Top Ad unit 728 × 90

Keren, Inilah 12 Tempat Wisata di Asahan yang Wajib Dikunjungi

Meski identik dengan arung jeram, pariwisata Asahan juga tak kalah keren dibandingkan kabupaten lain di kawasan Pesisir Sumatera Utara. Mulai dari destinasi bahari, kuliner hingga wisata olahraga dan alam dapat kamu kunjungi di wilayah yang berada dekat dengan Kota Tanjungbalai ini.

Ada 25 kecamatan yang bernaung di bawah Kabupaten Asahan yang tentu saja memiliki sederet tempat wisata menarik. Sejak berdiri pada 1946 silam, nama Asahan dan ibukota Kisaran sudah cukup terkenal, sebut saja gambar mata uang Indonesia pernah menampilkan Bendungan Tangga yang kini telah menjadi wilayah administratif dari Tobasa.

Dari pemandian Pansur Napitu hingga Bukit Galau, ini 12 tempat wisata di Asahan yang musti kamu kunjungi.

1. Pansur Napitu
Pansur Napitu pernah lho jadi sorotan netizen karena penampakan airnya yang begitu jernih, 11-12 dengan umbul-umbul di Simalungun. Sejak viral, pemandian alam Pansur Napitu yang lokasinya berada di Desa Gunung Berkat, Bandar Pulo ini pun kian populer bagi penjelajah alam dan penikmat wisata. Kamu bisa baca selengkapnya di: Lagi Viral, Pemandian Jernih Pansur Napitu di Asahan.


2. Wisata Kelapa Gading
Bukan Kelapa Gading yang di Jakarta ya, ini pastinya cocok buat kamu yang ingin liburan cantik, bisa kulineran sekaligus menikmati wisata danau buatan di Asahan. Terletak di Kelurahan Kisaran Naga, Kecamatan Kisaran Barat, ada beberapa fasilitas yang disediakan bagi pengunjung mulai dari bebek-bebekan hingga gazebo kecil.


3. Air Terjun Ponot
Kamu harus tau nih kalau air terjun ponot masuk daftar 10 air terjun tertinggi di Indonesia, bikin bangga kan?. Coba bayangkan, ketinggiannya mencapai 250 meter melebihi air terjun Sipiso-Piso di Karo!. Lokasi air terjun ponot ini ada di Dusun Siharimo, Desa Tangga. Lebih detail kamu bisa cek di artikel Pariwisata Sumut Network: Pesona Air Terjun Ponot "Tertinggi" di Sumatera Utara.


4. Rafting Sungai Asahan
Tak perlu diragukan, arung jeram Asahan ini memang benar-benar terkenal bagi para rafter. Yap! cukup sering dijadikan sebagai lokasi perlombaan arung jeram tingkat nasional dan beberapa kali menjadi lokasi perhelatan event olahraga international. Kalau ingin menguji nyali dan sudah melewati dasar-dasar rafting, kamu harus kemari.


Baca juga artikel menarik lainnya dari kami:
Tarian Tradisional dari Sumatera Utara 
Pemandian Air Panas Simolap Marike

5. Masjid Agung H Ahmad Bakrie
Jika berada di Kota Kisaran, kamu bisa singgah sejenak ke Masjid Agung H Ahmad Bakrie yang dibangun secara bertahap mulai tahun 2011 dan selesai pada 2015 lalu. Letaknya persis di tepi jalan Desa Sidomukti, Kecamatan Kisaran Barat dan sangat gampang dikenali. Walau tidak ditetapkan sebagai objek wisata, arsitektur bangunan ini kerap jadi perhatian publik sehingga ramai dikunjungi masyarakat.


6. Wisata Bedeng 7
Pada musim liburan, Wisata Bedeng 7 di Aek Songsongan akan selalu jadi pilihan bagi masyarakat Asahan untuk berlibur. Ada berbagai spot foto disediakan di sekitar lokasi, sebut saja sarang burung dan jembatan gantung yang berada di atas sungai. Selain itu, kamu bisa rileks sejenak sambil berenang di aliran sungai nan dingin.


7. Air Terjun Alam Tani
Bagi kamu yang mau explore Asahan, akan semakin lengkap jika melangkah ke Desa Loburappa, Kecamatan Aek Songsongan. Soal wisata alam, kecamatan ini memang paten. Ada air terjun Simanik-Manik yang juga kerap disebut Alam Tani. Tingginya kurang lebih 15 meter, suasana di sekitar cukup syahdu. Uniknya, ada sebuah goa kecil lho di tempat ini.


8. Air Terjun Turbo
Turbo singkatan dari Turunan Bolon, berada di Desa Tomuan Holbung, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge. Debitnya tergantung musim, tetapi tetap seru kok jika kamu punya karakter petualang. Namun sayang, jalan menuju lokasi masih tergolong ekstrim sebab itu kebanyakan pengunjungnya juga yang hobi adventure. Pemandangan di sekitar Air Terjun Turunan Bolon sangat alami lho!


9. Danau Teratai Tinggi Raja
Jangan berpikir kalau Danau Teratai ini seperti yang ada di Jogjakarta. Danau buatan yang menelan biaya sebesar Rp4,8 miliar dan dimulai pengerjaannya sejak 2013 ini berada di Desa Terusan, Kecamatan Tinggi Raja, Asahan serta dikelilingi oleh pohon sawit yang rindang.


10. Wisata Alam Pantai Simallo
Pantai Simallo atau Simallo ada di Desa Aek Nangali, Bandar Pulau ini memiliki pemandangan eksotis seperti lembah yang dikelilingi oleh bebatuant curam. Menjadi salah satu unit usaha desa, Pantai Simallo sudah dibuka sejak 2015 silam. Sayangnya tempat wisata yang tergolong unik ini belum cukup populer bahkan bagi masyarakat Kabupaten Asahan sendiri karena sarana berupa jalan menuju lokasi belum memadai. Kamu bisa camping dan menelusuri permadani hutan hijau.


11. Pelabuhan Bagan Asahan
Ingin mencicipi seafood kerang Asahan dan Tanjungbalai yang kerap diperbincangkan pecinta kuliner? kamu harus ke Bagan! Yap, berada di kawasan pelabuhan, para pengunjung sekaligus bisa menikmati suasana bahari, nelayan yang berlalu lalang di sekitar Bagan. Garis pantainya yang mencapai 59 km tentu menjadi spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dan juga sunset.


12. Wisata Puncak Galau
Masih berada di Aek Songsongan tepatnya desa Marjanji Aceh, wisata puncak Galau atau masyarakat setempat menyebutnya Puncak Hopit masih tergolong baru dan banyak dikunjungi oleh anak-anak muda. Dari titik ini, landskap kabupaten dan sungai Asahan terlihat begitu epik!. Lokasinya tepat bila ingin memasang tenda, mengejar matahari saat terbit dan tenggelam tentu jadi pilihan utama.


Daftar objek wisata di Asahan di atas bisa kamu jadikan referensi saat menelusuri kabupaten induk dari Batubara ini.

Terkait transportasi dari Medan ke Kabupaten Asahan, tersedia layanan transportasi Kereta Api ke ibukota Kisaran yang mengangkut penumpang setiap hari. Selain itu ada juga angkutan umum KUPJ dan travel (AN/PSN).
Keren, Inilah 12 Tempat Wisata di Asahan yang Wajib Dikunjungi Reviewed by Pariwisata Sumut on November 11, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.