Home » , , » Ikan Teri Tawar

Ikan Teri Tawar

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, November 5, 2014 | 4:08 AM

TravelingMedan/TMC - Kuliner Medan memang sangat beragam, sebagai ibukota provinsi Sumatera Utara, Medan memang layak disebut sebagai kota kuliner karena disetiap sudut jalan anda akan melihat pemandangan yang tak biasa, deretean penjaja makanan baik kali lima maupun di dalam gedung akan membuat anda menarik air liur.

Teri Tawar
Salah satu oleh-oleh khas dari kota terbesar ketiga di Indonesia ini adalah Teri Medan, namun meski membawa nama embel-embel tersebut, hasil tangkapan dari laut ini sebenarnya berasal dari beberapa daerah lain di Sumatera Utara seperti Belawan, Tanjung Balai dan juga Sibolga.


Pada beberapa hari lalu, teman saya membawa oleh-oleh dari Sibolga, Buah tangan tak biasa ini adalah ikan Teri Tawar. Sedikit penasaran dengan namanya, Ternyata pemberian nama Teri Tawar berasal dari proses pembuatannya yang tak menggunakan garam, Teri Tawar memiliki harga yang relatif mahal, sekitar Rp.120.000 per kilogram.


Teri Tawar ini memiliki rasa yang berbeda, selain aromanya yang harum meski belum dimasak, ikan Teri Tawar juga amatlah menggugah selera setelah diolah. Hanya mengandalkan bumbu biasa seperti cabe, tomat, bawang merah dan bawang putih, kemiri ditambah sedikit garam, Teri Tawar ala Pariwisata Sumut sudah membuat perut keroncongan. Nah bagi anda yang berasal dari luar kota Medan/Sumatera Utara, mungkin anda sudah kerap mendengar popularitas Teri Medan namun di lain waktu anda harus mencoba ikan Teri Tawar yang rasanya berbeda dengan Teri Medan. Salam Peduli Pariwisata Sumatera Utara. (Antonius Naibaho)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net