Home » , , , » Museum Huta Bolon Simanindo

Museum Huta Bolon Simanindo

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Monday, August 4, 2014 | 8:06 PM

Pariwisata Samosir

Simanindo, desa di kabupaten Samosir yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Pangururan. Simanindo boleh disebut sebagai salah satu tempat wisata danau Toba yang perlu dikunjungi. Bukan berbicara tentang danau Toba itu sendiri, tetapi bagaimana tentang kebudayaan Batak yang masih dapat kita saksikan disini, wujud dari eksistensi dan keinginan besar masyarakat Batak untuk melestarikan kebudayannya. 

Menuju pulau Samosir tentu anda akan melewati rute Parapat - Tomok. Kerap kali ketika diatas boat/kapal beberapa anak kecil menyanyi lagu Batak dengan berselempangkan ulos. Bentuk pelestarian kebudayaan ini sebenarnya pantas kita hargai. Jika anda ingin menyaksikan kebudayaan Batak lebih detil, mari berkunjung ke Simanindo.

Terdapat sebuah museum besar yang diberi nama sama seperti tempat dimana museum tersebut berdiri. Simanindo. Museum Simanindo telah berdiri sejak lama.

Di Museum Simanindo anda dapat menyaksikan kebudayaan Batak yang memukau, Seperti ritual Batak, artefak Batak, kearifan lokal masyarakat Batak, patung Sigale-gale, rumah adat Batak, dan masih banyak lainnya. Mengunjungi museum ini akan membuat anda seraya terlempar ke masa lalu. The heritage of Bataknese In Samosir Island. 

Benda peninggalan leluhur orang Batak yang paling menarik adalah Pustaha Batak, yang mana merupakan abjad dan huruf yang sampai sekarang masih digunakan oleh orang Batak. Selain itu Pustaha Batak juga digunakan untuk melihat hari-hari baik untuk merayakan Pesta. 

(Antonius Naibaho/TMC)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net