu ke sisi bukit yang menaungi Pulau untuk dijadikan latar foto istimewa. Dengan air pantai yang jernih seperti kristal, tak sulit mendapatkan gambar istimewa.

2. Pantai dengan Hutan

pantai seurudong wisata sawang
Salah satu tempat wisata di Sawang - image via akmal khan
Pantai Seurudong ini menjadi begitu khas dengan pesona hutannya. Bahkan di atas pulau tumbuh pohon alami dan rumput liar. Semua panorama yang ditampilkan oleh alam terlihat memukau meski tanpa polesan.

Spot wisata di Kec. Sawang tidaklah dihuni warga, namun sebagian lahan mereka pakai sebagai tempat bercocok tanam. Jangan khawatir, mereka tetap menjaga kelestarian alam di seluruh area dengan tidak mengeksploitasi secara berlebihan.

Hutan di kedua sisi daratan yang terbagi itu didiami oleh moluska dan burung. Sambil berinteraksi dengan petani sekitar, pengunjung bisa mengamati burung yang bolak-balik terbang indah di atas permukaan laut.

3. Rumah Bagi Penyu Laut

pantai seurudong wisata di sawang
Pulau seurudong jadi salah satu wisata di sawang image @hendy_pratama.sj
 Di Seurudong, pantai dan pulau jangan dianggap enteng. Inilah rumah bagi ratusan penyu yang hendak bertelur.

Sudah bukan rahasia jika penyu selalu mencari tempat bertelur ke pantai berpasir yang tersembunyi dan sukar ditemukan manusia. Selain hal tersebut, kehadiran para penyu juga memang tak lepas dari sehatnya suatu ekosistem laut.

Alhasil akan menjadi pengalaman berharga seandainya bisa menyaksikan kura-kura laut itu, bukan? Cobalah menyelam di dekat pulau, sekawanan penyu hijau yang tangkas akan terlihat berenang indah dengan tungkainya.

Berlangganan via Email