Widget HTML Atas

18 Tempat Wisata di Sipirok dan Tapsel Terbaru, Hits 2020

Siapa tidak mengetahui Tapsel? Pesona keindahan destinasi yang dimiliki menjadikan wisata di Sipirok dan sekitarnya cukup populer untuk tujuan berlibur. Memang, Tapanuli Selatan merupakan kabupaten di Sumut yang keelokannya sulit disangkal.

tempat wisata di sipirok tapsel - gambar @irwanvanda dan @isanasutionn
Jika ditanyakan mengenai tempat wisata terkenal di Sipirok, maka jawabannya semua kriteria dapat ditemukan. Apalagi jika membahas destinasi Tapanuli Selatan, sejumlah objek rekreasi yang sangat banyak membuat kabupaten ini tak sanggup dijelajah dalam satu hari.

Selain yang sudah difavoritkan oleh warga, beberapa objek wisata mungkin masih terdengar baru, terutama bagi orang yang masih pertama kali melakukan perjalanan wisata ke sipirok yang terletak di sebelah selatan provinsi Sumatera Utara ini.

Tempat Wisata di Sipirok dan Tapanuli Selatan

Tempat-tempat rekreasi di Tapanuli Selatan yang diuraikan di bawah ini tidak hanya berada di Sipirok. Namun, tersebar di wilayah Angkola, Batang Toru, Arse, Saipar Dolok Hole, Tano Tombangan, Aek Bilah dan Marancar.

List tempat wisata berikut berisikan juga informasi wisata di Sipirok dan Tapsel yang direkomendasikan. Mulai dari akses, lokasi hingga daya tarik secara detail.

Agar sahabat PSN dapat mengunjungi sederet destinasi itu, maka titik keberangkatan awal bermula dari Medan. Jika menggunakan transportasi darat, maka durasi tempuhnya mencapai 9-11 jam. Jadi untuk menyingkat waktu, lebih baik melalui penerbangan udara atau bandara terdekat di Sipirok.

1. Kantor Bupati Tapsel

kantor bupati tapsel - image via @@ade_rizky_nasution dan @r.ameliabb
Dikelilingi taman bunga, air mancur dan masjid dengan desain artistik. Seluruh gedung tampak berbaris rapi, hembusan udara pun sejuk karena terleta di lembah yang dibentengi oleh jajaran perbukitan. Ya, salah satu kantor bupati termegah di Indonesia adalah milik Kab. Tapanuli Selatan.

Kantor Bupati Tapsel menjadi tempat wisata alternatif di Sipirok yang indah, berarsitektur modern dan dipadukan dengan unsur budaya Angkola. Kendati difungsikan untuk hal ihwal pemerintahan, namun bisa dikunjungi khalayak.
Alamat: dano situmba, sipirok (peta google)

2. Pantai Muara Upu

pantai muara upu - credit: @mhd_ridwan_ritonga
Membahas wisata di kawasan Tapsel maka Batang Toru boleh disebut paling memesona. Pasalnya, di kecamatan yang dipadati hutan tropis tersebut tersimpan keelokan destinasi bahari yang cukup tersembunyi. Di daerah Muara Upu misalnya.

Di sana, terdapat Pantai Muara Upu/Opu yang merupakan pantai di pesisir Tapanuli Selatan. Lokasinya tepat di bawah areal hutan lindung Batang Toru dan membujur ke laut Mandailing Natal. Tidak hanya bersih dan memiliki hamparan pasir putih, habitat penyu langka pun sering bertelur dan berkembang di pantai tersebut.

Sepanjang garis pantai ini ditumbuhi vegetasi pohon cemara, ombaknya tidak kencang sehingga layak untuk tujuan berlibur keluarga. Bagi penikmat bahari yang ingin berkunjung ke Muara Upu, siap-siap memenuhi memory kamera karena keelokan pantai ini memang sangat luar biasa.
Lokasi: muara upu, batang toru, tapsel (peta google)

3. Air Terjun Siborpa

air terjun siborpa - credit kompas sipagimbar
Berlokasi di desa Huta Baru, air terjun atau sappuran Siborpa adalah wisata di kecamatan Aek Bilah, Tapsel yang menawarkan kesejukan dan atraksi alam memikat. Spot ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter, bentuknya bertingkat dan dihalangi bebatuan berukuran besar.

