Home » , , » Mengenal Pelleng, Makanan Tradisional Pakpak

Mengenal Pelleng, Makanan Tradisional Pakpak

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Monday, August 25, 2014 | 2:37 PM

TMC/Culinary/Lia - Kuliner Medan mungkin sudah biasa anda dengar, lantas bagaimana dengan kuliner daerah lainnya, sudahkah pernah mencicipi? kali ini kami akan membawa anda ke sebuah kabupaten di Sumatera Utara yang masih jarang terdengar namun memiliki khasanah kuliner yang tak kalah dengan lainnya. Ayo ke Pakpak Bharat.

Masyarakat etnis Pakpak, terdiri dari beberapa suak (puak) namun mereka memiliki kesamaan dalam kebudayaan. Salah satunya adalah kuliner tradisional. Ada banyak jenis makanan adat yang biasanya dihidangkan ketika tengah merayakan pesta baik suka maupun duka seperti nditak, lappet dan yang paling menonjol adalah Pelleng.

Pelleng biasanya dihidangkan oleh masyarakat Pakpak untuk menjamu tamu atau merayakan suatu kejadian yang dianggap penting. Makanan ini berciri khas warna kuning dengan topping cabe merah atau cabe hijau. Bila menggunakan cabe hijau maka diberi istilah Pelleng Si Cina Mrratah sedankan bila menggunakan toping cabe merah diberi nama Pelleng Si Cina Mbara. Tetapi masyarakat pakpak lebih kerap menghidangkan pelleng Si Cina Mbara.

Bahan-Bahan Pembuat Pelleng
1. Beras
2. Kunyit
3. Cabe
4. Bawang Merah
5. Bawang Putih
6. Bawang Genderrang
7. Jahe
8. Santan

Cara pembuatan
1. Beras dimasak hingga berbentuk bubur.
2. Bumbu dihaluskan kemudian digoreng 
3. Bumbu dicampur dengan beras yang sudah berbentuk bubur.
4. Masak hingga bubur padat

Cara penyajian
1. Letakkan pelleng diatas piring, bentuk bulat menyerupai setengah batok kelapa
2. Topping cabe merah tepat di atas pelleng
3. Siramkan kuah semur daging ayam

Siap!! dan segera dapat dihidangkan kepada keluarga. Cita rasanya cukup unik dan tentunya sangat lezat Selain itu anda juga dapat berkunjung ke objek wisata di kabupaten Pakpak Bharat. Tertarik? (Lia N).
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net