Widget HTML Atas

Dolok Pottas - HTM, Akses ke Lokasi & 4 Pesona Bukit

Jika Anda sedang menyambangi humbang hasundutan (Humbahas) dalam waktu dekat. Coba luangkan waktu untuk berlibur ke Dolok Pottas. Berbagai spot menakjubkan dapat ditemukan di area pendakian yang sedang hits ini.
 
dolok pottas
dolok pottas menjadi wisata hits di tara bintang - image via youtube/ucok nainggolan
Dolok Pottas adalah bukit di kecamatan Tara Bintang yang berada pada salah satu barisan gunung di Humbahas. Selain menyajikan suasana indah negeri atas awan, tempat ini juga menawarkan panorama alam dengan hamparan hutan dari ketinggian 615 mdpl.
 
Tempat wisata yang cocok untuk para pecinta kegiatan alam ini tentu saja menawarkan beragam aktivitas. Selain bisa berelaksasi di ketinggian daerah Aek Riman dan Desa Sihombu. Tantangan menuju lokasi juga menjadi bagian favorit para penikmat petualangan.
 

Harga Tiket Masuk Bukit Pottas

Bagi para pendaki gunung yang ingin menikmati pesona perbukitan ini akan dikenai biaya administrasi. Namun, harga tiketnya bisa dikatakan terjangkau apabila dinilai dari sederet pengalaman seru yang bisa didapatkan selama di puncak.
 
# Tiket normal: Rp5.000 per orang.
# Camping: konsultasi dengan pengelola
 
Tiket yang kami sebutkan di atas hanya perkiraan. Sebab hingga saat ini, pengelola belum menetapkan kepastian harga. Sedangkan jam bukanya sendiri berlangsung mulai pukul 08.00 pagi sampai malam hari. Kalau tidak akan berkemah sebaiknya datang sewaktu pagi hari saja untuk melihat awan dan sunrise.
 

Kegiatan Wisata di Dolok Pottas

Keindahan Desa Tara Bintang dan pemandangan "negeri di atas awan" memang menjadi sajian utama yang dihadirkan oleh bukit ini. Tak ketinggalan juga hamparan perbukitan yang mengelilingi kawasan ini. Lantaran masih baru dibuka, infrastrukturnya memang lebih cocok untuk para pendaki. 
 
Berikut sederet kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di tempat wisata ini.
 

1. Sensasi Dingin di Ketinggian

image via arnold_fd_manalu/instagram
Jika pertama kali menyebut Dolok Sanggul, kita pasti langsung ingat temperatur cuacanya yang sangat dingin, bukan? Begitu juga dengan Dolok Pottas. Suhu rata-rata di gunung ini mencapai 20 derajat celcius, bahkan saat hujan bisa lebih rendah dari prakiran itu.
 
Karenanya, selalu gunakan pakaian tebal bila kamu hendak mendaki ke puncak gunung pottas. Kalau tidak, udaranya bakal bikin kedinginan. Apalagi jika kamu berasal dari luar Humbahas. Lagipula hal ini penting diperhatikan agar terhindar dari hipotermia.
 
Ya, menyusuri kabupaten berhawa dingin ini memang menarik. Sensasinya seperti Puncak Bogor dan daerah tropis lainnya. Dan, kamu tak lagi harus "terbang" jauh ke tempat itu. Sebab di bukit yang letaknya ada di Tara Bintang ini, hawa sejuk nan dingin sudah bisa didapatkan. 
 

2. Negeri di Atas Awan Humbahas

dolok pottas
image credit: instagram/doni_rio21
Sebagai daerah dataran tinggi, wajar jika puncak gunung ini selalu dikelilingi oleh awan. Bahkan tidak sedikit pula pengunjung yang berasal dari luar daerah membuat Dolok Pottas dengan julukan negeri di atas awan ala Humbang Hasundutan.
 
Setibanya di spot negeri di atas awan ini, siluet pegunungan akan tampak terhalangi oleh awan tipis. Meski tempatnya hanya di atas ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Tetapi pemandangan awan yang membalut wilayah sekitarnya sangat menakjubkan. Sekilas pesona bukit Pottas sama Pussuk Buhit di Danau Toba, tak berbeda jauh cantiknya.
 

3. Camping & Aktivitas Lain

dolok pottas
menikmati suasana sunrise - image via sunrisecamp/instagram
Posisi Dolok Pottas yang strategis dan lebih tinggi dari bukit lain di sekitarnya, membuat tempat wisata ini cocok untuk kegiatan camping. Nah, terdapat ranger dan potter yang bisa digunakan jasanya untuk menemani Anda camping di puncak.
 
Bukit ini juga menjagokan momen sunrise kemerahan di ufuk timur. Agar dapat melihatnya, jangan terlalu keasyikan tidur di dalam tenda. Tapi kalau sudah terlanjur, atraksi sunset dengan situasi luar biasa wajib dinantikan.
 
Bagi kawula muda atau pendaki gunung, baik itu yang single atau berpasangan selalu menyempatkan waktu untuk mengambil gambar. Nah, siluet alam, pegunungan dan pemandangan pemukiman penduduk desa bisa dijadikan latar belakang yang akan mempercantik feed Instagram.
 

Alamat Dolok Pottas

Dolok Pottas yang indah dengan tampilan negeri atas awan ini berlokasi di Desa Sihombu, Kecamatan Tara Bintang, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Telepon: 082164894791 (local guide).
 
Bukit ini lagi hangat-hangatnya dibicarakan wisatawan. Sehingga warga Dolok Sanggul dan Humbahas sangat tau alamatnya. Keindahannya bisa juga Anda lihat di Youtube.
 

Rute Menuju Lokasi

Pada pos penjagaan, sudah ada ranger/potter terlatih yang siap membantu Anda. Seperti mengangkat logistik dan sekalian menjadi pemandu. Biaya jasa mereka hanya Rp25.000 per orang. Mereka juga menyediakan perlengkapan tenda dengan tarif Rp80.000 per malam.
 
Akses pengunjung umum ke Dolok Pottas akan membuat perjalanan terasa seru dijalani. Selain menerobos hutan dan kabut, treknya pun memiliki daya tarik yang menantang sekaligus tak terlupakan.
 
Untuk sampai ke puncak, pengunjung akan melintasi jalan desa, kelok dan tanjakan dengan kemiringan 25 derajat. Tak begitu jauh, Anda hanya perlu mendaki selama 30 menit saja dari Desa. Tak akan melelahkan, karena ketika Anda menolehkan pandangan ke semua sudut pandang, panorama epik tak henti disajikan.

Berlangganan via Email