Home » » Pariwisata Sumatera Utara

Pariwisata Sumatera Utara

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Saturday, November 22, 2014 | 5:22 PM

PariwisataSUMUT.net - Pariwisata Sumatera Utara adalah satu dari sekian banyak sektor yang mumpuni untuk mendongkrak ekonomi masyarakat Sumut. Pariwisata Sumut tidak hanya memandang satu wilayah administratif saja, tetapi mencakup seluruh potensi di kota/kabupaten. Objek Wisata Sumatera Utara Danau Toba sudah menjadi salah satu destinasi wisata populer, adalah menjadi suatu harapan bahwa tempat-tempat lainnya akan memiliki popularitas yang sama.

Peta Pariwisata Sumatera Utara lebih kepada pengelompokan jenis wisata di setiap wilayah Kabupaten. Jenis pariwisata di Sumut condong ke arah wisata alam dan wisata sejarah. Industri pariwisata Sumatera Utara seperti perhotelan, industri kuliner dan industri MICE tersentralisasi hanya di kota-kota besar saja seperti Medan dan Pematang Siantar. Namun beberapa event setingkat nasional dan internasional seperti Festival Danau Toba mengubah paradigma tersebut, kini destinasi wisata tidak hanya mengandalkan potensi wisata tetapi juga berubah ke Pariwisata MICE dengan penyelenggaraaan meeting,intensive, convention dan exhibition.

Data Pariwisata Sumatera Utara yang dirilis oleh Bappeda menunjukkan bahwa pertumbuhan kunjungan wisatawan ke Sumatera Utara mengalami peningkatan yang cukup signifikan meski di tahun 1960 sempat mengalami penurunan tinggi akibat terjadinya krisis moneter dunia. Kehadiran Bandara Kuala Namu merupakan salah satu penyebab mengapa tingkat kunjungan wiswan dan domestik semakin tinggi selain itu tumbuhnya industri kreatif dan media online yang menjadi channel informasi akan Pariwisata dan Budaya Sumatera Utara kepada khalayak.

Ilmu Pariwisata baik untuk setingkat Sekolah Menengah Industri Pariwisata maupun Akademi Pariwisata Di Sumatera Utara seperti Akpar Medan, Akademi Dharma Agung dan Pariwisata USU serta institusi-institusi lainnya merupakan komponen penting untuk membentuk SDM Pariwisata yang handal untuk menghadapi persaingan dunia di bidang industri pariwisata. 

Sarana dan prasarana adalah dua momok yang menjadi kendala kemajuan pariwisata, begitu juga dengan provinsi Sumut. Aksesibilitas menuju objek wisata yang belum memadai menyebabkan wisatawan cenderung berfikir dua kali untuk berkunjung ke suatu daerah. Sehingga perlu adanya perhatian khusus baik dari pemerintah maupun masyarakat untuk mewujudkan Pariwisata Sumut sederajat dengan provinsi-provinsi lainnya. 

Sektor Pariwisata tidak hanya dipandang sebelah mata, beberapa kabupaten di Sumut seperti Tapanuli Tengah (Baca: Pariwisata Tapanuli Tengah ), Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten Samosir mengandalkan pariwisata sebagai pendongkrak perekonomian masyarakat. Berbagai objek wisata buatan seperti Taman Wisata Iman Dairi (Baca: Pariwisata Kabupaten Dairi ) menjadi keyword bagaimana stakeholder di beberapa daerah sadar akan pentingnya Industri Pariwisata.

Oleh:
Antonius Naibaho 
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net