Home » , , , » Batu Hobon Dan 7 Keajaiban

Batu Hobon Dan 7 Keajaiban

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Thursday, November 20, 2014 | 3:50 PM


PariwisataSUMUT.net - Pernahkah anda mendengar Batu Hobon?. Sebuah objek wisata di Tanah Batak, tepat di bawah kaki gunung Pussuk Buhit yang dipercaya sebagai asal muasal Suku Batak. Cagar Budaya Batak ini telah ramai dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun internasional. Sejarah Batak yang terukir, kisah tentang Si Raja Batak tentu menambah rasa penasaran para pelancong untuk menyaksikannya secara langsung.

Lokasi Batu Hobon terletak di Desa Limbong Sagala Kecamatan Sianjur Mula-Mula Kabupaten Samosir. Rute menuju lokasi bila dari ibukota yakni Medan - Samosir - Sianjur Mula-Mula. Aksesibilitas menuju lokasi sudah cukup memadai, anda dapat menggunakan transportasi publik maupun pribadi. 

Sejarah Batak tidak akan pernah terlepas dengan kisah Guru Tatea Bulan, dipercaya sebagai leluhur atau nenek moyang suku Batak yang turun dari Gunung Pussuk Buhit. Sejak zaman dahulu kala, Batu Hobon sudah dijadikan sebagai tempat peribadatan kepercayaan Batak dengan melalukan ritual-ritual budaya sebagai wujud penghormatan kepada Debata Mula Jadi Nabolon.

Hobon adalah batu besar berdiameter kurang lebih 1 meter, oleh karena itu pula penduduk setempat yang mayoritas berasal dari Suku Batak menamainya Hobon. Hobon dalam bahasa Batak berarti peti. Uniknya batu ini memiliki rongga dibagian bawah sehingga banyak asumsi dan mitos berkembang di tengah masyarakat. Antara lain mereka mengatakan bahwa terdapat lorong besar di bagian bawah Batu Hobon dan banyak juga yang mengatakan bahwa di lokasi tersebut tersimpan harta karun Batak seperti Tintin Sipajadi-jadi, Piso Solom Debata, Tawar Sipagabang-Abang, Pungga Haomasan, Siparata Naung Busuk, Sipangolu Na Mate, Hujur Sumba Baho dan Buku Laklak (Buku Pustaha Batak). Menurut beberapa penutur, Batu Hobon telah pernah 3 kali coba dibongkar paksa namun hal tersebut tetap sia-sia bahkan mereka menemui keanehan yang tak bisa diterima akal sehat.


Terlepas dari hal-hal tersebut, Panorama memukau di sekitar kawasan Batu Hobon pantas diancungi jempol. Pegunungan Toba yang meletus sekitar 750.000 tahun silam dapat kita saksikan dengan mata telanjang. Ada beberapa objek wisata yang berdekatan disekitar lokasi yang dinamai Pitu Halongangan Opat Batu Tolu Aek yang berarti 7 keajaiban, 4 batu dan 3 air. Objek wisata tersebut adalah: 
1. Batu Hobong
2. Mual Ni Guru Tatea Bulan / Aek Boras
3. Mual Pansur Sipitu Dai
4. Batu Nanggar
5. Batu Parhusipan
6. Mual Ni Boru Pareme
7. Batu Pargasipan

Objek-objek wisata tersebut memiliki nilai budaya Batak, oleh karena itu pula Suku Batak kerap melakukan ritual-ritual seperti meletakkan sirih atau sekedar mencuci wajah di mual (air) tersebut. Ketujuh objek wisata di Samosir ini melengkapi 15 Destinasi Wisata Di Samosir Kecamatan Sianjur Mula-Mula. Salam Peduli Pariwisata Sumut (Text By: Antonius Naibaho ) 

Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net