Gemuruh suara air terjun yang tercurah memancarkan suasana segar khas pegunungan. Segeralah beranjak turun dengan penuh kehati-hatian, licinnya bebatuan bisa saja membuat terpeleset. Tapi usai membenamkan badan di dalam air itu, segar tiada tara.

Lantaran air terjun Siborpa mengalir ke salah satu sungai di Tapanuli Selatan, maka pengunjung bisa sekalian memancing ikan air tawar endemik seperti ikan merah dan ikan tapu. Tapi akses ke tempat itu cukup ekstrim, kondisinya itu mungkin lebih sesuai bagi para petualang alam liar.
Lokasi: huta baru, kecamatan aek bilang, tapsel (titik koordinat)

4. Wisata Air Parsariran

wisata air parsariran tapsel
Destinasi di kecamatan Batangtoru lainnya yang bisa sahabat PSN eksplor ketika berlibur ke Tapanuli Selatan adalah Wisata Air Parsariran. Epik dengan pemandiannya, tempat ini tergolong tujuan wisata populer yang hemat dan murah meriah.

Puncak ramainya biasa berlangsung saat musim libur nasional. Tatkala sedang merayakan Idul Fitri atau tahun baru, Parsariran akan dipenuhi pengunjung yang berasal dari berbagai penjuru. Rela datang dari jauh, ternyata objek ini punya daya tarik berupa pemandian sungai yang hijau toscha.

Baca: aek milas sosopan, silangge dan tenun sipirok

Tak cuma berendam atau berenang di aliran airnya saja, aktivitas wisata sungai seperti tubbing dapat pengunjung lakukan di sana. Atau, memanggang ikan sembari menunggu matahari berubah senja.
Lokasi: jalan transit sumatera, hapesong baru, batang toru (titik koordinat)

5. Puncak Tunggal Birong

puncak tunggal birong via @rambe_adv
Jalan-jalan ke Sipagimbar, sederet tempat wisata di Kec. Saipar Dolok Hole yang mengesankan. Objek paket komplit yang wajib dieksplor adalah Puncak Tunggal Birong. Di sana, kita akan ditontonkan pemandangan romantis yang asik untuk dinikmati bersama pasangan.

Tujuan rekreasi kolam renang di Tapsel ini berada persis di lereng perbukitan. Lantaran cukup dekat dari beberapa desa di Saipar Dolok Hole, masyarakat sekitar selalu memilih puncak Tunggal Birong untuk berpiknik ria. Tidak sedikit juga lho yang rela datang dari Sipirok.

Bayangkan serunya membaringkan badan di atas floating water bed yang mengapung di permukaan kolam renang. Langit biru yang luas dan asrinya alam pepohonan akan membuat kita semakin rileks menikmati suasana.

6. Sampuran Damparan

air terjun damparan tapsel
Meluangkan waktu ke air terjun Sampuran Damparan adalah kegiatan lain yang seyogianya harus dilakukan jika memang berniat menyusuri pesona alam di Saipar Dolok Hole. Yap, keseruan dan sensasinya dijamin ekstra menyenangkan.

Sampuran Damparan ialah air terjun berketinggian 3 meter dengan lebar lebih dari 7 meter. Untuk menuju ke sini, anda harus trekking dahulu, melintasi kebun warga dan jalan setapak. Tapi perjalanan itu akan terbayar lunas paska menyaksikan eksotika tersembunyi dengan alam perawan.
Alamat: desa saut matogu, kec. saipar dolok hole (google map)

7. Tor Simago-mago

panatapan tor simago-mago via @riezaaditia
Semenjak beberapa tahun terakhir Pemkab melalui Dinas Pariwisata Tapanuli Selatan memang semakin berbenah. Termasuk dalam hal penyediaan amenitas destinasi. Bila dulu Tor Simago-mago ibarat tak diurus, maka skarang sudah berubah 180 derajat.

Bukit di Tapsel ini sudah memiliki fasilitas yang benar-benar komplit. Aksesnya gampang, kondisi jalan pun sangat baik untuk sampai ke puncak. Jadi kita tak perlu khawatir lagi jika membawa kendaraan roda empat.
Lokasi: desa huta raja, kec. sipirok (peta google)

8. Aek Sijorni

wisata alam aek sijorni
Sekilas, Aek Sijorni seperti surganya destinasi air. Air mengalir begitu deras, pohon nyiur yang tertiup angin ikut melambai. Wajar jika pesona itu berhasil memukau pengunjung, siapapun pasti jatuh hati. Dan, bisa jadi inilah spot pemandangan paling spektakuler yang dapat kita jumpai di Tapanuli Selatan.

