Widget HTML Atas

Tirta Alami Malibo Anai - Tiket Masuk dan Pesona Pemandian

Tirta Alami Malibo Anai merupakan pemandian alam yang sudah tidak asing lagi bagi warga di Padang Panjang sekitarnya. Terletak di dekat kawasan Anai Resort, pemandian menyejukkan ini memiliki sumber mata air yang diketahui berasal dari Gunung Tandikek.
 
tirta alami malibo anai
image credit: instagram/qqordhowi
Tak hanya sekadar mampir, Tirta Alami Malibo Anai adalah tujuan tepat bagi wisatawan yang menginginkan sensasi liburan dengan sarana lengkap. Karena selain menawarkan kolam renang, pemandian alami dan fasilitas outbond. Tersedia juga penginapan villa yang nyaman.
 
Nah, jika belum punya rencana menghabiskan waktu liburan kemana akhir pekan mendatang? Maka pemandian alami di seputar wilayah Padang Panjang ini layak dituju. Disana, Anda akan menemukan sederet atraksi menarik yang seru untuk dinikmati.
 

Tiket Masuk Tirta Alami Malibo Anai

Buat yang berencana berlibur ke tempat ini tidak perlu risau. Pasalnya, tiket masuk Malibo Anai masih cukup terjangkau. Untuk bisa memasuki kolam pemandian alaminya, pengunjung hanya dibebankan biaya mulai dari Rp5 ribuan per orang.
 
Tiket Anak-Anak: Rp5.000/orang
Tiket Dewasa: Rp10.000/orang
 
Harga yang cukup murah, bukan? Tetapi terdapat biaya tambahan lagi kalau pengunjung ingin memakai ban dan pelampung. Namun tenang saja, tarifnya masih standard kok.
 

Lokasi Tirta Alami Malibo Anai

Secara administrative Malibo Anai terletak di jalan Tirta Alami. Lokasi tepatnya di Desa Guguak, Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat 25584. Letaknya dekat Padang Panjang. Gunakan peta yang tersemat berikut sebagai panduan menuju lokasi.
 
 
Jarak ke lokasi dari kota Padang kurang lebih 66,2 km. Atau, bisa dicapai dengan berkendara selama 1 jam 36 menit. Kondisi jalan lintas antara Padang - Padang Panjang sudah mumpuni. Aksesnya pun tidak membosankan karena melalui Lembah Anai yang dikenal menawan.

 

Pesona Malibo Anai

Tirta Alami yang dapat ditemukan di Malibo Anai menjadi area wisata dan resort yang populer. Tidak hanya karena memiliki panorama cantik, umbul atau pemandian alam tersebut juga menyajikan 6 kolam renang dengan air terjun yang begitu bening.

Ditambah lagi area pemandian tersebut bertempat di kawasan penginapan resort seluas 5 hektar. Tak heran jika fasilitas dan objek wisatanya terkelola dengan sangat bersih. Karena itu pula, objek wisata ini pas untuk menghabiskan quality time bareng keluarga.

Jika diperlukan, Anai Resort sendiri mempunyai beberapa villa yang harga permalamnya cukup terjangkau. Di sana, pengunjung dapat menikmati area golf, kamar penginapan dan taman bermain yang bisa wisatawan gunakan jika ingin berlibur lebih dari sehari di sana.
 

Menikmati Keindahan Tirta Alam

tirta alami malibo anai
image via anailand_resort credit @harivalzayuka
Keunikan Malibo Anai akan bisa wisatawan saksikan ketika berkunjung ke Tirta Alami. Lingkungannya yang terjaga menciptakan pesona tersendiri. Paling utama adalah kolam sebening kaca. Beberapa properti buatan yang ditata pengelola turut memperindah pemandian ini.
 
Wisatawan bisa bersantai sembari menikmati setiap keindahan yang tersaji dari pinggir kolam. Panorama pepohonan yang rindang dan mengelilingi area kolam memberikan suasana alam yang jarang bahkan sulit dijumpai di daerah perkotaan.
 
