Home » , , » Ulubalang Batak

Ulubalang Batak

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Sunday, May 24, 2015 | 12:37 PM


pariwisataSUMUT.Net - Suku Batak telah menjadi salah satu bagian tak terpisahkan keberadaannya dari Sumatera Utara, identitas. Menurut kepercayaan lokal, Batak berasal dari sebuah gunung di kabupaten Samosir, Pussuk Buhit. Nenek moyang orang Batak secara keilmuan hingga kini masih diperdebatkan oleh para ahli. Terlepas dari hal tersebut, khasanah kebudayaan Batak menjadi identitas yang tak pelak telah bermula dari dulu hingga secara turun-temurun tetap dilestarikan hingga saat ini. 

Seiring kemajuan peradaban, tatanan masyarakat Batak juga mengalami perubahan. Terkait dalam hal sistem pemerintahan, suku Batak sejak zaman dulu telah memiliki sistem pemerintahan, berfungsi untuk mengorganisir dan menjadi penata hubungan sosial suku Batak. Lembaga ini disebut Ulubalang. Hingga kemudian terjadi pergeseran fungsi sejalan dengan kedaulatan Indonesia sebagai suatu negara sehingga tata kelola pemerintahan diatur menurut undang-undang.

Ulubalang merupakan satu dari sekian banyak local wisdom (kearifan lokal) di nusantara, sejarah Ulubalang Batak dimulai pada masa pemerintahan raja-raja Batak di wilayah Samosir dan Tapanuli. Memiliki perananan vital sebagai penjaga ketertiban, Ulubalang berada dibawah naungan kerajaan.

Tatkala penulis bergabung di salah satu production house dalam pembuatan film Batak yang mengambil lokasi syuting di Samosir, Ulubalang Batak telah kembali ada dan diprakarsai oleh Bapak Kapolres Samosir AKBP Donny Damanik. Niat tersebut seyogianya berawal dari keprihatinan kebudayaan Batak yang secara perlahan mulai tergerus oleh zaman.

Ulubalang Batak dan Pariwisata
Perubahan trend pariwisata dunia yang cenderung mengikuti alur modernisasi adalah satu point penting dalam hal mengaitkan peran Ulubalang terhadap pariwisata. Ulubalang Batak dapat menjadi khasanah budaya yang menjual potensi pariwisata Sumatera Utara khususnya budaya tradisional Batak mengingat jumlah wisatawan minat khusus yang tertarik akan kebudayaaan lokal semakin bertambah.  (Penulis: Antonius Naibaho Foto: ulubalang.org)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net