Kondisi alam yang bersih dan terawat otomatis menjadikan destinasi Tapsel tersebut nyaman untuk berendam. Bahkan dibuatkan 4 kolam spesial yang airnya disalurkan lewat pipa. Tujuannya agar anak balita maupun remaja muda, aman berkecimpung dan merasakan serunya bermain air di tengah alam terbuka.

Kalau tertarik untuk berfoto, setiap sudut objek wisata romantis di Tapsel ini serba instagramable lho. So, jangan lupa berkodak di tepi kolam yang sisinya dibuat menghadap ke perkebunan kelapa. Meski hanya dpotret pakai kamera gawai, hasil foto yang dibidik akan wow dan sebanding dengan jepretan DSLR.

9. Pemandian Air Panas Aek Nabara

air panas aek nabara via lsli
Tempat wisata di Tapanuli Selatan selanjutnya adalah pemandian air panas Sitolu di Desa Aek Nabara. Destinasi yang memiliki keunikan dan menampilkan fenomena alam bukanlah hal langka di Tapsel.

Pas untuk relaksasi, desa Aek Nabara sering dikunjungi pelancong lantaran air panas di sini masih sangat natural. Pengunjung biasanya berendam di aliran sungai belerang bersuhu 27-30 derajat yang dikelilingi bongkahan batu-batu raksasa.
Alamat: desa aek nabar, kec. marancar (peta google)

10. Cekdam Pangarutan

cekdam pangarutan - image via @kolak_serabi
Bendungan atau dam sering kali menciptakan potensi wisata baru. Sama seperti Sigura-gura, pun bendungan terbesar di Tapanuli Selatan yang terletak di kec. Angkola Timur berikut yang dinamai Cekdam Pangarutan bisa menjadi tujuan berlibur alternatif.

Cekdam Pangarutan ialah bangunan modern yang sengaja dibuat untuk kebutuhan pengairan persawahan. Namun fungsinya tak sebatas itu saja lho, warga sekitar kerap memanfaatkan bendungan itu sebagai sarana rekreasi.

11. Agrowisata Strawberry Habibun

agrowisata strawberry habibun via eddy pandapotan
Tak ingin berkelana jauh, agrowisata di Sipirok "Habibun" merupakan tempat yang pas untuk liburan anti mainstream. Selain melihat perkebunan strawberry, di objek wisata kekinian ini kita dapat memetik buah strawberry untuk dibawa pulang.

Konsep berupa taman bermain dan kebun bunga yang dikembangkan oleh tempat wisata strawberry Habibun ini memberi warna baru bagi destinasi Tapsel. Seperti diketahui, sebelumnya tidak ada jenis agrotourism di kabupaten tersebut.

Dibuka setiap hari, kebun strawberry di Sibio-bio ini hanya mematok tiket masuk sebesar Rp2.500 per pengunjung. Jangan lupa berfoto di rumah kaca yang di dalamnya terdapat aneka jenis tanaman angrek ya.

12. Goa Aek Badak

goa aek badak via kevin syafrizal
Destinasi wisata speologi menawarkan kenampakan fenomena bumi lainnya di seputaran Tapsel adalah Goa Aek Badak.

Goa Aek Badak sendiri adalah destinasi caving yang belum terlalu banyak mendapatkan perhatian dari wisatawan. Padahal, keindahan stalagmit dan stalagnit di sana luar biasa memesona. Wujudnya berwarna-warni seperti pelangi.

Terdapat dua buah goa dengan ukuran berbeda di sana. Adapun lorong paling panjang sekitar 90 meter. Di setiap sisi, stalagnit-nya terlihat berwarna-warni dan memancarkan cahaya ketika disinari cahaya penerang.

13. Air Terjun Simatutung

air terjun simatutung via @surya.rezki dan @ay.batubara16
Tak perlu meragu akan kecantikan Simatutung. Air terjun yang mengucur, jatuh menghempas tebing bertekstur kemudian terbelah dua sebelum mecapai permukaan dasar menjadi daya tarik tempat populer di Angkola Sangkunur ini.

