Home » , , , , » Telusur Pulau Kampai di Pangkalan Susu Kab Langkat

Telusur Pulau Kampai di Pangkalan Susu Kab Langkat

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Thursday, June 25, 2015 | 12:27 PM


pariwisataSUMUT.Net - Pulau Kampai, begitulah nama dari salah satu tempat wisata di Kabupaten Langkat ini. Tak hanya sebagai destinasi wisata bahari, Pulau Kampai dapat menjadi sarana bagi anda untuk mengenal sejarah serta kehidupan para nelayan di pesisir Selat Melaka. Terletak di kecamatan Pangkalan Susu, pulau nan indah dan bersejarah ini adalah salah satu tujuan wisata bahari wilayah kabupaten Langkat.

Dalam bahasa lokal disebut Pulo. Merujuk pada sub khasanah budaya yang berasal dari bahasa Melayu. Pulo Kampai atau Pulau Kampai terkenal sebagai penghasil terasi, panganan yang diolah dari ikan ini telah melanglang buana dan tersebar ke wilayah provinsi Sumatera Utara. Selain Kampai, ada satu pulau lagi bernama Pulau Sembilan yang dapat anda baca di tulisan: Wisata Pulau Sembilan di Pangkalan Susu

Penduduk Pulau Kampai
Keberagaman penduduk Pulau Kampai terlihat dari masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Mereka berasal dari suku Melayu, Aceh, Jawa, Karo dan juga masyarakat perantau dari negara Malaysia. Bermata pencaharian sebagai nelayan, para penduduk Pulau Kampai terbiasa mengolah dan mencari keberuntungan dari hasil laut seperti terasi.

Aksesibilitas
Untuk menuju Pulau Kampai, anda dapat mengambil rute dari Kota Medan ke Pangkalan Susu. Membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Dari Pangkalan Susu anda harus menyebrang dengan menggunakan transportasi sped boat.

What To Do

Menikmati suasana Pulau Kampai adalah hal menarik, selain itu anda juga dapat melihat proses pembuatan terasi. Bila tertarik, anda dapat langsung membelinya dari para penduduk. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Pantai Berawe yang terkenal dengan hamparan pasir putihnya begitu juga dengan Kuburan (makam) Keramat Panjang dan Kuburan Sang Pendekar Biola yang kesemuanya dapat anda temukan di Pulau Kampai.
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net