Top Ad unit 728 × 90

Kalimantung, Pulau Indah di Pesisir Tapteng yang Hits dan Instagenic

-- --
kalimantung island - via @reginarosalia
Membahas wisata Sibolga dan Tapteng tidak akan ada habisnya. Mungkin, kamu yang ingin liburan kesini sudah sering mendengar Mursala? Namun perlu diketahui, bahwa masih ada destinasi lain yaitu Pulau Kalimantung Na Menek yang dipastikan membuat siapapun akan jatuh hati.

Tersembunyi diantara laut yang membentang, Kalimantung seperti pulau tanpa batas horison. Birunya langit pun seolah menyatu dengan air laut yang jernih. Pun nyiur kelapa yang berbaris di tepi pantai berpasir putih semakin menambah sisi instagenic.

Pulau Kalimantung Na Menek

Berada di Desa Tapian Nauli I, Tapanuli Tengah dan berjarak tempuh sekitar 2 jam dari Kota Medan. Kalimantung, daratan yang tidak berpenghuni sebenarnya terdiri dari 2 pulau yakni Na Menek dan Na Godang.

1. Destinasi Andalan Tapteng yang Hits

via: @aldo_tobing
Dibandingkan Pulau Putri yang sudah terkenal lebih dahulu, memang Kalimantung baru beberapa tahun terakhir ini mulai disorot oleh traveller. Bahkan wisatawan dari luar provinsi pun sudah banyak mengeksplorasi karena terpikat akan foto-foto Kalimantung yang begitu indah.

Sebagai salah satu dari puluhan pulau di Tapanuli Tengah yang keren dan memikat banyak pengunjung. Tempat wisata ini sedang hits-hitsnya dan jadi tujuan pertama bagi wisatawan yang ingin berlibur ke kawasan pesisir Sibolga maupun Tapteng. Meski sampai sekarang sama sekali belum tersedia akomodasi penginapan.

Namun tidak adanya penginapan atau bungalow justru menjadikan Pulau Kalimantung lebih spesial lantaran dapat menjaga kelestarian alam dan ekosistem laut di pulau yang banyak ditumbuhi terumbu karang tersebut.

2. Kegiatan Asik di Kalimantung

pulau kalimantung - credit: @aldo_tobing
Karena harus melewati laut, maka wajib menggunakan kapal sewa ke lokasi. Bisa naik kapal kayu atau speed boat dengan harga rental bervariatif. Umumnya, kapal tersebut sekaligus melayani rute ke pulau-pulau lainnya seperti Situngkus dan Sitaban Barat.

Setelah tiba di pulau, riak ombak dan ikan kecil akan menyambut sesaat setelah traveller menginjakkan kaki tepat di atas pasir pantai yang benar-benar putih laksana kapas. Sambil melepas lelah, duduk sejenak di bawah Pohon Nyiur sambil menikmati pemandangan alam dan laut biru yang tersaji begitu eksotis.

view bukit - via: @yohanasenora
Cukup banyak kegiatan yang dapat dilakukan. Selain berenang di spot laut dangkalnya, snorkeling di area yang sedikit lebih dalam juga tak kalah asik. Sambil mengeringkan badan, cobalah mengitari pantai seraya bermain pasir.

Puas merasakan wisata air, selanjutnya menaiki bukit-bukit kecil yang merupakan spot favorit para pengunjung. Panorama landskap memukau dan indah ini akan membuat rasa lelah seolah sirna seketika.

Sebelum pulang ke pelabuhan, jangan lupa deh untuk berburu foto underwater dan mengabadikan keindahan coral-nya agar postingan sosial media traveller makin hits!

3. Tips Liburan ke Pulau Kalimantung

via: @putriia.7
Ada banyak tour operator yang sudah menyediakan paket wisata ke Pulau Kalimantung dengan biaya open trip sekitar Rp500.000, tetapi kalau lebih nyaman pergi sendiri atau beramai-ramai bersama rekan juga bisa seperti pariwisatasumut.net paparkan berikut:

a. pilih transportasi tujuan Sibolga dari Medan, stasiun bus biasa dan travel sudah cukup banyak, di jalan SM Raja misalnya.
b. sampai di Sibolga, mulai hunting kapal sewa di Pantai Pandan. Jangan lupa untuk tawar-menawar harga. Semakin banyak yang ikutan trip, biaya penyewaan akan jauh lebih irit. Taksiran harga perkapal dari rentang Rp1,8 juta.
c. gelombang ombak di kawasan Teluk Nibung dan laut Sibolga cukup tinggi karena kedua daerah ini diketahui berbatasan dengan Samudera Hindia, terutama ketika laut sedang pasang. Sebab itu peralatan traveling seperti kamera dan lainnya perlu dilindungi.
d. Tak lupa siapkan peralatan snorkling dan makanan juga ya.

Indahnya Pulau Kalimatung yang hits dan instagenik terbukti selalu membuat pengunjung betah berlama-berlama, kamu kapan nih?
Kalimantung, Pulau Indah di Pesisir Tapteng yang Hits dan Instagenic Reviewed by Pariwisata Sumut on 7/05/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.