Lantaran mudah dicapai dengan berbagai jenis kendaraan, maka air terjun ini layak disebut sebagai destinasi paling gampang diakses di Tapsel. Pun, fasilitas penunjang telah tersedia lengkap. Keberadaan amenitas di obyek wisata tersebut pastinya memberikan rasa nyaman terhadap para pengunjung.
Lokasi: desa rianiate, angkola sangkunur (peta panduan)

14. Desa Wisata Perkebunan Sangkunur

desa perkebunan sangkunur tapsel
Sementara daerah lain mengandalkan potensi alam, Desa Perkebunan di Sangkunur malah tampil beda. Jika dahulu desa ini tak digubris orang, kini hasil kreatif warga yang membuat tempat wisata kekinian sukses menarik minat pengunjung.

Desa Perkebunan merupakan destinasi kampung wisata. Di sana, sederet spot-spot berfoto dibangun menghiasi areal desa. Usai berselfie ria, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke pemandian umum Angkola Sangkunur jalan lurus yang jernih.
Lokasi: desa perkebunan, angkola sangkunur, tapsel

15. Telaga Mathaqi

telaga mathaqi via debora theomai & biba ritonga
Membicarakan wisata Sipirok terbaru berarti Telaga Mathaqi wajib direkomendasikan. Lantaran lokasinya tak jauh dari ibukota kabupaten, plus biaya masuk yang murah-meriah.

Telaga Mathaqi adalah destinasi keluarga yang menawarkan pemandangan telaga dan sarana hiburan lengkap. Dari gazebo estetik atau rumah kecil berbentuk unik hingga ikan berwarna warni yang bergerombol tampak memanjakan mata.

Atraksi wisata yang ditawarkan ada 2 jenis yaitu wahana permainan seperti bebek-bebekan, dan satu lagi spot pemancingan ikan. Secara keseluruhan, Telaga Mathaqi ini didesain futuristik. Jangan lupa memesan ikan bakarnya yang mampu menggoyang lidah ya.
Lokasi: dusun garonggang, desa pargarutan

16. Air Terjun Sisundung Parsalakan

sisundung parsalakan via @co_beim
Parsalakan adalah daerah penghasil buah salak terkenal di Tabagsel. Letaknya berbatasan dengan Sidimpuan dan Sipirok.

Selain berburu buah di kebun salak, di Parsalakan juga dijumpai objek wisata alam yaitu Air Terjun Sisundung. Karenanya, pelancong dapat melakukan dua kegiatan seru ketika berkunjung ke tempat ini.

Adapun Sisundung diwarisi pesona air terjun yang bening. Sayangnya, spot yang sering disebut Air Terjun Ganda ini kurang hits lantaran hanya sedikit orang yang tahu letak koordinatnya. Padahal, akses ke sana bukanlah perkara sulit.

17. Syaakirah The View and Resto

syaakirah the view and resto
Terkagum pasti ketika berada di suatu tempat yang kiri kanannya dikelilingi gunung tinggi, sedangkan persis di depan sebuah danau memantulkan sinar matahari dan langit biru. Yap, hal itulah yang disajikan oleh Syaakirah The View and Resto.

Atau, berkemah di atas perbukitan kecil yang menyuguhkan lanskap tak terlupakan. Dinginnya malam tak terasa setelah melihat kerlap-kerlip lampu di bawah bukit. Ya, pengalaman ini akan membuat pengunjung enggan untuk beranjak pulang.
lokasi: desa aek sabaon, kec. marancar, tapsel

18. Malakkut

air terjun malakkut via @marasakti_
Malakkut merupakan air terjun bertingkat di Tapanuli Selatan yang menantang untuk dijelajahi. Sebelum mencapai destinasi di desa Marancar Julu ini, para petualang akan melewati berbagai rintangan. Termasuk jalan berlumpur yang seolah mengingatkan kita tentang wisata Tapsel yang masih banyak tersembunyi.

Akan tetapi, perjuangan itu spontan terbayarkan paska menyaksikan sungai bak permadani putih mengalir indah dari puncak perbukitan hijau. Dijamin, tak akan bosan berlama-lama menatap hamparan itu.

Simak Juga: tempat wisata di Padangsidimpuan

Itulah dia sederet tempat-tempat wisata di Sipirok dan Kabupaten Tapanuli Selatan untuk sahabat PSN sambangi. Beberapa destinasi yang sudah anyar seperti Danau Siais dan Silima-lima memang sengaja tidak dimasukkan karena sudah tergolong tujuan wisata terkenal.

Berlangganan via Email