Widget HTML Atas

3 Tempat Belanja Oleh-oleh Danau Toba di Samosir

Tak dapat disangkal jika "oleh-oleh" menjadi hal wajib setiap kali berkunjung ke suatu daerah, baik untuk diri sendiri atau diberikan kepada orang lain. Berangkat dari hal tersebut, di setiap tempat wisata pasti ada pusat jual-beli souvenir, baik berupa kerajinan tangan, pakaian atau makanan.

Begitu juga dengan salah satu destinasi wisata favorit di Sumatera Utara yakni Samosir, pusat belanja oleh-oleh utama Danau Toba. Sejak dahulu, di pulau yang memiliki beragam pernak-pernik dan akesoris ini terdapat beberapa pusat perbelanjaan atau shopping area. Dimana saja?

⧭ Tomok - Simanindo


pusat souvenir & oleh-oleh di tomok - image: visitsamosir.com
Nama "Tomok" sudah begitu familiar bagi wisatawan lokal maupun asing, meski berada di Kabupaten Samosir, Tomok juga menjadi tujuan wisatawan berbelanja meski mereka liburan di Parapat. Jika menggunakan kapal fery hanya dibutuhkan sekitar 30 menit saja, dekat kan?

Nah di Tomok ada berbagai souvenir khas Batak, mulai dari ukiran gorga, ulos, pakaian, perhiasan dan aneka pernak-pernik lainnya.

Baca juga: Objek Wisata di Kecamatan Simanindo Samosir

Tomok juga menjadi salah satu destinasi wisata Samosir, kamu bisa menyaksikan atraksi Patung Sigale-Gale alias "The Dancing Puppet" secara langsung nih.

⧭ Siallagan Pinda Raya - Simanindo


aneka souvenir batak - image: borukaro.com
Lanjut ke Huta Siallagan di Ambarita yang populer sebagai tempat pengadilan Batak tempo dulu. Di bagian belakang Huta Siallagan, berjejer para pedagang tradisional yang menjajakan aneka souvenir seperti pakaian, ulos, gorga dan juga pustaha laklak (tiruan).

Baca juga: Geosite Kaldera Toba

Di Huta Siallagan kamu juga bisa menyaksikan atraksi budaya berupa eksekusi terhadap orang yang ditetapkan bersalah secara hukum adat. Garis bawahi atraksi ya, bukan serius!.

⧭ Tuktuk Siadong - Simanindo


Sudah pernah ke Tuktuk Siadong? semenanjung kecil Danau Toba ini paling ramai dikunjungi oleh turis mancanegara terutama pada tahun 1996. Tuktuk juga menjadi lokasi perhelatan event akbar Festival Danau Toba beberapa tahun silam, yap! selain punya bentang alam yang memukau, Tuktuk juga sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Jika berjalan-jalan mengelilingi Tuktuk, ada banyak gerai yang menjual souvenir khas Batak. Tak jauh berbeda dengan Tomok dan Huta Siallagan, tawar-menawar harga juga bisa kok, kalau sesuai baru deh angkat barangnya.

Berlangganan via Email