Top Ad unit 728 × 90

Bendungan Terbesar Di Indonesia


Sigura-Gura, terletak di kabupaten Asahan yang beribukotakan Kisaran. Bendungan terbesar ke dua di Indonesia setelah Bendungan Sutami ini menjadi salah satu tumpuan pembangkit listrik terbesar di provinsi Sumatera Utara (PLTA Sigura-gura).

Dibangun oleh investor dari negara Jepang untuk pabrik INALUM yang kini telah kembali ke tangan Indonesia telah dimulai pembangunannya sejak Mei 1978 hingga akhirnya selesai pada Desember 1981, dengan kata lain menghabiskan waktu sekitar 3 tahun. Bendungan sungai Asahan ini memiliki tinggi 46 meter, volume airnya mencapai 6.140.000 m3 yang ditahan oleh struktur beton Gravity.

PLTA Sigura-gura mampu menghasilkan tenaga listrik sebesar 206 MW. Keunikan dari PLTA ini terletak pada stasiun pembangkit listriknya sendiri yang terletak dikedalam 200 meter dari permukaan tanah. Air PLTA Asahan bersumber dari Danau Toba, danau terbesar di Asia Tenggara.

Sigura-Gura menjadi salah satu tempat wisata buatan di Sumatera Utara yang kerap dikunjungi oleh wisatawan terutama mereka yang memiliki minta di bidang pendidikan. Keindahan alam dan kontur kawasan Sigura-gura yang berbukit dan lembah menjadi daya tarik bagi wisatawan. 
Bendungan Terbesar Di Indonesia Reviewed by pariwisata SUMUT on May 21, 2014 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.