Home » , , » Pariwisata Tapanuli Tengah

Pariwisata Tapanuli Tengah

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Thursday, August 7, 2014 | 7:54 PM

Traveling Medan Comm/ Antz


Tapanuli Tengah beribukotakan Pandan, sebuah kabupaten yang terletak di tepi laut Sumatera Utara berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pariwisata merupakan sektor penting bagi perekonomian kabupaten ini. Hal ini dikarenakan Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki potensi pariwisata baik alam, budaya maupun SDM yang mumpuni.

Hotel di Tapanuli Tengah berpusat di ibukota dan destinasi-destinasi wisata dengan tarif mulai dari harga setara penginapan/losmen hingga hotel berbintang 3.

Penduduk Tapanuli Tengah berasal dari berbagai macam etnis dan suku bangsa. Mayoritas bekerja sebagai nelayan, industri dan juga perdagangan. Salah satu sentra produksi Tapanuli Tengah adalah ikan Teri yang disalurkan ke kota Medan.
Pintu masuk agama Islam pertama di Indonesia adalah Tapanuli Tengah, tepatnya kota Barus. Selain itu Barus juga menjadi pintu masuk agama Kristen pertama di Tapanuli melalui missionaries Nomensen yang kini diabadikan namanya di universitas dan patung seperti terlihat di objek wisata Tapanuli Utara, Rura Silindung berdekatan dengan Salib Kasih Siatas Barita Tarutung.

Kuliner Tapanuli Tengah identik dengan hasil tangkapan laut, hal ini tentu saja berkaitan dengan sistem mata pencaharian penduduknya. Ada beberapa tempat wisata kuliner di Pandan. Namun selama perjalanan lintas dari kota Medan menuju Tapanuli Tengah, lidah anda akan dimanjakan berbagai kuliner khas dari Tapanuli Tengah.
MICE Industri atau Pariwisata MICE di Tapanuli Tengah tergolong masih belum dapat disetarakan dengan kota Medan. Sarana dan Prasarana yang belum memadai adalah kendala besar untuk mengembangkannya. Akan tetapi pelaku pariwisata tapanuli Tengah kini mulai berbenah dengan berbagai perhelatan event lokal dan nasional. Beberapa tahun kedepan penulis yakin MICE Industry akan menjadi lahan baru bagi geliat pariwisata Tapanuli Tengah.


(Oleh: Antonius Naibaho)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net