Top Ad unit 728 × 90

9 Tempat Wisata di Berastagi yang Cocok untuk 1 Hari Liburan

Berastagi adalah kota kecil di Kabupaten Karo yang beribukotakan Kabanjahe dan memiliki sederet tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Meski tidak terlalu luas, Berastagi ternyata tercatat dalam literasi sejarah kemerdekaan. Di era kolonial Belanda, Bung Karno sempat diasingkan di kota yang populer dengan komoditas buah dan bunga ini.

Berastagi sudah menjadi salah satu primadona wisata Sumatera Utara sejak dulu, para pengunjung umumnya datang dari berbagai daerah. Lalu, apa saja tempat wisata di berastagi yang menarik untuk ditelusuri?

1. Belanja di Pasar Buah

pasar buah berastagi - foto: instagram/devinadinanti
Mayoritas pengunjung Berastagi tak pernah melewatkan wisata belanja yang satu ini. Walau dikelola secara tradisional, Pasar Buah Berastagi selalu ramai. Rata-rata selalu membeli Markisa, buah populer dari Berastagi. Jangan lupa untuk tawar-menawar harga ya!

2. Refreshing di Lau Debuk-Debuk

hobbit house sidebu-debu - foto: instagram/fahmi_1303
Jika ingin menikmati hangatnya air belerang, pemandian Lau Sidebuk-Debuk adalah pilihan paling tepat. Turis mancanegara juga kerap menghabiskan waktu di sini, lho!. Apalagi view Gunung Sibayak terlihat sangat jelas dari areal pemandian.

Baca juga: Ada Rumah Hobbit di Karo, Sudah Berkunjung?

3. Menatap Kota Berastagi dari ketinggian Puncak Gundaling

bukit gundaling - foto: instagram/wolfram_k
Dari Pasar Buah, kamu bisa meneruskan perjalanan ke Puncak Gundaling, dari titik ini, kamu bisa leluasa menyaksikan landskap Kota Berastagi. Mau yang lebih greget? coba deh berkeliling dengan menunggangi kuda. Tak perlu bingung soal souvenir, ada banyak gerai seniman lokal yang menjual berbagai pernak-pernik kerajinan tangan.

Baca juga: 12 Bandar Udara (Bandara) di Provinsi Aceh

4. Menelusuri masa lalu di Rumah Bung Karno

Semasa hidupnya, bapak Proklamator Tanah Air 2 kali diasingkan ke Sumatera Utara: Parapat dan Berastagi. Lokasinya tepat berada di Desa Lau Gumbah, berjarak sekitar 3 km dari pusat kota. Ya, bangunan ini tergolong tua lantaran sudah dibangun sejak 1719 silam.

5. Menikmati suasana hutan hijau di Tahura

tahura berastagi - foto: instagram/anggiiutami_
Taman Hutan Raya (Tahura) berlokasi di Desa Tongkoh, jalan lintas Berastagi - Medan. Sebuah kawasan hutan alami yang dahulu cukup ramai dipadati wisatawan. Namun, Tahura memerlukan perhatian dari dinas terkait mengingat kondisinya yang kini cukup memprihatinkan.

6. Rajut budaya dalam bangunan peribadatan Kristen di Gereja Inkulturatif Karo

foto gereja inkulturatif fransiskus asisi
Arsitektur Gereja Fransiskus Asisi cukup mencuri perhatian dari jalan raya. Megah dengan sederet ornamen dan menyerupai rumah adat tradisional etnis Karo. Diresmikan pada 2005 silam, pembangunan Gereja Katolik ini menghabiskan biaya sekitar 1,8 miliar.

Baca juga: Mengintip Gereja Katolik Inkulturatif ST Fransikus Asisi di Berastagi

7. Taman Alam Lumbini, Bak berada di Myanmar

pagoda lumbini - foto: instagram/_santosanaya_
Dirancang menyerupai Pagoda Shwedagon di Myanmar, Taman Alam Lumbini adalah objek wisata religi yang sangat terkenal di Berastagi. Warna emas mendominasi seluruh bangunan serta keberadaan pagoda yang menjulang dan dicap tertinggi di Indonesia. Taman ini berada di Desa Tongkoh, Barus Jahe.

8. Beristirahat sejenak di Bukit Kubu

bukit kubu berastagi - foto: instagram/syahran149
Tak sedikit wisatawan memilih Bukit Kubu untuk sejenak melepas penat. Area lapangan luas nan hijau kerap dijadikan para pengunjung untuk bermain layan-layang dan cocok sekali untuk wisata keluarga.

9. Bertandang ke Museum Pusaka Karo

Berada di Jalan Perwira, Berastagi, Museum ini menyimpan berbagai peninggalan budaya Karo tempo dulu. Uniknya, koleksi museum berasal dari sumbangan masyarakat dengan jumlah mencapai ratusan buah.

9 daftar objek wisata di Karo di atas dapat dikunjungi dalam 1 hari saja lho, tetapi kamu harus jeli mengatur itenary. Yuk, traveling ke tanah Karo! (LP/PSN)
9 Tempat Wisata di Berastagi yang Cocok untuk 1 Hari Liburan Reviewed by Pariwisata Sumut on October 10, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.