Home » , , » Sijabat Huta Ginjang

Sijabat Huta Ginjang

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, November 12, 2014 | 4:07 PM


PariwisataSUMUT.net Sijaba Huta Ginjang, taman wisata alam di provinsi Sumatera Utara yang tepatnya berada di kabupaten Tapanuli Utara beribukotakan Tarutung. Huta Ginjang adalah salah satu dari sekian tempat wisata yang menawarkan panorama keindahan Danau Toba. Tempat wisata ini semakin dikembangkan oleh stakeholder melihat bahwa besarnya animo para wisatawan yang melakukan kunjungan k TWA Sijaba Huta Ginjang. Potensi dari objek wisata ini memang sangat layak dijadikan sebagai destinasi wisata andalan Tapanuli Utara selain Salib Kasih Siatas Barita.

Lokasi/Alamat
Desa Soso Lumban Siaro - Kecamatan Muara - Kab Tapanuli Utara 

Rute/Jalan
Untuk menuju lokasi, anda dapat menempuh perjalanan dari kota Medan menuju Tarutung  atau Siborong-borong dilanjutkan dengan perjalanan menuju objek yang dituju. Namun ada juga rute opsi kedua melalui Balige.

Aksesibilitas
Kondisi jalan cukup memadai, dapat menggunakan transportasi darat moda roda dua maupun roda empat. Di sepanjang perjalanan, keindahan panorama Danau Toba sudah dapat anda nikmati.


Fasilitas
Fasilitas yang tersedia sudah sangat mendukung, beberapa souvenir shop atau penjual cinderamata dapat ditemukan disekitar lokasi wisata. Selain itu terdapat juga pedagang makanan dan minuman sehingga anda tidak perlu bersusah payah membawa perbekalan.

What To See
Dari lokasi ini, anda dapat melihat keindahan panorama Danau Toba, Pulau Sibandang yang terkenal sebagai pulau mangga dan juga terbesar ke dua di kawasan Danau Toba setelah Pulau Samosir.  Areal persawahan di Porsea - kab Toba Samosir nampak begitu hijau. Perbukitan hijau disepanjang tepi Danau Toba menjadi suguhan yang amat menarik dan membuat anda akan berbetah ria untuk menikmati pemandangan menakjubkan tersebut. Kawasan ini sudah diberi pengamanan, sepanjang garis pandang telah dibuat besi/pagar penyangga. 

What To Do
Lokasi Wisata Alam ini memang menawarkan berbagai jenis kegiatan, selain sebagai lokasi gantole, Sijaba Huta Ginjang yang memiliki areal kurang leibh 500 meter cocok dijadikan sebagai lokasi tracking dan juga bumi perkemahan. Hutan Pinus di sekitar kawasan ini memang difokuskan sebagai kawasan reboisasi oleh pemerintah. Namun potensi wisata besar membuat stakeholder mengembangkan kawasan ini dengan basis tourism responsibility. Memiliki ketinggian sekita 1.500 meter diatas permukaan laut, Sijaba Huta Ginjang secara harfiah nama tersebut diambil dari Bahasa Batak yang memiliki arti tersendiri dimana Huta dalam bahasa Indonesia berarti kampung dan Ginjang berarti tinggi, jadi Sijaba Huta Ginjang berarti kampung/wilayah yang berada di ketinggian. Di lokasi telah terdapat rumah doa sejumlah 26 buah dan kesemuanya menghadap ke Danau Toba. Sijaba Huta Ginjang memang sangat cocok dijadikan sebagai lokasi wisata olahraga pargliding/paralayang apabila dikembangkan kedepannya. 
Salam Peduli Pariwisata Sumut (Text: Antonius Naibaho - Foto: Johnny Siahaan)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net