Top Ad unit 728 × 90

7 Kabupaten Paling Luas di Sumatera Utara

Berdasarkan update terakhir pada 2016, Provinsi Sumatera Utara yang memiliki luas kurang lebih 72.981 km kini terdiri dari 22 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan 8 Pemerintah Kota (Pemko). Kota Sibolga menempati urutan pertama sebagai wilayah terkecil, sedangkan Kabupaten Langkat berada di posisi pertama sebagai wilayah terluas di Sumatera Utara.

Untuk menambah pengetahuan kamu, berikut adalah daftar lengkap 7 kabupaten paling luas di Sumatera Utara beserta dengan keterangan.

  
1. Kabupaten Langkat - Ibukota Stabat

Kabupaten Langkat memiliki luas kurang lebih 6.262,00 Km dengan rasio 8,58 meski Binjai telah dimekarkan dan berdiri sendiri sebagai pemerintahan kota. Kabupaten ini dikenal sebagai salah satu pusat perkebunan. Masyarakat Langkat terdiri dari beragam suku dan agama. Langkat juga punya sederet objek wisata menarik seperti Tangkahan Eco Tourism, Bahorok dan Bukit Lawang.

Baca: Tempat Wisata di Kabupaten Langkat


2. Mandailing Natal - Ibukota Panyabungan

Mandailing Natal - Foto: instagram/adegaff
 Dikenal juga dengan sebutan Madina, Kabupaten Mandailing Natal berdiri di atas lahan seluas 6.134,00 Km dan rasio 8,40 sehingga menempatkan namanya sebagai kabupaten terluas nomor 2 di Sumatera Utara setelah Langkat.

3. Tapanuli Selatan - Ibukota Sipirok

Sipirok, Ibukota Tapanuli Selatan - Foto: sipiroknarobi.blogspot.com
Masih dari Kawasan Tabagsel, ada Kabupaten Tapanuli Selatan yang berada di nomor 3 dengan luas 6.030,47 rasio kepadatan penduduk 8,26%. Kabupaten yang beribukotakan Sipirok sebelumnya menyandang status terluas hingga kemudian beberapa kabupaten dimekarkan oleh pemerintah.


4. Kabupaten Simalungun - Ibukota Pematang Raya

Salah satu kabupaten yang masuk ke dalam lingkar Pariwisata Danau Toba, Simalungun adalah kabupaten terluas ke 4 dengan wilayah mencapai 4369.00 dan rasio 5,99 % serta beribukotakan Pematang Raya. Selain punya Parapat dan Haranggaol, kabupaten yang terdiri dari 31 kecamatan ini memiliki beragam destinasi menarik terutama terkait wisata alam.

Baca: 7 Fakta Menarik tentang Kota Tanjungbalai

5. Padang Lawas Utara Ibukota Gunung Tua


Dimekarkan pada 2007 dari Tapanuli Selatan, Padang Lawas Utara (Paluta) dengan luas mencapai 3918,05 dan rasio 5,37 adalah salah satu kabupaten muda di Sumatera Utara yang terdiri dari 9 kecamatan dengan ibukota Gunung Tua. Berbicara tentang sektor pariwisata, Paluta sarat akan beragam peninggalan bersejarah berupa candi (biaro) dan tersebar di 10 lokasi.

Baca juga: Inilah 8 Kota di Provinsi Sumatera Utara

6. Padang Lawas - Ibukota Sibuhuan



Di urutan nomor 6 ada Padang Lawas yang dimekarkan dari kabupaten induk pada 2007 silam dengan luas wilayah mencapai 3892,74 rasio 5,33% dan beribukotakan Sibuhuan. Serupa dengan Paluta, Padang Lawas juga punya beberapa objek wisata arkeologi berupa biaro, diantaranya adalah Candi Sipamuhung dan Candi Tandihat.

7. Tapanuli Utara - Ibukota Tarutung

Lake Toba View - Foto: landbatak.wordpress.com
Dengan ibukota Tarutung, Tapanuli Utara (Taput) berada di urutan ke 7 sebagai kabupaten terluas di Sumatera Utara dengan luas mencapai 3791,64 dan rasio 5,20. 

Populer sebagai destinasi religi dan pusat perkembangan agama Kristen di Sumatera Utara, Tapanuli Utara juga masuk ke dalam kawasan pariwisata Danau Toba.


Semoga informasi terkait 7 kabupaten terluas di Sumatera Utara di atas dapat menambah pengetahun kamu terkait Provinsi Sumut. Sebagai tambahan, saat ini Sibolga menyandang status sebagai kota dengan wilayah terkecil di Sumatera Utara. (AN/PSN).
7 Kabupaten Paling Luas di Sumatera Utara Reviewed by pariwisata Sumut Net on July 04, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.