Suasananya yang menyejukkan dapat juga dinikmati dengan cara berbeda. Bila wisatawan membaws laybag, cobalah mengapung di permukaan kolam. Rasakan betapa hijau dan tenangnya suasana pemandian ini. Ketika sedang berbaring di laybag, pengunjung tak akan menghirup bau kaporit dan bahan kimia lainnya.
 

1. Bermain di Air Terjun

tirta alami malibo anai
image credit: instagram/fadhlannoviardi/
Di kawasan ini terdapat air terjun eksotik yang mata airnya bersumber dari Gunung Tandiket. Kendati tak sebesar dan setinggi Air Terjun Lembah Anai, akan tetapi keelokannya mampu memanjakan mata sekaligus menyegarkan pikiran.
 
Gemericik air dan desau suara angin seolah menambah eksotika air terjun ini. Belum lagi measrian lingkungannya yang masih sangat terjamin. Alhasil, nuansa alam yang terasa sangat memukau. Terutama ketika angin yang sejuk menghembuskan hawa udara dingin khas pegunungan.
 
Lantaran area objek wisata ini sangat luas, pasti banyak pilihan kegiatan yang bisa dilakukan oleh setiap pengunjung. Ditambah lagi destinasi wisata tersebut memang menyasar semua kalangan, penikmat alam, remaja maupun family trip.
 

2. Berendam di Kolam Renang

tirta alami malibo anai
area kolam renang di malibo resort - image credit: instagram/hz_abdlz
Limpahan air terjun yang tak terlalu deras namun memiliki debit cukup besar itu ditampung ke dalam kolam di bagian bawah. Di kolam renang yang sangat luas inilah para wisatawan bisa berenang serta berendam sepuasnya.
 
Begitu jernihnya, wisatawan dapat melihat seisi kolam ketika menyelam hingga ke dasar pemandian. Warna air kolam yang kebiruan tersebut membuat Tirta Alami Malibo Anai dikenal sebagai umbul ponggok-nya Sumatera Barat.
 
Tentu kejernihan air pada kolam tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Di sini ada empat buah kolam renang dewasa dan dua kolam anak yang dasarnya adalah bebatuan alami. Meski rerata ketinggiannya kurang lebih hanya 1 meter saja, tetapi kolam dewasa sedikit lebih dalam ketimbang anak-anak.
 
Pinggir kolam yang dangkal biasanya jadi tempat anak-anak bermain air. Sementara di bagian tengah, lebih banyak diisi oleh remaja dan dewasa. Sebagai wisata pemandian, pengunjung sebaiknya tidak lupa membawa pakaian ganti. Gunakan juga tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.
 

3. Berfoto di Bawah Air

image credit: instagram/minangtourism via @fadhlannoviardi
Air Tirta Alami memang sangat jernih, rugi sekali jika pengunjung tidak mengambil foto di dalam airnya. Tak sedikit pula wisatawan yang sengaja datang kemari untuk mengambil foto underwater. Karena itu, aktivitas ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat difavoritkan.
 
Karena di dalam kolam tidak ada properti foto. Maka wisatawan bisa berkreasi sepuasnya. Mulai dari mengambil pose sedang bertapa, duduk atau berenang di antara dasar dan permukaan air. Tenang saja, hasil gambarnya pasti ciamik meski berfoto menggunakan kamera low budget.
 
 

Fasilitas

Agar fasilitasnya bisa dikelola dengan bagus, maka objek wisata ini sengaja dibuat menyatu dengan area resort. Ada dua kolam yang letaknya dibuat sejajar, masing-masing kolam dilengkapi dengan undakan agar pengunjung mengetahui tingkat kedalamannya.
 
Fasilitas tambahan yang biasa ada di setiap objek wisata juga disediakan pengelola. Seperti tempat ibadah, warung, kamar bilas yang terpisah dan tempat parkir kendaraan di area depan. Agar anak-anak betah, disediakan juga taman kecil berisikan permainan yang menarik.
 
Anailand Resort sengaja menyiapkan areal outbond bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan panjang. Beberapa diantaranya flying fox, kegiatan outing yang dipandu oleh guide dan permainan yang bisa melatih kinerja tim. Bagi wisatwan yang berencana mencoba fasilitas tambahan di atas, tersedia tarif tambahan yang dapat diketahui langsung dari pengelola.

Berlangganan via Email