Widget HTML Atas

Bukit Ruhuk Taduhan: Ini Info Lokasi dan Aktivitasnya

Bukit Ruhuk Taduhan merupakan wisata alam yang terdapat di Desa Siparmahan, Kab. Samosir. Dikenal dengan settingan panorama yang begitu alami dan indah. Destinasi ini tentu saja cocok bagi kamu yang berjiwa traveler maupun pecinta aktivitas alam.
 
bukit ruhuk taduhan
image credit: khairul adha/sheilanadhifa
Jika dalam waktu dekat ini kamu punya rencana liburan ke Toba, Bukit Ruhuk Taduhan Samosir menjadi destinasi yang layak dituju. Objek wisata yang dikenal dengan bukit teletubies tersebut juga memiliki panorama serta pemandangan yang begitu romantis sehingga cocok dikunjungi bersama orang terkasih.
 
Nah, sebelum beranjak kesana dan menikmati keindahannya, sebaiknya kamu memahami informasi mengenai tiket, lokasi dan lainnya di Bukit Ruhuk Taduhan berikut, yuk simak dulu ulasan di bawah ini agar tak salah jalan!
 

Rute & Lokasi Bukit Ruhuk Taduhan

Kamu dapat memulai perjalananmu dari Ibukota yaitu Medan. Sebenarnya, ada dua jalur yang bisa digunakan. Tetapi kami menganjurkan rute darat saja untuk menyingkat waktu. Dari situ, ambillah arah Dolat Rayat, lanjut Tele kemudian ke Turpuk Limbong.
 
Setelah melalui Turpuk Limbong, belok kanan sebanyak dua kali. hingga memasuki jalan Ruhuk Tanduhan di Samosir. Estimasi waktu untuk mengaksesnya sekitar 5,5 jam karena jaraknya mencapai 198 kilometer. Posisinya sendiri satu jalur dengan Bukit Holbung.
 
Letak Bukit Ruhuk Taduhan yaitu berlokasi di Desa Siparmahan, Daerah Harian, Kabupaten Samosir. Meski tidak ada petunjuk arah, tetapi kamu sama sekali tak akan kesulitan untuk sampai di sana. Hanya saja, tidak ada bus atau transportasi publik. Mau atau tidak, opsi satu-satunya ialah menggunakan motor atau mobil pribadi.
 

Harga Tiket dan Jam Operasional

image via instagram/anwar.nuarr
Ruhuk Tanduhan adalah jalur jalan yang kerap digunakan oleh warga Desa Siparmahan ketika mereka hendak ke ladang bawang atau menggembalakan kerbau. Dengan demikian, tiket masuk tidak akan dipungut karena tergolong area publik.
 
Meski tidak tak usah khawatir lagi soal harga tiket, tetapi wisatawan umum biasanya akan dikenai biaya parkir sebesar 10 ribu per unit kendaraan. Dengan sejumlah biaya yang dibayarkan tersebut, mereka yang berkunjung sudah dapat menikmati sensasi berkemah dan berfoto secara bebas.
 
Jam buka Bukit Ruhuk Taduhan tentu sesuai dengan tipe wisatanya yaitu destinasi alam dan spot perkemahan. Jadi jam operasionalnya dibuka 24 jam mulai hari senin sampai minggu. Jika ingin pulang-pergi, lebih bagus datang saat siang saat matahari sedang bersinar cerah.
 

Aktivitas Seru & Spot Menarik

Banyak yang memberi komentar bagus tentang Bukit Ruhuk Taduhan. Baik itu di Instagram maupun Youtube.Hal ini juga yang menjadi alasan bagi kamu untuk menghabiskan akhir tahun atau berlibur ke sini. Kamu nggak bakalan menyesal setelah melihat keindahannya.
 

1. Bukit dengan Rerumputan ala Savana

bukit ruhuk taduhan samosir
image credit: ibnu affan frananda
Keindahan pertama di Bukit Ruhuk Taduhan Samosir yaitu pemandangan rerumputan hijau yang tersebar di seluruh permukaan perbukitan. Warna hijau yang dihasilkan oleh rumput-rumput tersebut sangat menyatu dengan panorama sekitar.
 
Di sana kamu bisa bersantai dan menikmati pemandangan yang tersaji. Termasuk melihat Bukit Holbung yang diitari oleh Danau Toba. Berpadu dengan alam nan cantik, alhasil mata tak akan jemu memandang pesona yang disuguhkan itu.
Rerumputan tersebut seperti padang savana luas yang menghijau di musim hujan dan menguning pada musim kemarau. Di kalangan anak muda, tempat wisata ini dikenal juga sebagai spot romantis. Tak rugi jika didatangi bersama pasangan ataupun teman terdekat.

2. Berkemah di Malam Hari

bukit ruhuk taduhan samosir
berkemah dan menikmati sunrise di bukit - image credit: @ari_prayogi
Ketinggian bukit memang tak lebih dari 800 meter di atas permukaan laut. Tetapi angin yang terus berhembus menyebabkan hawa udara di kawasan ini selalu dingin dan sejuk. Bagi penggemar camping, temperatur udara seperti ini pastinya seru dan menjadi idaman setiap orang.
 
Pergi ke Bukit Ruhuk Taduhan disarankan membawa jaket dan menyiapkan pakaian tebal supaya tak merasa kedinginan. Terutama bagi yang tujuan kedatangannya untuk camping di kawasan ini. Tetapi bila hanya one day trip, mengenakan pakaian OOTD yang keren pun nggak jadi masalah.
 
Kawasan Ruhuk Taduhan yang berada di bawah puncak bukit ini akan membuat kamu seperti sedang berada di lembah. Dimana langit tebal dengan awan biru akan terlihat jelas saat siang hari. Sedangkan pada malam harinya, langit bertabur bintang bisa disaksikan.

3. Spot Foto di Tengah Alam

ruhuk taduhan
image credit: yohan ismail
Tak bisa dipungkiri, aktivitas berburu foto ini sudah menjadi kegiatan favorit wisatawan yang berkunjung ke Bukit Rahuk Tanduhan.
 
Saat berwisata, memang kurang lengkap jika tak mengambil gambar. Tak hanya bukitnya saja, ada banyak lagi spot cantik untuk dibuat background foto. Kalau kamu tertarik, warna senja pun bagus untuk memberi efek sunset. Namun pengambilan gambar lebih lebih pas dilakukan sewaktu sore.
 
Mengambil foto prewedding di sana pasti membuat photographer mudah menentukan angle foto. Tanpa dekorasi atau karangan bunga, setiap jepretan kamera akan menghasilkan gambar yang aestetik. Pasalnya, tempat ini menyajikan hamparan rerumputan yang menyerupai savana hijau.
 
Itulah informasi lengkap yang kami himpun terkait wisata Bukit Ruhuk Taduhan di Samosir yang bisa jadi pengisi aktivitas liburanmu. Tetap ingat untuk mematuhi protokol pariwisata dan terus kenakan masker setiap kali kamu sedang berlibur.

Berlangganan via Email